Pengaruh Penggunaan DLM (Digital Learning Material) Terhadap Aktivitas Belajar IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Hatma Heris Mahendra, Riga Zahara Nurani

Abstract

Pembelajaran pada era abad 21 menuntut pelaksanaan pendidikan menyesuaikan dengan perkembangan teknologi dan informasi, pendidik dituntut dapat mengaplikasikan pemanfaatan teknologi digital yang dapat membantu dalam meningkatkan keefektifan pembelajaran. DLM (Digital Learning Material) atau bahan ajar digital dapat menjadi alternatif dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa. Dalam artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan DLM terhadap aktivitas belajar IPS siswa kelas V sekolah dasar. Pengambilan data dilakukan di SDN Dadaha Kota dengan menggunakan metode quasi eksperimen dan teknik pengumpulan data berupa observasi dengan subjek penelitian kelas V B sebagai kelas eksperimen dan kelas V C sebagai kelas kontrol. Hasil analisis dengan uji Independent Sample T-test pada tabel 7 diperoleh nilai Sig.(2-tailed) tersebut lebih kecil dari nilai α (0,039 < 0,05)maka hipotesis nihil (Ho) yang diajukan ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dapat disimpulkan “terdapat pengaruh penggunaan DLM (Digital Learning Material) terhadap aktivitas belajar IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar”. DLM dapat menjadi alternatif meningkatkan aktivitas dan kemampuan atau kompetensi yang lain pada diri siswa.

Keywords

: DLM, Aktivitas Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References

Arikunto Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Berson, Michael J. & Peter Balyta. (2004). Technological Thinking and Practice in the Social Studies: Transcending the Tumultuous Adolescence of Reform. ISTE (International Society for Technology in Education), Vol 20 No. 4, Hal 141-150.

Dimyati dan Mudjiono. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Mahendra, Hatma Heris. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Flash Book Sejarah Peradaban Indonesia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. Dwijacendekia Jurnal Riset Pedagogik, Vol I No 2, Hal 31-42

Sugiyono.(2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta

Suzuki, K., Kondo, H., & Ohnishi, Y. (2014). Development of learning methods and system to practice problems using digital materials. Procedia - Procedia Computer Science, 35, 1247–1254. https://doi.org/10.1016/j.procs.2014.08.222

Yayuk, E., & Restian, A. (2017). Penerapan Media Digibook ( Buku Digital ) Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Dalam Pembelajaran Ipa Kelas Iv Sekolah Dasar. Seminar Nasional dan Gelar Produk UMM: Malang 1–7

Refbacks

  • There are currently no refbacks.