PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS MASALAH DENGAN METODE PROYEK DAN EKSPERIMEN DITINJAU DARI KREATIVITAS DAN KETERAMPILAN MENGGUNAKAN ALAT LABORATORIUM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kimia berbasis masalah dengan
metode proyek dan eksperimen, kreativitas, dan keterampilan menggunakan alat laboratorium
serta interaksinya terhadap prestasi belajar. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Ponorogo kelas XI
IPA tahun ajaran 2012/2013. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling.
Teknik pengolahan data menggunakan ANAVA tiga jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
1) ada pengaruh penerapan pembelajaran kimia berbasis masalah dengan metode proyek dan
eksperimen terhadap prestasi belajar kognitif siswa, namun tidak ada pengaruh terhadap prestasi
belajar afektif; 2) tidak ada pengaruh kreativitas terhadap prestasi belajar kognitif dan afektif
siswa; 3) ada pengaruh keterampilan menggunakan alat laboratorium terhadap prestasi belajar
kognitif siswa, namun tidak ada pengaruh pada prestasi belajar afektif; 4) tidak ada interaksi antara
pembelajaran kimia berbasis masalah menggunakan metode proyek dan eksperimen dengan
kreativitas terhadap prestasi belajar kognitif dan afektif siswa; 5) ada interaksi antara pembelajaran
kimia berbasis masalah menggunakan metode proyek dan eksperimen dengan keterampilan
menggunakan alat laboratorium terhadap prestasi belajar kognitif siswa, namun tidak ada interaksi
terhadap prestasi belajar afektif; 6) ada interaksi antara kreativitas dan keterampilan menggunakan
alat laboratorium terhadap prestasi kognitif siswa, namun tidak ada interaksi pada prestasi afektif;
7) tidak ada interaksi antara pembelajaran kimia berbasis masalah menggunakan metode proyek
dan eksperimen, kreativitas dengan keterampilan menggunakan alat laboratorium terhadap prestasi
kognitif dan afektif siswa.
Kata kunci : PBL, proyek, eksperimen, kreativitas, keterampilan menggunakan alat
laboratorium
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.