INOVASI ALAT PERAGA “BELKONSU” DALAM PEMBELAJARAN SUHU DAN PERUBAHANNYA DI SMP NEGERI 2 BLORA

Purwanti Indra Tjahyani

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimanakah imeplementasi “BELKONSU” dan mengetahui dampaknya terhadap  peningkatan hasil  belajar peserta didik. “BELKONSU” berupa alat peraga tiga dimensi  yang dominan terbuat dari kayu panjang 50 cm, lebar  5 cm dan tinggi  115 cm, di dalamnya terdapat   skala termometer  Celsius, Reamur, Fahrenheit dan Kelvin. “BELKONSU” mempunyai karakteristik mudah dibuat, mudah diduplikasi, murah, dan aman. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan mengimplementasikan “BELKONSU” dalam proses pembelajaran Suhu dan Perubahannya. Teknik pengambilan data menggunakan tes tertulis, unjuk kerja dan observasi penilaian sikap. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa “BELKONSU” mempunyai keunggulan mengatasi miskonsepi materi suhu dan mengkonversi skala suhu dengan cepat, tepat dan akurat sehingga berdampak pada  peningkatan hasil belajar aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap ilmiah peserta didik dalam pembelajaran  Suhu dan Perubahannya Hal ini dikutikan dengan hasil belajar ulangan harian meningkat dari rata-rata 68,8 menjadi  88,45, unjuk kerja dari 76,8% menjadi 92,93%, sedangkan penilain sikap dari 70.71% menjadi 95.96

Full Text:

PDF

References

Sudjana, Nana. (2011). Dasar – dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung:Sinar Baru Algensindo.

Sudjana, Nana. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Soelarko, R.M. (1995). Media Pendidikan. Jakarta:Raja Grafindo Persada.

Undang –undang No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wartono, dkk. (2004). Saind. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.