Implementasi Cooperative Learning dengan Menggunakan Strategi Rally Coach untuk Mengembangkan Keterampilan Komunikasi Matematis

Joko Krismanto Harianja

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan keterampilan komunikasi matematis siswa dengan strategi rally coach. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa dengan menggunakan strategi rally coach, siswa mampu menerjermahkan pernyataan-pernyataan matematika ke dalam bentuk kalimat matematika dengan menggunakan simbol matematika seperti persamaan matematika maupun ekspresi aljabar bahkan mengkomunikasikannya secara lisan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan metode pengambilan data secara observasi dan uji validitas menggunakan triangulasi. Hasil penelitian yang telah diperoleh dalam penelitian ini adalah dengan tercapainya peningkatan keterampilan komunikasi matematis siswa melalui persentasi pada setiap indikator pada siklus I dan siklus II serta hasil belajar siswa yang meningkat.

Keywords

rally coach; komunikasi matematis

Full Text:

PDF

References

Dewi, Riska. (2017). Pengembangan Instrumen Tes Untuk Mengukur Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Negeri 17 Makasar. Universitas Islam Negeri Alaudin Makassar Repositori

Guerreriro, A. (2008). Communication in Mathematics Teaching and Learning: Practices in Primary Education. New York: Springer

Hamalik, Oemar. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika

Herdian. (2010). Kemampuan Pemahaman Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika

Isjoni. (2009). Cooperative Learning: Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta

Kagan, Spencer. (1994). Kagan Cooperative Learning. Sydney: Kagan Publisher

Lie, Anita. (2005). Cooperative Learning dan Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo

Mctaggart, Robin. (1993). Action Research, A short Modern Histroy. Australia: Deakin University

National Council of Teachers or Mathematics. (2000). Princples and Standards for School Mathematics. Virginia: National Council of Teachers of Mathematics Inc

Patesan, Marioara. (2016). The Benefits of Cooperative learning. De Gruyter: International Conference Knowledge-Based Organization

Sudjana, Nana. (2013). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suharsimi, Arikunto, dkk. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bina Aksara

Yuniarti, Yeni. (2014). Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Eduhumaniora JournaL.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.