Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Literasi Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar

Fikriyah Fikriyah, Titi Rohaeti, Anri Solihati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan fakta tentang:1) peran orang tua dalam meningkatkan literasi membaca peserta didik; 2) pola pendidikan dari orang tua dalam meningkatkan literasi membaca peserta didik; dan 3) hambatan yang dialami oleh orang tua dalam meningkatkan literasi membaca peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan metode  atau pendekatan studi kasus. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa: 1) peran orangtua dalam upaya meningkatkan literasi membaca yakni orangtua sebagai pembimbing dan mendidik anak, orangtua sebagai guru dan teladan bagi anak, orangtua sebagai fasilitator, orangtua sebagai motivator, orangtua sebagai sahabat dan dapat berkomunikasi dengan anak secara efektif dan peran orangtua sebagai pemberi reward dan punishment; 2) Pola pendidikan yang dilakukan oleh orang tua dalam meningkatkan literasi membaca peserta didik yaitu otoriter, demokrasi, dan permisif; dan 3) Hambatan yang dialami oleh orangtua seperti terlalu banyak tugas sekolah yang diberikan pada anak sehingga anak  merasa kesulitan dan malas belajar di rumah,  belum adanya kesadaran akan pentingnya membaca dan belajar pada diri anak sehingga sebagian besar anak perlu diperintah dulu untuk belajar atau membaca serta kesibukan orangtua bekerja juga membuat orangtua kurang optimal dalam memperhatikan, membimbing dan mendidik anaknya untuk belajar dan membaca

Keywords

Literasi membaca, Peran orang tua, Pendidikan dasar

Full Text:

PDF

References

Ahmad, A. & Fitriana. (2016). Peran Orang Tua dalam Membina Nilai Karakter Anak di Kecamatan Simpang Tiga Aceh Besar. Journal: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, vol (1), hal. 1-9

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Fikriyah, F., & Faiz, A. (2019). Penanaman Karakter Melalui Peran Pendidik Dalam Menghadapi Tantangan Di Era Globalisasi. Jurnal PGSD, 5(2), 25-36. https://doi.org/10.32534/jps.v5i2.744

Handayani, D. S., Sulastri, A., Mariha, T., & Nurhaeni, N. (2017). Penyimpangan Tumbuh Kembang Anak dengan Orang Tua Bekerja. Jurnal Keperawatan Indonesia, 20(1), 48-55.

Kemendikbud. (2016). “Peringkat dan Capaian PISA Indonesia Mengalami Peningkatan”. Diunduh dari https://www.kemdikbud.go.id pada tanggal 9 Mei 2019 pukul 19.00 WIB

Lestari, S. (2017). Parenting with Leadership Peran Orang tua dalam Mengoptimalkan dan Memberdayakan Potensi Anak. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook Editon 3. USA: Sage Publications.

Nafotira, A. (2018). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Minat baca Pad Anak usia Sekolah Dasar Kelas 1 (Satu) di Surabaya (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga). Diunduh dari http://repository.unair.ac.id/74813/

Pancarani, B., Amroh, W, I., Noorfitriana, Y,. (2017). Peran Literasi Orang Tua dalam Perkembangan Anak. Journal: Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi vol (-), hal. 23-27.

Pratiwi, Indi. 2018. Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Purnomo, H., Karim, A., Rahmatullah, A. S., & Sudrajat, S. (2020). Principals’ personality, leadership, teachers’ job satisfaction and students’ achievement. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(8), 4581–4596. https://doi.org/10.37200/IJPR/V24I8/PR280475.

Rahardjo., M (2017). Studi kasus dalam Penelitian Kualitatif: Konsep dan Prosedurnya. Malang: Program Pascasarjana IUN Maulana Malik Ibrahim Malang (http://www.academia.edu/download/56668034/Studi-kasus-dalam-penelitian-kualitatif.pdf) diakses pada tanggal 09/07/2020 pukul 22:04

Rohaeti, T., & sumliyah, S. (2020). RESPON MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA DALAM PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM DI ERA COVID-19. Integral : Pendidikan Matematika, 11(1), 6-68. Retrieved from https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JNR/article/view/1185

Syamsudin dan Vismaia. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Umar, M. (2015). Peranan Orang Tua dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak. Journal: Jurnal Ilmiah Edukasi, vol (1), hal. 20-28.

Wahyuni, S.R. (2017). Peran Orang Tua terhadap Prestasi Siswa di Kelas 5 di SD Al-Azhar Syifa Budi Pekanbaru. Journal: Journal Endurance: vol (2), hal. 18-24. doi:http://dx.doi.org/10.22216/jen.vli3.1526

Wiryopranoto, S., Herlina, N., Marihandono, D., dkk. (2017). Ki Hajar Dewantara Pemikiran dan Perjuangannya. Jakarta: Museum Kebangkitan Nasional Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.