PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) DENGAN MEDIA ULAR TANGGA TERHADAP SIKAP SOSIAL SISWA DI SMA NEGERI 10 SAMARINDA

Juliani Juliani, Elsje Theodora Maasawet, Daniel Daniel

Abstract

Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian eksperimen dengan desain Solomon Four Group Design, yang dilakukan terhadap siswa kelas 10 di SMA Negeri 10 Samarinda. Tujuan penelitian adalah Menganalisis pengaruh sikap sosial siswa pada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournaments (TGT) dengan media ular tangga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh sikap sosial siswa pada kelompok yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournaments (TGT) dengan media ular tangga yaitu lebih tinggi dibanding dengan kelompok lain yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournaments (TGT) dengan media ular tangga. Hasil uji independent sample t test  dengan nilai Sig atau ( = 0,05 ≥ Sig) nilai t hitung pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol lebih besar nilainya. sehingga hipotesis awal (H0) ditolak dan hipotesis penelitian (Ha) diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan sikap sosial siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournaments (TGT) dengan media ular tangga dengan yang tidak diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournaments (TGT) dengan media ular tangga.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.