PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI METODE EKSPERIMEN DENGAN LABORATORIUM RIIL DAN LABORATORIUM VIRTUIL DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN GAYABELAJAR SISWA

Ena Marsutji Setia Bakti, Suparmi Suparmi, Widha Sunarno

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode eksperimen melalui laboratorium riil dan
virtuil, kemampuan berfikir kritis, gaya belajar, dan interaksinya terhadap prestasi belajar ranah kognitif dan
afektif siswa. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kecamatan Jetis semester 1 tahun pelajaran 2012-2013.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas VIII. Sampel pada penelitian sebanyak 4 kelas diambil secara cluster random sampling.
Pengumpulan data dengan menggunakan metode tes untuk prestasi kognitif dan kemampuan berfikir kritis.
Metode angket untuk mengukur gaya belajar. Metode observasi untuk mengukur kognitif proses, sedangkan
prestasi afektif menggunakan observasi dan angket. Analisis data menggunakan program PASW dan hipotesis
dengan menggunakan anova 2x2x2. Hasil penelitian ini adalah: (1) ada pengaruh pengunaan metode eksperimen
dengan lab riil dan lab virtuil terhadap prestasi kognitif dan afektif siswa; (2) ada pengaruh kemampuan berfikir
kritis terhadap prestasi kognitif dan afektif siswa; (3) ada pengaruh gaya belajar terhadap prestasi kognitif dan
afektif siswa; (4) ada interaksi penggunaan metode eksperimen dengan lab riil dan lab virtuil dengan kemampuan
berfikir kritis terhadap prestasi kognitif dan afektif siswa; (5) tidak ada interaksi penggunaan metode eksperimen
melalui lab riil dan virtuil dengan gaya belajar terhadap prestasi kognitif dan afektif siswa; (6) tidak ada interaksi
penggunaan metode eksperimen melalui lab riil dan virtuil dengan kemampuan berfikir kritis dan gaya belajar
terhadap prestasi kognitif dan afektif siswa; (7) tidak ada interaksi antara metode eksperimen melalui lab riil dan
virtuil, kemampuan berfikir kritis, dan gaya belajar terhadap prestasi kognitif dan afektif siswa.
Kata Kunci: Metode Eksperimen, Laboratorium Riil, Laboratorium Virtuil, Kemampuan Berfikir Kritis, Gaya
Belajar.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.