PENGEMBANGAN SOCIAL SKILL SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI TEKNIK PEMBELAJARAN VCT (VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE)

Putri Rachmadyanti, Rochani Rochani

Abstract

Abstrak :

Pendidikan Dasar memegang peranan kuat dalam memberikan pondasi kognitif, afektif dan psikomotor bagi siswa. Domain- domain tersebut akan mengantarkan siswa untuk hidup dan berkembang di masyarakat. Namun, kenyataannya beberapa kasus pembelajaran masih menganggap aspek kognitif yang paling utama dikembangkan di Sekolah Dasar, dan kurang mengembangkan kepekaan atau keterampilan sosial siswa. Padahal keterampilan sosial merupakan keterampilan dalam bermasyarakat, karena didalamnya mengisyaratkan tentang nilai- nilai dan norma yang ada di masyarakat. Salah satu pembelajaran sikap dan nilai yang dapat dilakukan adalah mellui teknik klarifikasi nilai ( VCT). Melalui VCT ini diharapkan dapat mengukur kesdaran siswa akan nilai yang ada di masyarakat. Selain itu, melalui VCT guru dapat membantu siswa untuk mengungkapkan perasaanya melalui dialog secara terbuka dan bebas.

 

Kata kunci: VCT, keterampilan sosial, siswa, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.