Pengembangan media pembelajaran digital geografi berbasis articulate storyline pada materi siklus hidrologi
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran digital berbasis Articulate Storyline yang dapat mendukung gaya belajar kinestetik dan memberikan rekomendasi praktis bagi guru. Penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan mo-del ADDIE, yang meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Media hasil pengembangan memuat empat sub-materi siklus hidrologi, dilengkapi kuis interaktif, proyek eksperimen sederhana, serta sumber referensi yang dapat diakses melalui komputer maupun smartphone. Hasil validasi ahli media memperoleh nilai 81,5% dan ahli materi memperoleh nilai 93,3%, keduanya dinilai layak. Tanggapan guru terhadap media memperoleh nilai 88,5%, menunjukkan media ini layak digunakan. Uji coba terbatas dengan sepuluh siswa meng-hasilkan 89,2%, dan uji coba lapangan utama dengan 33 siswa memperoleh nilai 89,5%, dimana kedua uji coba tersebut termasuk kategori sangat efisien. Media yang dikembangkan terbukti mendukung keterlibatan aktif siswa, sesuai dengan gaya belajar kinestetik, dan memberikan referensi praktis bagi guru, sehingga dapat menjadi alternatif pembelajaran yang relevan dan menjadi inovasi yang berorientasi pada peningkatan kualitas pendidikan geografi di sekolah.
Development of articulate storyline-based digital geography learning media on hydrological cycle material
Abstract: This study aims to develop digital learning media based on Articulate Storyline that supports kinesthetic learning styles and provides practical recommendations for teachers. The research uses the Research and Development (R&D) method with the ADDIE model. Which includes analysis, design, development, implementation, and evaluation. The developed media comprises four hydrological cycle subtopics, interactive quizzes, a simple experiment, and reference sources accessible via computers and smartphones. Media validation by experts resulted in scores of 81,5% from media experts and 93,3% form subject matter experts, both deemed suitable for use. Teacher feedback showed a score if 88,5%, indicating that the media is feasible for use. A limited trial with ten students resulted in an efficiency scire of 89,2%, while the main filed trial with 33 students achieved an efficiency score of 89,5%, both categorized as highly efficient. The developed media effectively supports active student engagement in line with kinesthetic learning styles, provides practical guidance for teachers, and can serve as an alternative leaning tool.
Keywords
Full Text:
Fulltext PDFReferences
Aror, S. I. E., & Listiani, T. (2024). Kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan contextual teaching and learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(3), 503–520. https://doi.org/10.31980/plusminus.v4i3.1461
Baskoro, B., Soelistijo, D., & Putra, A. K. (2021). Pengembangan multimedia articulate storyline sebagai media pembelajaran struktur keruangan dan interaksi desa kota. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1(9), 980–987. https://doi.org/10.17977/um063vi192021p980-987
Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach. In Digital Learning: The Key Concepts. Springer New York Dordrecht Heidelberg London. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6
Dewi, K., Sumarmi, & Putra, A. K. (2021). Pengembangan bahan ajar digital berbasis STEM dengan pendekatan eco-spatial behavior materi kependudukan. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 7(2), 92–102. https://doi.org/10.18860/jpips.v7i2.11960
Ginting, D. A., Sudarma, I. K., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2021). Multimedia interaktif berbasis pendekatan kontekstual pada pembelajaran tematik untuk siswa kelas III sekolah dasar. Indonesian Journal of Instruction, 2(3), 133–143. https://doi.org/10.23887/iji.v2i3.50951
Kusniawati, S., & Subayani, N. W. (2023). Pengembangan media diosidro (diorama siklus hidrologi) pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 272 Wadeng. Journal on Education, 5(3), 10223–10237. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1917
Luvita, E., Butar-Butar, B., & Arif, M. (2024). Pengembangan media pembelajaran geografi menggunakan articulate storyline pada materi atmosfer kelas X Merdeka 2 di SMA Negeri 1 Tanjung Morawa T.A 2023/2024. GOVERNANCE: Jurnal Ilmiah Kajian Politik Lokal Dan Pembangunan, 10(4).
Mamase, R. (2019). Pemanfaatan visual animasi sebagai media interaktif untuk meningkatkan minat belajar. Jurnal Abdimas Gorontalo (JAG), 2(2), 88–94. https://doi.org/10.30869/jag.v2i2.370
Marhamah, S.M., & Asdi, Y. (2016). Studi prestasi mahasiswa dengan analisis statistika deskriptif (studi kasus: mahasiswa program studi matematika FMIPA Universitas Andalas Tahun 2009-2011). Jurnal Matematika UNAND, 5(4), 36. https://doi.org/10.25077/jmu.5.4.36-44.2016
Mira, Sabilah, A., Farhan, A., Wahyudi, S., & Lubis, A. (2022). Pengaruh media power point terhadap hasil belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Elementary, 5(1), 41–44. https://doi.org/10.31764/elementary.v5i1.6469
Muddasir, S., Taher, A., & Abdi, A. W. (2018). Penerapan model pembelajaran aktif tipe project based learning berbantuan media google earth untuk meningkatkan hasil belajar IPS terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah, 3(4), 233–244.
Mukti, S. Hamdallah, Akhyar, M., & Musadad, A. A. (2024). Bahan ajar elektronik (Booktik) batik tulis Trenggalek berbasis android sebagai inovasi pembelajaran sejarah lokal SMA di Kabupaten Trenggalek. DWIJA CENDEKIA Jurnal Riset Pedagogik, 8(3), 458–471. https://doi.org/10.20961/jdc.v8i3.92752
Nabilah, C. H., Sesrita, A., & Suherman, I. (2020). Development of learning media based on articulate storyline. Indonesian Journal of Applied Research (IJAR), 1(2), 80–85. https://doi.org/10.30997/ijar.v1i2.54
Nikmah, N. H., & Rahmawati, F. P. (2022). Analisis kebutuhan pengembangan media digital interaktif berbasis Powerpoint pada pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5251–5258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2928
Norsidi, N., Suwarno, A., & Munna, A. S. (2024). Geography interactive learning media based on the Articulate Storyline 3 application to improve learning outcomes in senior high school. Jambura Geo Education Journal, 5(1), 10–22. https://doi.org/10.37905/jgej.v5i1.23164
Nurmarwaa, S., Raraningrum, A. O., Wardani, S. I., & Setiaji, B. (2022). Articulate Storyline 3 sebagai media pembelajaran interaktif di masa pandemi Covid-19 untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa sma pada hukum kekekalan momentum: Uji kelayakan a feasibility test. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 10(1), 35–42. https://doi.org/10.21831/jpms.v10i1.42084
Nusabangsa, I. M. H., Wirata, G., & Astawa, I. W. (2023). Analisis efektivitas badan usaha milik desa dalam meningkatkan pendapatan asli desa di Gulingan Kecamatan Mengwi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 23287–23294. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.10294
Paramita, N. M. N. W., Lasmawan, I. W., & Kertih, I. W. (2025). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis web dengan genially materi karakteristik geografi indonesia kelas V sekolah dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 148–152. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6537
Permata, R. D., Yuliasari, U., & Ekayati, I.A.S. (2022). Pengembangan media pembelajaran kiddy learning binder untuk meningkatkan perkembangan bahasa pada anak usia dini. IJEC: Indonesian Journal of Early Childhood, 4(2), 433–440. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i2.1649
Putra, A. K., Sumarmi, S., Handoyo, B., Purwanto, P., & Islam, M. N. (2021). Pengembangan virtual field trips berbasis Geospatial Technology: Peningkatan kompetensi TPACK guru melalui GeoEdu Workshop. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 1(12), 1354–1363. https://doi.org/10.17977/um063
Putri, D. A. H., Ardi, A., Alberida, H., & Yogica, R. (2021). Validitas media pembelajaran e-learning berbasis edmodo pada materi sel untuk peserta didik kelas XI SMA/MA. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 230–237. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.34443
Putri, R. A. (2023). Pengaruh teknologi dalam perubahan pembelajaran di era digital. Journal of Computers and Digital Business, 2(3), 105–111. https://doi.org/10.56427/jcbd.v2i3.233
Raharja, A. M., & Suharto, Y. (2024). Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality pada pembelajaran geografi materi siklus hidrologi kelas X SMA. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(3), 47–57. https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta
Ramadhani, A. V., Afsarini, A., Tondang, B., Tarisya, D., & Manalu, R. Y. B. (2024). Upaya mengatasi problematika guru dalam menerapkan media pembelajaran di SD Negeri 060863. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(3), 8. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i3.526
Ridhwan, R., & Sari, R. M. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif articulate storyline pada materi penginderaan jauh. Jurnal Kajian Ilmu Dan Pendidikan Geografi, 05(02).
Rivaldi, C. F., Sahrina, A., Rosyida, F., & Wiwoho, B. S. (2024). Pengaruh guided discovery learning berbantuan media articulate storyline terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran geografi. Jurnal Praksis Dan Dedikasi Sosial (JPDS), 7(1), 26. https://doi.org/10.17977/um032v7i1p26-37
Romdona, S., Junista, S. S., & Gunawan, A. (2025). Teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, dan kuesioner. JISOSEPOL: Jurnal Ilmu Sosial Ekonomi Dan Politik, 3(1), 39–47. https://doi.org/10.61787/taceee75
Safitri, W. S., Soekamto, H., Irawan, L. Y., Sumarmi, S., & Pertiwi, E. (2023). Pembelajaran digital geografi melalui articulate storyline pada materi mitigasi bencana longsor. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 3(3), 253–266. https://doi.org/10.17977/um063v3i32023p253-266
Sari, R. M., Sumarmi, S., Astina, I. K., Utomo, D. H., & Ridhwan, R. (2021). Increasing students critical thinking skills and learning motivation using inquiry mind map. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 16(3), 4–19. https://doi.org/10.3991/ijet.v16i03.16515
Sevtia, A. F., Taufik, M., & Doyan, A. (2022). Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis google sites untuk meningkatkan kemampuan penguasaan konsep dan berpikir kritis peserta didik SMA. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1167–1173. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.743
Shirole, R. L., Shirole, N. L., & Saraf, M. N. (2015). In vitro relaxant and spasmolytic effects of essential oil of Pistacia integerrima Stewart ex Brandis Galls. Journal of Ethnopharmacology, 168, 61–65. https://doi.org/10.1016/j.jep.2015.02.001
Sumarmi, S., Bachri, S., Irawan, L. Y., Aliman, M., & Ahmad, W. I. W. (2021). Project-based research learning (PBRL) integrated with e-learning in projects completion. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 16(7), 16–31. https://doi.org/10.3991/ijet.v16i07.21193
Surwantini, E. (2015). Efektivitas penggunaan media visual terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar siswa kelas III SD Gugus 01 Imogiri, Bantul. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 8(2), 54–67. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v8i2.8273
Susanti, E., Halimah, M., Harta, R., & Ari, K. (2018). Desain video pembelajaran yang efektif pada pendidikan jarak jauh: studi di Universitas Terbuka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(2), 167–185. https://doi.org/10.24832/jpnk.v3i2.929
Sutriani, E., & Octaviani, R. (2019). Topik: analisis data dan pengecekan keabsahan data. In INA-Rxiv. https://doi.org/10.31227/osf.io/47byz
Taherdoost, H. (2021). Data collection methods and tools for research; a step-by-step guide to choose data collection technique for academic and business research projects Hamed Taherdoost. International Journal of Academic Research in Management (IJARM), 2021(1), 10–38. https://hal.science/hal-03741847
Ummah, D. N., & Nadlir, N. (2023). Kurikulum merdeka dan integrasi media pembelajaran berbasis digital pada jenjang sekolah dasar. Elementeris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 26–38. https://doi.org/10.33474/elementeris.v5i1.18907
Yuliasih, F., & Sarwi, S. (2020). Instrumen penilaian berbasis keterampilan abad ke-21 untuk mengukur kemampuan literasi sains siswa SMA Fannie. Unnes Physics Education Journal, 9(3), 320–330. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej/article/view/45876
Zulhijrah, Z., Saputri, H. A., Hulkin, M., Larasati, N. J., & Prastowo, A. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Pendekatan Project Based Learning (PjBL) dalam pelaksanaan pembelajaran siswa di sekolah dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(2), 719–732. https://doi.org/10.35931/am.v8i2.3459
Refbacks
- There are currently no refbacks.


