PEMBELAJARAN BIOLOGI MENGGUNAKAN MODEL ACCELERATED LEARNING MELALUI CONCEPT MAPPING DAN MIND MAPPING DITINJAU DARI KREATIVITAS DAN KEMAMPUAN VERBAL SISWA

Lina Artuty Widyasari, Sarwanto Pratama, Baskoro Adi Prayitno

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan model accelerated learning melalui concept mapping dan
mind mapping, kreativitas, kemampuan verbal, dan interaksinya terhadap prestasi belajar biologi. Penelitian
menggunakan metode kuasi eksperimen. Populasinya semua siswa kelas XI IPA SMA N 3 Sukoharjo tahun
ajaran 2012/2013 yang berjumlah 4 kelas. Sampel sebanyak 2 kelas diperoleh dengan teknik purposive sampling.
Kelas pertama untuk model accelerated learning melalui concept mapping, kelas kedua untuk model
accelerated learning melalui mind mapping. Teknik pengumpulan data prestasi belajar kognitif, psikomotor,
kreativitas, dan kemampuan verbal menggunakan metode tes, sedangkan data afektif menggunakan angket. Uji
hipotesis penelitian menggunakan analisis variansi tiga jalan dengan desain faktorial 2x2x2. Hasil penelitian
menunjukkan: 1) ada pengaruh pembelajaran biologi menggunakan model accelerated learning melalui concept
mapping dan mind mapping terhadap prestasi belajar kognitif dan afektif tetapi tidak berpengaruh terhadap
prestasi psikomotor, 2) ada pengaruh kreativitas terhadap prestasi belajar kognitif, afektif, dan psikomotor, 3)
ada pengaruh kemampuan verbal terhadap prestasi belajar kognitif, afektif, dan psikomotor, 4) tidak ada interaksi
antara penggunaan model accelerated learning melalui concept mapping dan mind mapping dengan kreativitas
terhadap prestasi belajar kognitif, afektif, dan psikomotor, 5) tidak ada interaksi antara penggunaan model
accelerated learning melalui concept mapping dan mind mapping dengan kemampuan verbal terhadap prestasi
belajar kognitif, afektif, dan psikomotor, 6) tidak ada interaksi antara kreativitas dengan kemampuan verbal
terhadap prestasi belajar kognitif, afektif, dan psikomotor, 7) tidak ada interaksi antara model pembelajaran,
kreativitas, dan kemampuan verbal terhadap prestasi belajar kognitif, afektif, dan psikomotor.
Kata kunci: Accelerated Learning, Concept Mapping, Mind Mapping, Kreativitas, Kemampuan Verbal.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.