Pengembangan media pembelajaran digital geografi berbasis articulate storyline pada materi siklus hidrologi

Sumayya El Ghuraba, Sumarmi Sumarmi

Abstract

Abstrak: Pembelajaran geografi pada materi siklus hidrologi masih banyak menggunakan metode ceramah dengan media PPT yang kurang mendukung variasi belajar siswa terutama gaya belajar kinestetik. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran digital berbasis Articulate Storyline yang dapat mendukung gaya belajar kinestetik dan memberikan rekomendasi praktis bagi guru. Penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE, yang meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan eva-luasi. Media hasil pengembangan memuat empat submateri siklus hidrologi, dilengkapi kuis interaktif, proyek eksperimen sederhana, serta sumber referensi yang dapat diakses melalui komputer maupun smartphone. Hasil validasi ahli media memperoleh nilai 81,5% dan ahli materi memperoleh nilai 93,3%, keduanya dinilai layak. Tanggapan guru terhadap media memperoleh nilai 88,5%, menunjukkan media ini layak digunakan. Uji coba terbatas dengan sepuluh siswa menghasilkan 89,2%, dan uji coba lapangan utama dengan 33 siswa memperoleh nilai 89,5%, dimana kedua uji coba tersebut termasuk kategori sangat efisien. Media yang dikembangkan terbukti mendukung keterlibatan aktif siswa, sesuai dengan gaya belajar kinestetik, dan memberikan referensi praktis bagi guru, sehingga dapat menjadi alternatif pembelajaran yang relevan dan menjadi inovasi yang berorientasi pada peningkatan kualitas pendidikan geografi di sekolah.

 

Development of articulate storyline-based digital geography learning media on hydrological cycle material

 

Abstract: Geography learning on the hydrological cycle cycle still predominantly relies on conventional methods, which lack support for diverse learning styles, particularly kinesthetic learning. This study aims to develop digital learning media based on Articulate Storyline that supports kinesthetic learning styles and provides practical recommendations for teachers. The research uses the Research and Development (R&D) method with the ADDIE model. Which includes analysis, design, development, implementation, and evaluation. The developed media comprises four hydrological cycle subtopics, interactive quizzes, a simple experiment, and reference sources accessible via computers and smartphones. Media validation by experts resulted in scores of 81,5% from media experts and 93,3% form subject matter experts, both deemed suitable for use. Teacher feedback showed a score if 88,5%, indicating that the media is feasible for use. A limited trial with ten students resulted in an efficiency scire of 89,2%, while the main filed trial with 33 students achieved an efficiency score of 89,5%, both categorized as highly efficient. The developed media effectively supports active student engagement in line with kinesthetic learning styles, provides practical guidance for teachers, and can serve as an alternative leaning tool. 

Keywords

Media Pembelajaran; Articulate Storyline; Siklus Hidrologi; Geografi

Refbacks

  • There are currently no refbacks.