Korelasi Antara Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Kelas V SD Negeri Jatisarono Nanggulan Kulon Progo Tahun Ajaran 2018/2019

Edy Wahyu Wibowo

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar Matematika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri Jatisarono. Metode penelitian menggunakan angket dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan rumus product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha. Uji prasyarat analisis melalui uji normalitas dan linearitas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil analisis diperoleh harga r hitung lebih besar dari harga r tabel dengan N=20 pada taraf signifikansi 5%, yaitu 0,493>0,360. Simpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar pada mata pelajaran Matematika kelas V SD Negeri Jatisarono.

Keywords

Motivasi, Prestasi Belajar, Matematika

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Azwar, S. (2010). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Bakar, R. (2014). The Effect Of Learning Motivation On Student’s Productive competencies In Vocational High School, West Sumatra. International Journal of Asian Social Science. 4(6):722-732.

Dalyono, M. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Hamdu, G & Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekoah Dasar.Jurnal Penelitian Pendidikan. 12(1):90-96.

Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT. Rosda Karya

Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya.

Sugiyono. (2003). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Pusat Bahasa Depdiknas.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri.

Siregar, N.R. (2017). Persepsi siswa pada pelajaran matematika: studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia. Diakses tanggal 17 Februari 2020 pukul 07:11 WIB dari http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ippi/article/view/2193.

Supardi & Leonard. (2010). Pengaruh konsep diri, sikap siswa pada matematika, dan kecemasan siswa terhadap hasil belajar matematika.Cakrawala Pendidikan, XXIX(3): 341-352

Refbacks

  • There are currently no refbacks.