Implementasi Nilai-nilai Karakter Matematika yang Terintegrasi Melalui Pembelajaran Konstruktivisme di Perguruan Tinggi

Awal Kholifatur Rosyidah, Niswatul Khair, Husniati Husniati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa mengenai nilai karakter dan mendeskripsikan implementasi pengembangan nilai karakter yang terintegrasi melalui perkuliahan Pendidikan Matematika SD. Jenis penelitian kualitatif dengan objek penelitian yaitu mahasiswa Prodi PGSD Universitas Mataram pada mata kuliah Pendidikan Matematika SD. Teknik pengumpulan data menggunakan angket terbuka dan tertutup, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) persepsi mahasiswa akan nilai karakter secara umum termasuk dalam kategori baik. Akan tetapi kemampuan untuk mempersepsikan nilai karakter yang diintegrasikan melalui pembelajaran matematika masih kurang. 2) mahasiswa mengalami perubahan karakter seperti kerja keras, kreatif, mandiri, disiplin, serta bersahabat dan komunikatif. Nilai karakter tersebut dikembangkan melalui proses internalisasi dengan pembiasaan positif yang diintegrasikan dengan pendekatan konstruktivisme. Kegiatan diskusi menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika memfasilitasi proses tukar informasi yang memberikan pengaruh besar akan pengembangan nilai karakter bagi mahasiswa.

 

Full Text:

PDF

References

Brata, D. P. N., & Winardi. 2017. Konstruksi pembelajaran berbasis karakter diisiplin di perguruan tinggi. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, “Rekonstruksi Kurikulum dan Pembelajaran Berbasis Karakter”, 3(1), 55-67.

Darma, Y., Susiaty, U. D., & Fitriawan, D. 2018. Pendidikan karakter dalam pembelajaran pada mahasiswa calon guru matematika. Jurnal Susunan Artikel Pendidikan, 3(2), 110-115.

Fogarty, R. J. 1991. The Mindful School: How to Integrate the Curricula. Palatine, Illinois: IRI/Skylight Publishing, Inc.

Isrok’atun. 2015. Menemukan kembali rumus luas persegi panjang dengan konstruktivisme. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar, 2(1), 36-45. DOI: 10.17509/mimbar-sd.v2i1.1320.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 49 Tahun 2014, tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Ojose, B. 2011. Mathematic Literacy: Are We Able to Put The Mathematics We Learn Into Everyday Use?. Journal of Mathematics Education, 4(1), 89-100.

Rianawati. 2014. Internalisasi karakter kemandirian melalui pem-belajaran konstruktif di per-guruan tinggi. At-Turats, Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam, 8(2), 1-23. DOI: https://doi.org/10.24260/at-turats.v8i2.115.g103.

Riyanto, B., & Siroj, R. A. 2011. Meningkatkan kemampuan pe-nalaran dan prestasi matema-tika dengan pendekatan konstruktivisme pada siswa sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 111-127.

Saefudin, A. A. 2012. Pengembangan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia (pmri). Al Bidayah, Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(1), 37-48. doi: https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v4i1.10.

Schunk, D. H. 2012. Learning Theories An Educational Perspective (6th ed). Boston: Pearson Education, Inc.

Spadano, J. W. 1996. Examining a homework model as a means of advancing ownership of understanding and responsibility in secondary mathematics education. Disertasi Doktor, tidak diterbitkan, University of Massachusetts, Lowel.

Suparni. 2011. Pembentukan karakter peserta didik dengan pembelajaran matematika, Al-Bidayah, Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(2), 159-180.

Suparno, P., dkk. 2003. Pendidikan budi pekerti untuk SMU-SMK. Yogyakarta: Kanisius.

Wardono & Kurniasih, A. W. 2015. Peningkatan literasi matematika mahasiswa melalui pembelajar-an inovatif realistik e-learning edmodo bermuatan karakter cerdas kreatif mandiri. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(1), 93-100. DOI: https://dx.doi.org/10.15294/kreano.v6i1.4978.

Widodo, S. 2017. Pendidikan karakter dalam pembelajaran matema-tika di sekolah dasar. Metodik Didaktik, Jurnal Pendidikan ke-SD-an, 12(2), 12-22. DOI: https://doi.org/10.17509/md.v12i2.7681.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.