Penggunaan Metode Inside Outside Circle untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS

Paradika Angganing

Abstract

Abstract
The research aims to improve learning outcomes of social science studies using inside outside circle method. It is classroom action research (CAR). The research subjects are 16 students. Data analysis techniques use comparative descriptive statistical analysis techniques. The data collection technique uses tests, observation and documentation, while the validation technique uses data triangulation techniques. The results show that the percentage of mastery learning increases each cycle. In the first cycle, the percentage of mastery learning reaches 75% or 12 students pass the mastery learning and 25% or 4 students fail the mastery learning. In the second cycle, the percentage of mastery learning increases to reach 87.50% or 14 students pass the mastery learning and 12.50% or 2 students fail the mastery learning. It concludes that inside outside circle method can solve the problems of social science in primary school.
Keywords: inside outside circle metods, mastery learning, social science studies

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS menggunakan metode inside outside circle. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan jumlah subyek sebanyak 16 anak. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskiptif komparatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik validasi menggunakan teknik trianggulasi data. Hasil penelitian menunjukkan persentase ketuntasan juga mengalami peningkatan tiap siklus. Persentase ketuntasan belajar siklus Imencapai 75% atau 12 siswa yang mendapat nilai tuntas dan 25% atau 4siswa yang belum mendapat nilai tuntas. Pada siklus II persentaseketuntasan siswa meningkat hingga mencapai 87,50% atau 14 siswa yangmendapat nilai tuntas dan 12,50% atau 2 siswa yang belum mendapatnilai tuntas. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa metode inside outside circle dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalah dalam pembelajaran IPS di sekolah Dasar
Kata kunci: metode outside inside circle, hasil belajar, IPS

Keywords

metode outside inside circle, hasil belajar, IPS

Full Text:

PDF

References

Azhary, M.A.Y.A, dkk. (2013). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Inside outside Circle Untuk Meningkatkan Hasil BelajarApresiasi Dongeng Siswa Kelas Viic Mtsn Juwet Ngronggot Nganjuk. JPBSI Online, Volume 1, Nomor 1, April 2013. [diakses 05-03-2016]

Helmawati. (2016). Pendidikan Keluarga. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru Dan Siswa. Bandung : PTRemaja Rosdakarya.

Lie, Anita. (2014). Cooperative Learning (Mempraktikkan Cooperative Learning Di Ruang-ruang Kelas). Jakarta: Grasindo

Rahmalika, Pande, dkk. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle Dengan Time Berbantuan Multimedia Terhadap Hasil Belajar

Ipa Kelas V Gugus 2 Denpasar Timur. e-Journal MIMBAR PGSD

Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD (Vol. 2 No. 1 Tahun 2014). [diakses 05-03-2016]

Refbacks

  • There are currently no refbacks.