Pengembangan Education Game Berbasis Microsoft Power Point dalam Media Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

Emy Yunita Rahma Pratiwi, M. Bambang Edi Siswanto

Abstract

Tujuan  penelitian  ini  adalah Mengembangkan Education Game Berbasis Microsoft Power Point pada pembelajaran PKn. Metode  penelitian ini  berbentuk  kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif data yang diperoleh dengan menggunakan kuesioner/angket, sedangkan data kualitatif berupa observasi dan wawancara serta data komentar dan saran dari para validator. Hasil penelitian menghasilkan produk berupa media pembelajaran Microsoft Power Point Berbasis Visual Basic yang berisi tentang materi, quiz, soal latihan, dan game yang dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa.

 

Keywords

Media Pembelajaran, Game Edukasi, Visual Basic, Pendidikan Kewarganegaraan

Full Text:

PDF

References

Ardian, A., & Munadi, S. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Student-Centered Learning dan Kemampuan Spasial terhadap Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan. https://doi.org/10.21831/jptk.v22i4.7843

Arikunto. (2019). Metodelogi Penelitian, Suatu Pengantar Pendidikan. In Rineka Cipta, Jakarta.

Arsyad, A. (2014). Manajemen Pembelajaran. In Bab Ii Kajian Teori. https://doi.org/10.3168/jds.2017-13062

Asyafiq, S. (2018). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Warga Negara Global. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan. https://doi.org/10.25273/citizenship.v6i1.1880

Basuki. (2014). Asesmen Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Binanto, I. (2010). Multimedia Digital Dasar Teori. In Journal of Chemical Information and Modeling. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Cholisin, C. (2006). Pengembangan kurikulum inti program studi PKn: perspektif PKn sebagai disiplin ilmu dan PKn persekolahan. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan. https://doi.org/10.21831/civics.v3i1.5734

Hamalik, O. (2013). Kurikulum Dan Pembelajaran, Edisi 1 Cetakan Kedua Belas. In Journal of Chemical Information and Modeling. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Hasana, S. N. (2016). Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa.

Jenkins, H. (2009). Confronting the Challenges of Participatory Culture : Media Education for the 21 Century. Program. https://doi.org/10.1108/eb046280

Nursit, I. (2016). Pengembangan multimedia interaktif berbasis power point (macro-enabled) pada mata kuliah geometri euclid dalam pembelajaran matematika. Media Pendidikan Matematika.

Nurwardani, P. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi. In Thema publishing.

Putri, N. W. M. A. ;, Jampel, N. ;, & Suartama, I. K. (2014). Pengembangan E-Learning Berbasis Schoology Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Seririt. Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha.

Sanjaya, W. (2008). Kurikulum dan pembelajaran: teori dan praktik pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Suartama, I. K. (2010). Pengembangan multimedia untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata kuliah media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jppundiksha.v43i3.130

Sudjana, N. (2012). Dasar-dasar proses mengajar. In Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung: Alfabeta. https://doi.org/10.1016/j.drudis.2010.11.005

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. In Ke-26.

Ubaedillah, A. (2018). Civic Education for Muslim Students in the Era of Democracy: Lessons Learned from Indonesia. Review of Faith and International Affairs. https://doi.org/10.1080/15570274.2018.1469837

Zamroni, M. (2017). JURNAL DAKWAH, Vol. X No. 2, Juli-Desember 2009 195. Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.1155/2015/146250

Refbacks

  • There are currently no refbacks.