PEMBELAJARAN IPA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR

Umi Zuhripah

Abstract

Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan motivasi belajar siswa kelas VI pada materi listrik melalui metode inkuiri termbimbing. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI di SDN 02 Kuwayuhan Kebumen. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes, lembar angket, dan lebar observasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menghasilkan bahwa: 1) terdapat peningkatan keterampilan proses sains dengan nilai rata-rata pada siklus I adalah 67,5 dan pada siklus II sebesar 83; 2) Peningkatan keterampilan proses sains menunjukkan kategori tinggi/sangat baik dengan rerata nilai N-Gain 0,75; 3) Terdapat peningkatan motivasi belajar siswa dengan nilai skor rata-rata pada siklus I adalah 35,5 dan pada siklus II sebesar 126; 4) Peningkatan motivasi belajar menunjukkan kategori  tinggi/baik dengan rerata nilai N-Gain 0,8

Keywords

inkuiri terbimbing, keterampilan proses sains, motivasi belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.