Penerapan Project Based Learning dalam Mata Kuliah Penelitian Tindakan Kelas
Abstract
Abstract
The research aims to improve students' ability in writing paper in the Classroom Action Research (CAR) subject using Project-Based Learning (PBL). The research subjects are the students of Elementary School Training Teacher in the First Semester of Academic Year 2018/2019. It is Classroom Action Research collaboratively. Data collection techniques use qualitative descriptive analysis techniques. The results show that the PBL model can improve the ability in writing papers. The first cycle is 61.87%, the second cycle is 83.03%, and third cycle is 87%. It concludes that the students have ability in writing CAR with the rules listed in the research indicators and PBL is as an alternative method for delivering CAR subject to the students.
Keywords: project-based learning, classroom action research, writing ability
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis karya ilmiah mahasiswa pada mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas menggunakan Project Based Learning (PBL) pada Mahasiswa PGSD Semester Ganjil Tahun Akademik 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) secara kolaboratif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif..Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL dapat meningkatkan kemampuan menulis karya ilmiah. Peningkatan tersebut pada siklus 1 sebesar 61,87%, Siklus 2 sebesar 83,03% dan Siklus 3 sebesar 87%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, Implikasi penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mampu untuk menulis PTK sesuai dengan kaidah-kaidah PTK yang tercantum dalam indicator penelitian dan sebagai alternative metode untuk menyampaikan perkuliahan PTK pada Mahasiswa Prodi PGSD.
Kata kunci: project based learning, penelitian tindakan kelas, kemampuan menulis
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azril Azahari. 2013. Teknik Penulisan Karya Ilmiah: UT: Jakarta
Chrisnaji Banindra Yudha. 2018. Peningkatan Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Konsep Dasar Matematika Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning. Jurnal Pendidikan Dasar Volume 9, Nomor 1, 2018, Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta
Dalman. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Dwiyanto Djoko Pranowo. 2005. Peningkatan Motivasi Menulis melalui Penilaian yang Berkeadilan. Makalah disampaikan dalam seminar nasional PIBSI XXVII, 27-28 September 2005, Jur. PBSI FBS UNY.
Dyah Anungrat Herzamzam.2018. The Effectiveness Of Educational Games In Math Learning In Elementary School. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik 2 (2) (2018) 21-25.
I Ketut Turyantara. 2013. Penerapan model pembelajaran berbasis proyek Untuk meningkatkan aktivitas dan tercapainya Ketuntasan hasil belajar menulis karya ilmiah Siswa kelas XI IPS 1 SMA Saraswati Seririt. Singaraja: Undiksha.
Made Wena. 2009. Strategi pembelajaran inovatif kontemporer: suatu tinjauan konseptual operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Miller, A. 2012. PBL and standardized tests? it can work! Diakses pada 28 Juni 2019. dari: http://www.edutopia. org/blog/PBL-andstandardizedtests-andrewmiller
Muh. Rais. 2010. Project based learning: Inovasi pembelajaran yang berorientasi soft skills. Makalan disajikan sebagai Makalah Pendamping dalam Seminar Nasional Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya Tahun 2010. Surabaya: Unesa.
Nanang Hanafiah & Cucu Suhana. 2009. Konsep strategi pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama.
Neumont University.2006.Project Based Learning. Diakses pada Tanggal 28 Juni 2019 dari http://www.neumont.edu/future-students/bachelor-project-basedlearning.html
Roessingh, H. & Chambers, W. 2011. Project-based learning and pedagogy in teacher preparation: staking out the theoretical MidGround.International Journal of Teaching and Learning in Higher Education,Volume 23 (1).
Samanthis, A. & Sulistyo, E. 2014. Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model Project based learning pada Standar Kompetensi memperbaiki Radio Penerima di SMKN 3 Surabaya.
Tarigan, H.G. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
The George Lucas Educational Foundation.2005.Instructional Module Project Based Learning. Diakses pada Tanggal 28 Juni 2019 darihttp://www.edutopia.org/modules/PBL/whatpbl.php
Trianto Ibnu Badar Al-Tabani. 2014. Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.
Wajdi .2014. Implementasi project based learning. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Volume 03, (01), Tahun 2014.
Widoyoko, E.P. 2011. Teknik penyusunan instrumen pendidikan. Yogyakarta: pustaka pelajar.
Refbacks
- There are currently no refbacks.