PEMBELAJARAN BERBASIS ICT RELIGI MODEL ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER DAN PRESTASI BELAJAR LISTRIK DINAMIS PADA PESERTA DIDIK SMA NEGERI 8 SURAKARTA
Abstract
Tujuan penelitian tindakan ini untuk memperbaiki proses pembelajaran fisika dan untuk meningkatkan
karakter: religius, jujur, disiplin, cinta tanah air dan peduli sosial serta prestasi belajar fisika kompetensi
listrik dinamis. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 8 Surakarta tahun 2012/2013 semester 2 dengan
subjek penelitian kelas X 7. Pembelajaran berbasis ICT religi model animasi dengan metode demonstrasi
dan penugasan. Hasil penelitian menunjukkan perubahan lebih baik pada aktivitas belajar dalam hal:
kedisiplinan, belajar berpusat pada siswa, ketertiban dalam pembelajaran, tanggung jawab, kejujuran,
kerjasama yang baik. Perubahan aktivitas belajar mengefektifkan difusi inkulkasi dan keterampilan asertif
dari bahan ajar berbasis ICT religi, sehingga karakter menjadi lebih baik. Perubahan karakter
meningkatkan kemampuan berpikir yang dimanifestasikan perilaku lebih santun, dan prestasi belajar lebih
baik secara induvidual dan klasikal. Data prestasi belajar predikat baik, ketuntasan belajar, dan koefisien
varian, berturut-turut pada prasiklus: 15%, 59%, dan 15%, meningkat pada siklus 1 menjadi: 33%, 78%,
dan 14%, meningkat lagi pada siklus 2 menjadi 85%, 96%, dan 9%.
Kata kunci: ICT Religi; Animasi; Karakter: Prestasi Belajar.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.