PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN LABORATORIUM REAL DAN VIRTUAL DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIK DAN KEMAMPUAN BERPIKIR ABSTRAK SISWA

Kusnadi Kusnadi, Mohammad Masykuri, Sri Mulyani

Abstract

menggunkan metode Problem-based Learning (PBL) dengan media laboratorium real dan virtual, antara
siswa yang memiliki kemampuan matematik dan kemampuan berpikir abstrak tinggi dan rendah serta
interaksinya. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, dengan faktorial 2x2x2, Sampel yang diambil
adalah 2 kelas yaitu Kelas XI IPA 2 yang diberikan perlakuan menggunakan media laboratorium virtual dan pada
siswa kelas XI IPA 3 yang diberikan perlakuan menggunakan media laboratorium real pada pokok bahasan laju
reaksi tahun pelajaran 2011/2012. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan: 1) ada perbedaan prestasi belajar
kognitif siswa antara pembelajaran dengan metode Problem-based Learning (PBL) yang menggunakan media
laboratorium real dan virtual, namun tidak ada perbedaan pada prestasi afektif; 2) kemampuan matematik
memberikan perbedaan prestasi belajar kognitif siswa namun tidak ada perbedaan pada prestasi afektif; 3)
kemampuan berpikir abstrak tidak ada perbedaan prestasi belajar kognitif dan afektif siswa; 4) ada interaksi antara
pembelajaran dengan metode Problem-based Learning yang menggunakan media laboratorium real dan virtual
dengan kemampuan matematik terhadap prestasi belajar kognitif namun tidak ada interaksi pada prestasi afektif;
5) ada interaksi antara pembelajaran dengan metode Problem-based Learning (PBL) yang menggunakan media
laboratorium real dan virtual dengan kemampuan berpikir abstrak terhadap prestasi belajar, namun tidak ada
interaksi pada prestasi afektif; 6) tidak ada interaksi antara kemampuan matematik dan kemampuan berpikir
abstrak terhadap prestasi belajar kognitif dan afektif siswa; dan 7) ada interaksi antara media, kemampuan
matematik, dan kemampuan berpikir abstrak terhadap prestasi belajar kognitif siswa namun tidak ada interaksi
pada prestasi afektif.
Kata kunci: kuasi eksperimental, prestasi kognitif, ranah afektif, dan laju reaksi

Refbacks

  • There are currently no refbacks.