Pengembangan Media Pembelajaran Matematika pada Materi Pecahan Berbasis Adobe Flash di Kelas V SD Negeri Kabupaten Indramayu

Ratna Dewi Lestyorini, Tommy Noviyanto

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya pemahaman peserta didik dalam materi pecahan, khususnya pada pecahan dengan penyebut yang tak senilai. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan dan kelayakan media pembelajaran berbasis abobe flash di kelas V pada materi pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development), tahapannya meliputi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan uji coba pemakaian. Hasil penelitian ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, dengan rata-rata hasil pretes sebesar 63,31% dan rata-rata hasil postes sebesar 82,79%. Berdasarkan hasil penelitian didapat implikasi yaitu media pembelajaran adobe flash dapat berpengaruh terhadap pencapaian hasil belajar peserta didik, khususnya pelajaran matematika materi pecahan. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan bagi guru untuk membenahi diri dalam pembelajaran yang telah dilakukan agar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Keywords

development; learning media; adobe flash

Full Text:

PDF

References

Ahmad Baroqah & Nur Rosit. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pelajaran Matematika Mengenal Bangun Ruang dengan Metoe Inkuiri untuk Siswa Tingkat Dasar. Vol. VI. No 1. Jurnal Khatulistiwa Informatika.

Azhar, Arsyad. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Borg, W. R., Gall M. D & Gall. J. P. 1983. Education research: an introduction. (7thEd). New York: Pearson Education. Inc.

Djiwandono, Sri Esti Wuryani. (2014). Psikologi Pendidikan. Bandung: Grasindo.

Francisca. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Adobe Flash CS3 Professional pada Materi Kubus dan Balok Ditinjau dari Prestasi Belajar dan Kepercayaan Diri Siswa SMP Negeri 1 Ngawen. Skripsi. (Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma).

Heruman. (2010). Model Pembelajaran Matematika. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ibrahim, Suparni. (2008). Pembelajaran Matematika Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: Suka-Press.

Kemendikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional dan Kebudayaan RI No 67 Tahun 2013 tentang standar proses.

Maiata, Darmadi & Wasilatul. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Berbasis Metakognisi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika. Vol 8 No 1 Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika.

Said Alwi. (2017). Problematika Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran. Vol. 8 No. 2. Itqam.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukirman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Grup.

Tim Divisi Penelitian dan Pengembangan. (2007). Panduan Lengkap Adobe Flash CS3 Professional. Yogyakarta: Andi Offset.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.