Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Script dan Think Pair Share Berbantuan Worksheet Berbasis Karakter Pada Materi Pokok Bangun Datar

Arief Kuswidyanarko, Aldora Pratama

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar pada materi pokok bangun datar antara mahasiswa yang dikenai  model pembelajaran Cooperative Script berbantuan Worksheet berbasis karakter dan  mahasiswa yang dikenai model pembelajaran Think Pair Share berbantuan Worksheet berbasis karakter pada mahasiswa semester I Prodi PGSD tahun ajaran 2018/2019.  Pada penelitian ini dipilih secara acak dua kelas eksperimen yaitu kelas I G sebagai kelas eksperimen I yang dikenai model pembelajaran Cooperative Script berbantuan Worksheet berbasis karakter dan kelas I F sebagai kelas eksperimen II yang dikenai model pembelajaran Think Pair Share berbantuan Worksheet berbasis karakter serta satu kelas kontrol yaitu kelas I E yang dikenai model pembelajaran konvensional. Dari hasil analisis uji hipotesis pertama diperoleh  yaitu 6,6025 > 3,09. Jadi, ada perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen I, eksperimen II, dan kontrol. Hasil akhir dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas model pembelajaran Cooperative Script berbantuan Worksheet berbasis karakter kelas model pembelajaran Think Pair Share berbantuan Worksheet berbasis karakter pada mahasiswa semester I Prodi PGSD Universitas PGRI Palembang tahun ajaran 2018/2019.

Keywords

efektivitas, cooperative script, think-pair-share, hasil belajar, worksheet, karakter

Full Text:

PDF

References

Adinawan, M. Cholik dan Sugijono. 2007. Matematika untuk SMP Kelas VII. Jakarta: Erlangga.

Amri, Sofan, Ahmad Jauhari, dan Tatik Elisah. 2011. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Anni, Catharina Tri. dkk. 2017. Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Press.

Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Cheng, V., 2014. Developing Physics Learning Activities for Fostering Student Creativity in Hongkong Context, Merlot Journal of Online Learning and teaching Hongkong. 7(1): 34-42.

Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Marsigit. 2009. Mathematics I for Junior High School. Jakarta: Yudhistira.

Sahlan, Asmaun dan Angga Teguh Prastyo. 2012. Desain Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Slavin, R.E., 2016. Accommodating Student Diversity in Reading and Writing Instruction: A Cooperative Learning Approach, Journal of Technology Education. 18(1): 52-55.

Suherman, Erman, Turmudi, Didi Suryadi, Tatang Herman, Suhendra, Sufyani, Nurjannah, dan Ade Rohayati. 2016. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Suprijono, Agus. 2019. Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Trianto. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.