Pembelajaran Bagi Siswa Berkesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar

Minsih Minsih, Pressilia Yusa, Treny Hera, Imam Mujadid

Abstract

Tujuan penelitian ini dilaksanakan untuk mendeskripsikan gangguan kesulitan belajar matematika yang dialami siswa kelas rendah di MI Muhammadiyah Gonilan Kartasura. Salah satu penyebab kesulitan belajar matematika yaitu penggunaan metode dan strategi yang masih konvensional. Guru masih menerapkan pembelajaran yang yang berorientasi pada guru yaitu ceramah dan penugasan. Karena itu, penggunaan metode pembelajaran yang tepat dan cenderung melibatkan siswa untuk berpartisipasi secara aktif sangat diperlukan agar mempermudah proses pembelajaran terutama siswa yang mengalami berkesulitan belajar. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik yang mengalami kesulitan belajar matematika di kelas rendah. Data yang dianalisis berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi yang selanjutnya menggunakan validitas data triangulasi sumber dan teknik. Hasil menyatakana bahwa terdapat beberapa strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik kelas rendah MI Muhammadiyah Gonilan Kartasura. Strategi yang dilakukan berupa; 1) Memberikan jam tambahan/pretest, 2) Program remidial, 3) Memonitor peserta didik secara khusus, 4) Menggunakan media pembelajaran, dan 5) Memberikan motivasi. Dari strategi tersebut, dapat membantu kesulitan belajar siswa kelas rendah yang menalami berkesulitan belajar pada pelajaran matematika.

 

Keywords

Kesulitan Belajar, Matematika, Strategi

Full Text:

PDF

References

Budiarti, Melik. 2017. Bimbingan Konseling Di Sekolah Dasar. Magetan: AE Media Grafika.

Cleopatra, M. 2015. “Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi belajar Matematika”. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 5(2). Diakses pada 22 Juli 2019 (https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/336)

Dickinson, P. dan Hough, S. 2012. “Using Realistic Mathematics Education in UK Classrooms”. Journal Centre for Mathematics Education, Manchester Metropolitan University. Diakses pada 22 Juli 2019 (https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Paul+Dickinson+dan+Sue+Hough+%282012%29+&btnG=)

Gravemeijer, Koeno. 2008. “RME Theory and Mathematics Teacher Education”. Journal of of Mathematics Teacher Education 2: 283-302. Diakses pada 22 Juli 2019 (https://brill.com/view/book/edcoll/9789087905460/BP000014.xml)

Hamdani. 2012. Bimbingan dan Penyuluhan. Bandung: CV. Pustaka Setia

Hasan, Hafid., Kartono., dan Suhito. 2016. “Remedial Teaching untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Prosedur Newman”. Unnes Journal of Mathematics Education 5(3): 257-265. Diakses pada 22 Juli 2019 (https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme/article/view/12310)

Laurens, Theresia., Batlolona, F. A., Batlolona, J. R., dan Leasa, M. 2018. “How does Realistic Mathematics Education (RME) Improve Students’ Mathematics Cognitive Achievement”. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education 14(2): 569-578. Diakses pada 22 Juli 2019 (http://www.ejmste.com/How-Does-Realistic-Mathematics-Education-RME-Improve-Students-Mathematics-Cognitive,76959,0,2.html)

Normalita, P., Saring Marsudi., dan Suwarno. 2015. “Peran Pendidik Dalam Membimbing Peserta Didik Dyscalculia Pada Siswa Kelas III SD Muhammadiyah 16 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Diakses pada 22 Juli 2019 (http://eprints.ums.ac.id/46524/)

Nurseto, Tejo. 2011. “Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik”. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan 8(1). Diakses pada 22 Juli 2019 (https://journal.uny.ac.id/index.php/jep/article/view/706)

Rusnilawati., Heni T.M., Fatiya Nuzuli, dkk. 2019. “Metode Permainan Tradisional Engklek Pada Pembelajaran Bangun Datar Menumbuhkembangkan Motivasi Belajar Siswa”. Proceeding of the URECOL, 189-195. Diakses pada 20 Juli 2019 (http://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/429)

Sriyanto. 2017. Mengobarkan Api Matematika. Sukabumi: CV. Jejak

Sugiarto, Eko. 2015. Menyusun Proposal Kualitatif: Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Suaka Media

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Minsih dan Dwi Astuti. 2014. “Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) Pada siswa Kelas V MI Muhammadiyah Ngasem Kecamatan Colomadu Tahun Pelajaran 2013/2014”. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar. 1(1): 78-84. Diakses pada 17 Juli 2019 (https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=minsih+dan+dwi+astuti&btnG=)

Mulyadi dan Santi Ermawati. 2014. “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Soal Cerita Melalui Strategi Think Talk Write (TTW) Siswa Kelas V SD Negeri 02 Gemantar”. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar Universitas Muhammadiyah Surakarta 1(2). Diakses pada 29 Maret 2019 (http://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/view/1005)

Van Den, Maija dan Paul Drijvers. 2014. “Realistic Mathematics Education”. Journal of Encyclopedia of Mathematics Education, 521:525. Diakses pada 22 Juli 2019 (https://link.springer.com/referenceworkentry/10.1007%2F978-94-007-4978-8_170)

Wahyuni, Nur Dian. 2012. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Dengan Materi Bangun Ruang Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Begalon 1 tahun 2011/2012”. Skripsi universitas Muhammadiyah Surakarta. Diakses pada 22 Juli 2019 (http://eprints.ums.ac.id/17208/)

Webb, D. C., Van der Kooij, H., dan Geist, M. R. 2011. “Design Research in The Netherlands: Introducing Logarithms Using Realistic Mathematics Education”. Journal of Mathematics Education at Teachers College 2(1). Diakses pada 22 Juli 2019 (http://journals.tclibrary.org/index.php/matheducation/article/view/639)

Yuliawan, Feri. 2013. “Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) Pada Siswa Kelas IV SDN Premulung No. 94 Laweyan Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013”. Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Diakses pada 22 Juli 2019 (http://eprints.ums.ac.id/23554/)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.