Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Mencegah Degradasi Moral di Era 4.0
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adisusilo,Sutarjo. (2017). Pembelajaran Nilai-Karakter. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Bahri, S. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Krisis Moral di Sekolah. Ta'allum: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 57-76.
Ban, T., & Cummings, W. K. (1999). Moral orientations of schoolchildren in the United States and Japan. Comparative Education Review, 43(1), 64-85.
Barnawi and Arifin, M. (2012). Strategi dan Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jogjakarta. Ar-Ruzz Media
Budiningsih, Asri. (2008). Pembelajaran Moral Berpijak Pada Karakteristik Siswa Dan Budayanya. Jakarta: PT Asdi Mahasatya
Cahyo.(2017). Pendidikan Karakter Guna Menanggulangi Dekadensi Moral Yang Terjadi Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 9. No. 1 Januari 2017, 16-26.
Çubukçu, Z. (2012). The effect of hidden curriculum on character education process of primary school students. Educational Sciences: Theory and Practice, 12(2), 1526-1534.
Engel. James F., Roger D. Blackwell, Paul .W Miniad.2005. Perilaku Konsumen, edisi ke 6 jilid kedua . Jakarta : Binarupa Aksara
Henderi. (2007). Unified Modelling Language (UML): Konsep dan Implementasinya pada Pemodelan Sistem Berorientasi Objek dan Visual . Tanggerang: STMIK Raharja.
Hidayati, dkk. (2008). Pengembangan Pendidikan IPS SD. Surakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Lickona, T. (2013). Eduating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility (Mendidik untuk Membentuk Karakter). Jakarta: PT Bumi Aksara diterjemahkan oleh Juma Abdu Wamaungo.
Masnur, Muslich. (2011). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta. PT Bumi Aksara
Munir. (2008). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Muryono, Sigit.( 2011). Empati, Penalaran, Moral dan Pola Asuh. Yogyakarta: Gala Ilmu Semesta
Rahardjo, Adisasmita. 2010. Dasar-Dasar Ekonomi Transportasi. Yogyakarta. Graha Ilmu
Sahronih. (2018). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Mengatasi Degradasi Moral Anak Sekolah Dasar Di Era Digital. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar UNJ. Jakarta
Samani, Muchlas., dan Hariyanto. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Samuel Henry (2010). Cerdas dengan Game Panduan Praktis bagi Orangtua dalam Mendampingi Anak Bermain Game. Yogyakarta: Kompas Gramedia.
Thornberg, R. (2006). Hushing as a moral dilemma in the classroom. Journal of Moral Education, 35(1), 89-104.
Utomo, Eko Priyo dan Syafrudin. 2008. Koneksi Internet Untuk PC, Laptop dan HP. Yogyakarta: Mediakom.
van der Kooij, J. C., de Ruyter, D. J., & Miedema, S. (2015). The influence of moral education on the personal worldview of students. Journal of Moral Education, 44(3), 346-363.
Williams, BK. & Sawyer, SC. (2011). Using Information Technology : A Practical Introduction to Computers and Communications. Ed. 9th. The Mc Graw-Hill Companies Inc, New York.
Wiyani, Ardi Novan. (2013). Manajemen Kelas. Yogjakarta : Ar-Ruzz Media.
Zubaidah, Neneng. (2013). 68 Persen Siswa SD Sudah Akses Konten Pornografi. Diakses 11 Oktober 2014 dari http://nasional.sindonews.com/read/801494/15/68-persen-siswa-sd-sudah-akses-konten-pornografi
Aditiya Reza. (2019). Diakses 15 Agustus 2020 dari https://kumparan.com/kumparannews/siswa-sd-di-temanggung-gantung-diri-tinggalkan-surat-wasiat-1s0fdedTyxm/full
Kahfi, M.Andimaz.(2019) Diakses 15 Agustus 2020 dari https://medan.tribunnews.com/2019/08/28/heboh-viral-anak-sd-dipukul-temannya-di-labura-ini-kata-wakil-ketua-kpad-labura
Taufiqqurahman, Muhammad. (2018). Diakses 15 Agustus 2020 dari https://news.detik.com/berita/d-4153748/anak-sd-jadi-bandar-sabu-bnn-makassar-bukan-kasus-pertama
Refbacks
- There are currently no refbacks.