Implementasi Nilai-nilai Karakter Matematika yang Terintegrasi Melalui Pembelajaran Konstruktivisme di Perguruan Tinggi
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Brata, D. P. N., & Winardi. 2017. Konstruksi pembelajaran berbasis karakter diisiplin di perguruan tinggi. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, “Rekonstruksi Kurikulum dan Pembelajaran Berbasis Karakter”, 3(1), 55-67.
Darma, Y., Susiaty, U. D., & Fitriawan, D. 2018. Pendidikan karakter dalam pembelajaran pada mahasiswa calon guru matematika. Jurnal Susunan Artikel Pendidikan, 3(2), 110-115.
Fogarty, R. J. 1991. The Mindful School: How to Integrate the Curricula. Palatine, Illinois: IRI/Skylight Publishing, Inc.
Isrok’atun. 2015. Menemukan kembali rumus luas persegi panjang dengan konstruktivisme. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar, 2(1), 36-45. DOI: 10.17509/mimbar-sd.v2i1.1320.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 49 Tahun 2014, tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
Ojose, B. 2011. Mathematic Literacy: Are We Able to Put The Mathematics We Learn Into Everyday Use?. Journal of Mathematics Education, 4(1), 89-100.
Rianawati. 2014. Internalisasi karakter kemandirian melalui pem-belajaran konstruktif di per-guruan tinggi. At-Turats, Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam, 8(2), 1-23. DOI: https://doi.org/10.24260/at-turats.v8i2.115.g103.
Riyanto, B., & Siroj, R. A. 2011. Meningkatkan kemampuan pe-nalaran dan prestasi matema-tika dengan pendekatan konstruktivisme pada siswa sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 111-127.
Saefudin, A. A. 2012. Pengembangan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia (pmri). Al Bidayah, Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(1), 37-48. doi: https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v4i1.10.
Schunk, D. H. 2012. Learning Theories An Educational Perspective (6th ed). Boston: Pearson Education, Inc.
Spadano, J. W. 1996. Examining a homework model as a means of advancing ownership of understanding and responsibility in secondary mathematics education. Disertasi Doktor, tidak diterbitkan, University of Massachusetts, Lowel.
Suparni. 2011. Pembentukan karakter peserta didik dengan pembelajaran matematika, Al-Bidayah, Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(2), 159-180.
Suparno, P., dkk. 2003. Pendidikan budi pekerti untuk SMU-SMK. Yogyakarta: Kanisius.
Wardono & Kurniasih, A. W. 2015. Peningkatan literasi matematika mahasiswa melalui pembelajar-an inovatif realistik e-learning edmodo bermuatan karakter cerdas kreatif mandiri. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(1), 93-100. DOI: https://dx.doi.org/10.15294/kreano.v6i1.4978.
Widodo, S. 2017. Pendidikan karakter dalam pembelajaran matema-tika di sekolah dasar. Metodik Didaktik, Jurnal Pendidikan ke-SD-an, 12(2), 12-22. DOI: https://doi.org/10.17509/md.v12i2.7681.
Refbacks
- There are currently no refbacks.