Pengaruh Kegemaran Membaca terhadap Keterampilan Menulis Narasi
Abstract
Abstract
The research aims to determine the positive effect on reading fondness with narrative writing skills. It is correlational research. The research subjects are students of class IV A and IV B of Tlajung Udik State Elementary School 01 Gunung Putri Sub-District, Bogor Regency consisting of 44 sample respondents. The results shows that there is an influence of reading fondness on narrative writing skills, indicated by statistical analysis that resulted in a correlation coefficient (rxy) of 0.93. This shows the influence of reading fondness on narrative writing skills, with the determination coefficient (r2) of 0.8649 or 86%. This means that the reading fondness value of narrative writing skills is 86%, through the regression equation Ŷ = (59.6 + 0.74X), and 14% is determined by other factors. It can be concludes that there is a positive and significant effect between reading fondness in narrative writing skills.
Keywords: reading, narrative writing skills
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif terhadap kegemaran membaca dengan keterampilan menulis narasi. Penelitian ini adalah penelitian korelasional. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan IV B Sekolah Dasar Negeri Tlajung Udik 01 Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor yang terdiri dari 44 sampel responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kegemaran membaca terhadap keterampilan menulis narasi, ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan harga koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,93. Ini menunjukkan adanya pengaruh kegemaran membaca terhadap keterampilan menulis narasi, sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0.8649 atau sebesar 86%. Hal ini berarti nilai kegemaran membaca terhadap keterampilan menulis narasi sebesar 86%, melalui persamaan regresi Ŷ = (59,6+0,74X) sisanya 14% ditentukan oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kegemaran membaca terhadap keterampilan menulis narasi.
Kata kunci : membaca, keterampilan menulis narasi
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asri, Tri Mega. 2016. ‘’ Buku Informasional untuk Anak-anak (Informational Books for Children)’’. e-ISSN 2442-5168 Program Pendidikan Vokasi Universitas Brawijaya. Vol 2 No 2.
Dalman, H. 2018. Keterampilan Menulis. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.
Daryanto. 2015. Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrama Widya.
Gorys, Keraf. 2007. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Gustini, Neng.,Rohaniawati, Dede.,Imani, Anugrah. 2016. Budaya Literasi (Model Pengembangan Budaya Baca Tulis Berbasis Kecerdasan Majemuk Melalui Tutor Sebaya). Yogyakarta: Deepublish.
Hanifah, Ifah. 2012. ‘’Korelasi Kegemaran Membaca Cerpen Dengan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas Xi Sma Negeri 3 Kuningan’’. Universitas Kuningan.
Jamaris, Martini. 2014. Kesulitan Belajar Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya. Bogor: Ghalia Indonesia.
Jiwandono, Robid Nahnu. 2012. ‘’Karakteristik Karangan Narasi Siswa Kelas VII SMPN 6 Malang’’. Universitas Negeri Malang.
Nasir, Zulhasril. 2010. Menulis Untuk dibaca. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia
Nurhadi. 2004. Membaca Cepat dan Efektif. Bandung: Sinar Baru.
Rahim, Farida. 2011. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Somadoyo, Samsu. 2011. ‘’Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca’’. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Ilmu.
Suparno dan Yunus. 2006. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: KENCANA.
Sutarno. 2008. Menulis yang Efektif. Jakarta: Sagung Seto
Tarigan, Henry Guntur. 2014. Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.
W, Abigail, Monica. 2015. Belajar Menulis. Surabaya: JP BOOKS.
Zulamri. 2013. ‘’Hubungan Tingkat Kematangan Beragama Remaja Muslim Dengan Kegemaran Membaca’’. UIN Suska Riau
Refbacks
- There are currently no refbacks.