PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASISSTED INDIVIDUALIZATION DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 LOA JANAN KUTAI KARTANEGARA

Mardiani Mardiani, Elsje Maasawet, Aloysius Hardoko

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa  yang  mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Team Assisted Individualization  menggunakan Media  Audiovisual dan siswa  kelas kontrol yang mengikuti  pembelajaran konvensional pada siswa kelas X di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain penelitian ”pre test post test  control group design”. Populasi penelitian adalah  siswa kelas X di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara  , dengan sampel 25 orang siswa kelas X IPA 1  sebagai kelas  perlakuan dan 25 orang siswa kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Metode dalam penelitian ini yaitu tes. Data yang didapatkan dari metode tes dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan statistik dengan rumus Gain Score. Hasil penelitian kemampuan berpikir kritis pada kelas perlakuan dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,74 sedangkan rata-rata skor N-Gain  pada kelas konvensional sebesar  0,54.  Pengujian hipotesis menggunakan Gain Score menunjukkan kemampuan berpikir kritis pada kelas perlakuan lebih tinggi daripada kemampuan berpikir kritis siswa kelas kontrol. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization dengan Media Audiovisual berpengaruh   terhadap kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Loa janan Kutai Kartanegara.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.