PENGEMBANGAN MODUL FISIKABERBASIS MASALAH PADA MATERI LISTRIK DINAMIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWASMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui karakteristik modul fisika berbasis masalah pada materi listrik
dinamis, (2) mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa setelah mengikuti pembelajaran
menggunakan modul fisika berbasis masalah pada materi listrik dinamis. Jenis penelitian ini adalah research
and development yang menggunakan model 4-D meliputi: define, design, develop, dan disseminate, untuk
mengembangkan modul fisika berbasis masalah. Teknik pengumpulan data dimulai dengan tahap pra
penelitian; analisis siswa, kurikulum, dan materi; tujuan pengembangan modul; pemilihan format
berdasarkan kriteria modul; desain awal modul, validasi draf I, uji coba kecil, dan uji coba di kelas.
Instrumen yang digunakan adalah angket untuk validasi modul, silabus, RPP, kisi-kisi soal kemampuan
berpikir kreatif, serta angket respon siswa dan guru. Pengembangan modul dinilai berdasarkan kelayakan isi,
penyajian, dan bahasa oleh 2 dosen, 2 guru, dan 3 peer review. Hasil penelitian ini adalah (1) kualitas modul
fisika berbasis masalah pada materi listrik dinamis yang dikembangkan berkategori baik, dan (2) kemampuan
berpikir kreatif siswa setelah mengikuti proses pembelajaran menggunakan modul fisika berbasis masalah
pada materi listrik dinamis mengalami peningkatan.
dinamis, (2) mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa setelah mengikuti pembelajaran
menggunakan modul fisika berbasis masalah pada materi listrik dinamis. Jenis penelitian ini adalah research
and development yang menggunakan model 4-D meliputi: define, design, develop, dan disseminate, untuk
mengembangkan modul fisika berbasis masalah. Teknik pengumpulan data dimulai dengan tahap pra
penelitian; analisis siswa, kurikulum, dan materi; tujuan pengembangan modul; pemilihan format
berdasarkan kriteria modul; desain awal modul, validasi draf I, uji coba kecil, dan uji coba di kelas.
Instrumen yang digunakan adalah angket untuk validasi modul, silabus, RPP, kisi-kisi soal kemampuan
berpikir kreatif, serta angket respon siswa dan guru. Pengembangan modul dinilai berdasarkan kelayakan isi,
penyajian, dan bahasa oleh 2 dosen, 2 guru, dan 3 peer review. Hasil penelitian ini adalah (1) kualitas modul
fisika berbasis masalah pada materi listrik dinamis yang dikembangkan berkategori baik, dan (2) kemampuan
berpikir kreatif siswa setelah mengikuti proses pembelajaran menggunakan modul fisika berbasis masalah
pada materi listrik dinamis mengalami peningkatan.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.