Prinsip Pengembangan Buku Pengayaan Menulis Teks Eksposisi Bermuatan Multikultural Dalam Penguatan Karakter Nasionalis Peserta Didik SMK Kelas X

Riyadi Widhiyanto, Muhammad Badrus Siroj

Abstract

Tujuan penelitian ini meliputi menganalisis kebutuhan dan merumuskan prinsip-prinsip pengembangan buku pengayaan menulis teks eksposisi bermuatan multikultural dalam penguatan karakter nasionalis bagi peserta didik SMK kelas X. Desain penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil, yaitu: (1) analisis kebutuhan pendidik dan peserta didik terhadap kebutuhan buku pengayaan menulis teks eksposisi bermuatan multikultural dan (2) merumuskan prinsip-prinsip pengembangan buku pengayaan menulis teks eksposisi bermuatan multikultural yang terdiri atas empat aspek, yaitu aspek materi atau isi, aspek penyajian, aspek kebahasaan dan keterbacaan, dan aspek grafika.

Keywords

Buku pengayaan, teks eksposisi, multikultikultural, karakter nasionalis.

Full Text:

PDF

References

Afandi, Muhammad Idris dan Ida Zulaeha. (2017). Keefektifan Buku Pengayaan Menulis Teks Hasil Observasi Bermuatan Multikultural Berbasis Proyek Baca Tulis untuk Peserta Didik SMP. Jurnal Seloka. Volume 6 Nomor 2 bulan Agustus Tahun 2017 Halaman 187-199 (p-ISSN 2301-6744 e-ISSN 2502-4493).

Aly, Abdullah. (2015). Studi Deskriptif Tentang Nilai-Nilai Multikultural dalam Pendidikan di Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam. Jurnal Ilmiah Pesantren, Volume I, Nomor 1, Januari-Juni 2015.

Dalman. (2015). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Keraf, Gorys. (2017). Eksposisi dan Deskripsi. Flores: Penerbit Nusa Indah.

Koentjaraningrat. (1984). Kebudayaan, Mentalitas, dan Pembangunan. Jakarta: PT Gramedia.

Kosasih. (2014). Jenis-jenis Teks Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya.

Mahfud, Choirul. (2016). Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Muslich, Masnur. (2010). Text Book Writing: Dasar-Dasar Pemahaman Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Jakarta: Bumi Aksara.

Muslim. (2016). Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural dalam Buku Teks Bahasa Indonesia untuk Siswa SMP. Jurnal Riksa Bahasa. Volume 2, Nomor 1, Maret 2016.

Purwanti, Lestari Ning. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Jakarta: Erlangga.

Pusat Perbukuan Depdiknas. (2008). Pedoman Penulisan Buku Nonteks (Buku Pengayaan, Referensi, dan Panduan Pendidik). Jakarta: Puskurbuk.

Siroj, Muhammad Badrus. (2017). Pengembangan Model Pusat Kajian Literasi Guna Meningkatkan Budaya Membaca Mahasiswa Universitas Negeri Semarang. UMS: The 1st International Conference on Language, Literature and Teaching ISSN 2549-5607. Hal. 898-906.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suhardi. (2007). Pengembangan Sumber Belajar Biologi. Yogyakarta: FMIPA UNY.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suparlan, Parsudi. (2002). Menuju Masyarakat Indonesia yang Multikultural. Pembicara Kunci yang disajikan dalam Sesi Pleno I pada Simposium Internasional Jurnal Antropologi Indonesia ke-3: ‘Membangun Kembali “Indonesia yang Bhinneka Tunggal Ika”: Menuju Masyarakat Multikultural’, Universitas Udayana, Denpasar, Bali, 16–19 Juli 2002. Hlm. 98-105.

Suryana, Yaya, dan A. Rusdiana. (2015). Pendidikan Multikultural Suatu Upaya Penguatan Jati Diri Bangsa (Konsep, Prinsip, dan Implementasi). Bandung: CV Pustaka Setia.

Tilaar, H. A. R. (2004). Multikulturalisme Tantangan-tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional. Jakarta: Grasindo.

Yusuf, Qismullah, Zalina Jusoh dan Yunisrina Qismullah Yusuf. (2019). Cooperative Learning Strategies to Enhance Writing Skills among Second Language Learners. International Journal of Instruction. e-ISSN: 1308-1470, p-ISSN: 1694-609X. Vol.12, No.1.

Zulaeha, Ida dan Ahmad Syaifudin. (2016). Pengembangan Materi Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Multikultural Dalam Mereduksi Konflik Sosial Pada Generasi Muda. Academia.edu.

Zulaeha, Ida. (2017). Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Bermuatan Konservasi dengan Model Cooperative Integrated Reading and Composition Pada Peserta Didik Bergaya Belajar Visual, Auditori, dan Kinestetik. Semarang: Konferensi Bahasa dan Sastra II International Conference on Language, Literature, and Teaching. (hal. 481-497, ISSN 2598-0610 e-ISSN 2598-0629).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.