IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SD BERBASIS BUDAYA DI YOGYAKARTA

Dinar Martia Azizah, Anesa Surya

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, penilaian, dan hambatan pembelajaran bahasa Inggris SD berbasis budaya di Yogyakarta. Hasil penelitian diharapkan menjadi bahan kajian untuk mengembangkan kebijakan pendidikan berbasis budaya di SD.Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus. Subjek penelitian meliputi 5 SD Negeri berbasis budaya di Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara semiterstruktur, dan dokumentasi. Teknik analisis data mengacu pada teknik analisis data Milles dan Huberman (2014). Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi metode dan sumber.Hasil penelitian menunjukkan bahwa silabus dan RPP yang digunakan kurang menunjukkan adanya integrasi budaya. Indikator dan tujuan pembelajaran masih bersifat umum. Integrasi budaya yang paling sering ditemukan dalam pembelajaran adalah penanaman nilai luhur. Hal tersebut dilakukan guru melalui contoh kalimat, teks, dialog, serta pembiasaan perilaku yang mencerminkan nilai luhur. Unsur budaya artefak dan adat istiadat tidak banyak ditemukan selama proses pembelajaran. Guru telah memahami hakikat penilaian berbasis budaya, namun belum menggunakan format penilaian yang sesuai dengan buku pedoman. Hambatan yang guru temukan dalam pembelajaran antara lain kurang meratanya bimbingan teknis pendidikan berbasis budaya, belum dicantumkannya contoh integrasi budaya dalam pembelajaran di buku pedoman, belum tersedianya buku teks dan media pembelajaran bahasa Inggris berbasis budaya, serta minimnya anggaran sekolah untuk menunjang pembelajaran bahasa Inggris

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.