Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia SD Menggunakan Google Classroom

Wahyu Nuning Budiarti

Abstract

Penggunaan smartphone saat ini tidak dapat kita pisahkan dalam kehidupan sehari-hari, tidak hanya orang dewasa, generasi yang terlahir dengan teknologi yang sudah berkembang dengan sangat pesat adalah anak-anak yang masih berada di tingkat Sekolah Dasar. Mereka sudah sangat mengenal smartphone. Aplikasi smartphone yang dimaksud disini adalah Google Classroom. Selain hemat kertas, penggunaan Google Classroom ini dapat mengajak peserta didik supaya dapat memanfaatkan smartphone dengan baik. Bahasa Indonesia juga merupakan mata pelajaran yang dapat terintegrasi dengan semua mata pelajaran yang ada di Sekolah Dasar. Oleh karena itu peningkatan motivasi belajar Bahasa Indonesia dibutuhkan di dalam pembelajaran. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan hasil penelitian bahwa penggunaan Google Classroom terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar siswa meningkat dengan pengawasan orang tua dalam mengerjakan tugas. Kesimpulan jika kita sudah tidak bisa membatasi siswa menggunakan smartphone, maka kita harus mulai mengintegrasikan ke dalam pembelajaran, supaya penggunaan smartphone lebih bermanfaat bagi kehiduoan mereka sebagai siswa.

Keywords

Smartphone; Google Classroom; Penelitian Tindakan Kelas; Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References

Azwar, S (2015). Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya. Jogjakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Ibrohim (2009). Pengaruh Model Implementasi Lesson Study Dalam kegiatanMGMP Terhadap Peningkatan Kompetensi Guru dan Hasil Belajar Biologi Siswa. Disertasi tidak diterbitkan. Malang:PPS Universitas Negeri Malang.

Iftakhar, S (2016). Google Classroom: What Works and How?. Journal of Education and Social Sciences, Vol. 3, 12-18.

Kemmis, Stephen., Taggart, R.M (1988). The Action Research Planner. Australia: Deakin University Press.

Saeed Al Maroof, R.A (2018). Students Acceptance of Google Classroom: An Exploratory Study using PLS-SEM Approach. I-jet. Vol 6. 112-123.

Sudjana, N (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sardiman, A.M (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press

Slavin, R (2011). Educational Psycholoh: Theori and Practice. Pearson Education. New Jersey.

Wuitt, W. (2001). Motivation To Learn. An Overview. Educatinal Psychology Interactive. Valdosta: Saldosta State University.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.