Analisa Faktor yang Mempengaruhi Minat Baca Mahasiswa PGSD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi minat baca mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), dari penilaian mahasiswa sendiri, serta dari persepsi dosen dan pustakawan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini pengumpulan data terdiri atas dokumentasi, observasi, dan angket. Model analisis data dalam penelitian ini mengikuti konsep yang diberikan Miles dan Huberman. Simpulan hasil penelitian ini yaitu: 1) Faktor-faktor interen yang mempengaruhi minat baca mahasiswa meliputi tiga hal, faktor perasaan, perhatian, dan motivasi; 2) faktor-faktor eksteren yang mempengaruhi minat baca mahasiswa meliputi tiga hal, faktor dosen, faktor lingkungan, dan faktor fasilitas; 3) faktor-faktor yang mempengaruhi minat baca mahasiswa dari persepsi dosen dan pustakawan meliputi faktor rasa ingin tahu, faktor topik yang diminati, faktor ketersediaan buku, dan faktor tugas. Implikasi dari penelitian ini adalah adanya landasan dan ketepatan perlakuan saat akan mengembangkan minat membaca mahasiswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amiranti, CC. (2017). Minat Baca Anak Rendah, Perlu Terobosan Baru. http://amp.kompas.com/lifestyle/ diunduh tanggal 28 Oktober 2019, Pukul 13.03
Djuanda, D., Resmini, N., Indihadi, D. (2006). Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: Upi Press
Papilaya, JO & Huliselan, N. (2016). Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip, Vol. 15, No. 1, Pg. 56-62
Patiung, D. (2016). Membaca Sebagai Sumber Pengembangan Intelektual. Jurnal Al-Daulah. Vol. 5, No. 2, Pg. 352-376
Priyeti. (2017). Usaha Meningkatkan Minat Baca Mahasiswa. Jurnal Pustaka Budaya. Vol. 06, No. 1, Pg. 55-67
Putri, ADS & Suyitno. (2018). Analisis Minat Baca Mahasiswa Semester V di PGSD UPGRIS. Jurnal Widya Wacana. Vol. 12, No. 2, Pg. 9-17
Siswati. (2010). Minat Membaca Pada Mahasiswa (Studi Deskriptif pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UNDIP Semester I). Jurnal Psikologi Undip. Vol. 8, No. 2, Pg. 124-134
Sugiono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Taufina. (2016). Mozaik Keterampilan Berbahasa di Sekolah Dasar.Bandung: Angkasa
Tirto Online. (2017). Najwa Paparkan Data Soal Rendahnya Minat Baca Indonesia. https://tirto.id/najwa-paparkan-data-soal-rendahnya-minat-baca-indonesia-cupM, diunduh tanggal 25 Maret 2019, pukul 12.39
Triatma, IN. (2016). Minat Baca Pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Delegan 2 Prambanan Sleman Yogyakarta. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol. 5, No. 6, Pg. 166-178
Wibawanto, A. (2016). Menumbuhkan Minat Baca dan Tulis Mahasiswa. Jurnal Pustakaloka. Vol. 5, No. 1, Pg. 125-134