Implementasi West Java Leader’s Reading Challenge (WJLRC) melalui Program Sabak Percisa di SDN Perumnas Cisalak

Ade Rastuti

Abstract

Abstract
The research aims to provide a comprehensive picture of the implementation of the West Java Leader's Reading Challenge (WJLRC) through the “sabak percisa” program. It is a qualitative descriptive study. The subjects and sources research are teachers, students, and parents of SDN Perumnas Cisalak. The results of this study include teacher competency upgrading programs through book review activities, teacher and parent exemplary programs for students and children, anti-violence “pohon geulis” program and customizing presentations.
Keywords: literacy, reading challenge, elementary school

Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran secara komprehensif tentang implementasi West Java Leader’s Reading Challenge (WJLRC) melalui program sabak percisa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara lembar observasi, lembar wawancara, dan studi dokumentasi. Sumber data diperoleh dari warga sekolah yaitu guru-guru, siswa, dan orang tua.Subyek penelitian ini adalah guru, siswa dan orangtua siswa SDN Perumnas Cisalak. Hasil penelitian ini berupa: program upgrading kompetensi guru melalui kegiatan reviu buku, program keteladanan guru dan orang tua bagi siswa dan anak, program pohon geulis anti kekerasan dan pembiasaan presentasi.
Kata Kunci : literasi, reading challenge, sekolah dasar

Keywords

west java, leader’s reading challenge

Full Text:

PDF

References

Abdulrahman, Dede. (2016). Sabak Percisa : Membiasakan Presentasi. [online]. From: https://sabakpercisa.blogspot.com/2016/08/iqra.html/

Abdulrahman, Dede. (2017). Rumpaka Percisa (Rumah Pustaka Perumnas Cisalak). [online]. From: http://rumpakapercisa.blogspot.com/p/vudu-abdul-rahman.html

Anita, Anita (2017). Kiprah Alumni : Dawai Warna-warni Sabak Percisa. [online]. From: http://pgsd-tasikmalaya.upi.edu/artikel_kiprah-alumni--dawai-warna-warni-sabak-percisa-_id-284.html

Dalman. (2014). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Desain Induk Gerakan Literasi sekolah. Jakarta: Kemdikbud.

Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat. (2017). Gerakan Literasi Sekolah Melalui Program WJLRC

Dinas Pendidikan Propinsi Jawa barat (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah Melalui West Java Leader’s Reading Challenge (WJLRC). Bandung: Disdik Prop. Jabar.

Isnatun, Siti, dan Farida, Umi. 2013. Mahir Berbahasa Indonesia. Bogor: Yudistira.

Jamaruddin. (2015). Pengawas Sekolah Dilatih Memantau Kemajuan Literasi Sekolah. [on line].From:http://beritamusi.co.id/2016/05/25/pengawas-sekolah-dilatih-memantau- kemajuan-literasi-sekolah/

Kemdikbud. (2015). Peraturan Menteri Pendidikan Nomo 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti.

Miles & Huberman. 2014. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI-PRESS.

OECD. (2014). PISA 2012 Results in Focus What 15-year-olds know and what they can do with what they know. [Online]. Tersedia: https://www.oecd.org/pisa/keyfindings/pisa-2012-results-overview.pdf.

Persada, Nova Mega, Pramono, Suwito Eko Murwatiningsih. (2017). Pelibatan Orang Tua pada Pendidikan Anak di SD Al Farabi Sumber Cirebon. Journal Education Management 6 (2) (2017) 100 - 108

Program for international Student Assessment (PISA). (2009). PISA 2009 Plus Result Performance of 15 – years – old inreading, mathematics, and science for 10 additional participants. [online]. Tersedia : hhtp://nces.ed.gov./survey/pisa.

Slam, Z. (2017). GERAKAN LITERASI SEKOLAH BERBASIS WEST JAVA LEADER’S READING CHALLANGE. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 1(1).

Suharsimi, Arikunto. (2005). Manajemen Penelitian. Jakarta:Rineka Cipta.

Wiedarti, P., Laksono, K., & Retnaningsih, P. (2018). Desain induk gerakan literasi sekolah.

Zulela, M.S. 2014. Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Menulis di Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar, 1 (1), 83-91.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.