Keefektifan Model Multiliterasi Digital dan Model Kreatif-Produktif pada Pembelajaran Menulis Teks Cerita Fantasi
Abstract
Abstract
The research aims to determine the effectiveness of digital multiliterate models and creative-productive models in learning writing fiction text in seventh grade. The research population is seventh grade students of SMP Negeri 42 Semarang. The sample consists of two groups. The first group is the students of class VII-E using digital multiliterate models and the second group is the students of class VII-D experimental using creative-productive models. The research is a quasi-experimental design with a form of nonequivalent control group design. Based on the results of the t-test using the independent sample t-test in the SPSS 16.0 program, it concludes that there is a significant difference between the average final scores in those groups. The results show that the digital multiliterate model is more effective than the creative productive- model in learning writing fiction text in seventh grade students of junior high school.
Keywords: digital multiliterate model, creative-productive model, fiction text
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model multiliterasi digital dan model kreatif-produktif dalam pembelajaran menulis teks cerita fantasi pada peserta didik kelas VII SMP. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 42 Semarang. Sampel penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII-E kelompok eksperimen 1 menggunakan model multiliterasi digital dan VII-D kelompok eksperimen 2 menggunakan model kreatif-produktif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Berdasarkan hasil uji-t menggunakan uji independent sample t-test pada program SPSS 16.0 dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai akhir pada kelas eksperimen 1 dengan kelas eksperimen 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model multiliterasi digital lebih efektif dibandingkan dengan model kreatif-produktif dalam pembelajaran menulis teks cerita fantasi pada peserta didik kelas VII SMP.
Kata Kunci: model multiliterasi digital, model kreatif-produktif, teks cerita fantasi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Yunus. 2015. Pembelajaran Multiliterasi. Bandung : Refika Aditama.
Ayuningrum, Syamzah. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Aspek Keterampilan Berbahasa Melalui Model Pembelajaran Kreatif Produktif di SMK Islam Pb. Soedirman 1. 8(2): 351-372. Jurnal Visipena.
http://visipena.stkipgetsempena.ac.id/home/article/download/186/175
Dafit, Febrina. 2017. Keefektifan Kemampuan Menulis Kreatif Siswa SD Dengan Model Pembelajaran Multiliterasi. 5(1): 49-57. GERAM (Gerakan Aktif Menulis) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau.
http://journal.uir.ac.id/index.php/geram/article/view/418
Harsiati. 2016. Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.
Kosasih, E. 2018. Jenis-jenis Teks Fungsi, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP/MTs. Bandung: Yrama Widya.
Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Maryam. 2016. Pengelolaan Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa SD Melalui Teknik Rekat Cerita Gambar. 10(2): 179-186. Jurnal Manajer Pendidikan. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/article/download/1254/1049
Mayangsari, Anita Nur dan Dyah Woroharsi, 2015. Tokoh Protagonis dan Antagonis Penyihir dalam Cerita Fantasi Marchenmond Karya Hohlbein. 4(1): 59-64. Identitat Jurnal Bahasa dan Sastra Jerman Universitas Negeri Surabaya. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/identitaet/article/view/11040
Munir. 2017. Pembelajaran Digital. Bandung: Alfabeta.
Pratiwi, Dini Restiyanti. 2017. Implementasi Pembelajaran Karakter Melalui Integrasi Multiliterasi Digital Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Artikel Ilmiah The 1st International Conference on Language, Literature and Teaching.
https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/8907/i8.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Santosa, Made Hery. 2007. Pemanfaatan Blog (Jurnal Online) dalam Pembelajaran Menulis. Artikel Ilmiah.
http://blog.umy.ac.id/topik/files/2012/01/contoh-jurnal-pendidikan-pemanfaatan-blog.pdf
Sulaiman, Shahirah, Nurul Khadijah Mohamad, Nur Safura Ab Ghaffar, dan Mohamed Akhiruddin Ibrahim. 2017. Penggunaan Bahan Multiliterasi Semasa Sesi Pembelajaran yang Berintegrasikan Ilmu Naqli dan Aqli di Kalangan Pelajar Tahmidi USIM. 6(2): 1-12. Al-Qanatir: International Journal of Islamic Studies.
https://al-qanatir.com/index.php/qanatir/article/view/58
Surif, Fitri Diana Wulansari, dan Sri Fatmawati. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kreatif Produktif dalam Pembelajaran Fisika Materi Gaya. 3(1): 1-16. EduSains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika. http://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/edusains/article/view/250
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Porgresif. Jakarta: Bumi Aksara.
Wena, Made. 2010. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual dan Operasional. Jakarta: Bumi aksara.