PEMBELAJARAN KIMIA MENGGUNAKAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) DENGAN MEDIA ANIMASI BERBASIS FLASH DAN VIDEO INTERAKTIF DITINJAU DARI KEMAMPUAN MEMORI DAN KREATIVITAS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh penggunaan media animasi berbasis flash dan
video interaktif pada model pembelajaran TGT, kemampuan memori, kreativitas, dan interaksinya terhadap
prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan model eksperimen, dilakukan di SMK Negeri 2 Sukoharjo
tahun Pelajaran 2012/2013. Dalam penelitian ini sampel dipilih secara cluster random sampling. Kelas
eksperimen I menggunakan model pembelajaran TGT dengan media animasi berbasis flash dan kelas
eksperimen II menggunakan media video interaktif. Uji hipotesis menggunakan uji nonparametrik yaitu uji
Kruskal-Wallis. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1). ada pengaruh penggunaan model TGT melalui
media animasi berbasis flash dan video interaktif terhadap prestasi belajar siswa, (2). tidak ada pengaruh
kemampuan memori tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar siswa, (3). tidak ada pengaruh kreativitas
tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar siswa, (4). ada interaksi antara media pembelajaran TGT dengan
kemampuan memori terhadap prestasi belajar siswa, (5). ada interaksi antara media pembelajaran TGT
dengan kreativitas terhadap prestasi belajar siswa, (6). tidak ada interaksi antara kemampuan memori dengan
kreativitas terhadap prestasi belajar siswa, (7). ada interaksi antara media pembelajaran TGT, kemampuan
memori, dan kreativitas terhadap prestasi belajar siswa.
Kata kunci: prestasi belajar, eksperimen, uji non parametrik, lambang unsur, tata nama senyawa.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.