PENERAPAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa IPA karena lebih dominan berorientasi pada produk dan bukan pada proses. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V dengan menerapkan model penemuan terbimbing. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian berbentuk siklus yang terdiri dari empat tahap meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan secara observasi dan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar IPA kelas V SD Negeri 10 Metro Timur meningkat pada persentase ketuntasan hasil belajar dari siklus I sebesar 63,33% menjadi 86,67% pada siklus II
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.