Pengaruh Kultur Serta Kebiasaan dan Pembiasaan Positif di Sekolah Terhadap Karakter Religius dan Peduli Lingkungan Siswa SD di Kota Cirebon

Tarmidzi Tarmidzi, Iis Yeni Sugiarti

Abstract

Ada beberapa faktor yang memengaruhi perkembangan anak, diantaranya adalah faktor keturunan (hereditas) dan lingkungan perkembangan.  Lingkungan perkembangan siswa meliputi lingkungan keluarga, sekolah, teman sebaya, dan masyarakat.  Setiyati (2014) mengemukakan bahwa budaya sekolah memberi gambaran hubungan antara guru dengan guru, guru dengan pimpinan sekolah, guru dengan staf sekolah, dan dinas di lingkungannya.  Dapat dikatakan bahwa budaya moral di sekolah sangat diperlukan agar terciptanya suasana yang efektif antara kepala sekolah, guru, serta siswa untuk meneladani nilai-nilai yang ada di sekolah.  Peneliti memilih sampel beberapa sekolah dasar di kota Cirebon menurut teknik purposive sampling.  Pada data kemudian dilakukan uji untuk melihat besar pengaruh variabel bebas (kultur dan pembiasaan positif) terhadap variabel terikatnya (karakter religius dan peduli lingkungan).  Simpulan yang diambil adalah pernyataan bahwa Karakter religius dan kepedulian siswa terhadap lingkungan cukup dipengaruhi oleh kultur serta pembiasaan positif di sekolah.

Keywords

Kultur Sekolah, Kebiasaan dan Pembiasaan Positif, Karakter Religius, Karakter Peduli Lingkungan

Full Text:

PDF

References

Al-Anwari, A., M., (2014). “Strategi Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Adiwiyata Mandiri,” Ta’Dib, vol. 19, no. 2, pp. 227–252.

Desfandi, M., (2016). “Mewujudkan Masyarakat Berkarakter Peduli Lingkungan Melalui Program Adiwiyata,” SOSIO Didakt. Soc. Sci. Educ. J., vol. 2, no. 1, pp. 31–37.

Gunawan, H., (2017). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung. Alfabeta.

Jumadi, (2005). “PERANAN KULTUR SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU, MOTIVASI BERPRESTASI DAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA.” pp. 217–228.

Keawkhong, C., (2014). “Issue 5 Article 5 2014 This Journal Article is posted at Research Online. Recommended Citation Hongboontri,” Aust. J. Teach. Educ., vol. 39, no. 5, p. 39.

Lickona, T., (2008). Pendidikan Karakter Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. Bandung. Nusa Media.

MacNeil, A., J., Prater, D., L., and Busch, S., (2009). “The effects of school culture and climate on student achievement,” Int. J. Leadersh. Educ., vol. 12, no. 1, pp. 73–84.

Mujtahidin, (2017). Civic Education Di Sekolah: Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran PKn yang inovatf dan Efektif. Surabaya: Pustaka Radja.

Setyati, S., (2014). “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah , Motivasi,” J. Pendidik. Teknol. Dan Kejuru., vol. 2, pp. 200–207.

Sultoni, A., (2017). “Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Mengembangkan Sikap Religius Siswa Melalui Bidang Studi Biologi Di Madrasah Aliyah,” J. Pendidik. Agama Islam (Journal Islam. Educ. Stud., vol. 4, no. 1, p. 68.

Wilis, S., S., (2012). Psikologi Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

Yusuf, S., (2007). Buku Materi Pokok Pedagogik Pendidikan Dasar. Bandung: Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.