Implementasi E-LKPD Sistem Reproduksi Berbasis Isu Sosiosaintifik terhadap Berpikir Kritis

Fuji Septiani Taufik, Yanti Herlanti, Meiry Fadilah Noor

Abstract

Kemampuan berpikir kritis sangat penting pada era disrupsi. Namun, masih sedikit media pembelajaran yang dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis terutama untuk isu-isu sensitif seperti reproduksi manusia. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas E-LKPD berbasis isu sosiosaintifik pada materi sistem reproduksi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Uji efektivitas dilakukan pada 199 peserta didik pada tiga sekolah di Kota Tangerang Selatan dan Depok. Desain penelitian menggunakan Nonequivalent Pretest and Posttest Control Group Design. Hasil implementasi E-LKPD pada tiga sekolah menunjukkan terjadinya peningkatan dengan nilai effect size pada kelas eksperimen 0,81 (efektivitas tinggi) dan kelas kontrol 0,51 (efektivitas rendah). Implementasi pembelajaran menggunakan E-LKPD berbasis diskusi isu sosiosaintifik dapat berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis pada dua sekolah di Kota Tangerang Selatan  (Sig, 0,031 dan Sig. 0,002), namun tidak terlalu berpengaruh pada satu sekolah di Kota Depok (Sig. 0,376). Untuk makin meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik, E-LKPD berbasis isu sosiosaintifik selain memperkuat diskusi polemik di kelas, juga perlu mengembangkan kegiatan eksplorasi dan inkuiri informasi.

Critical thinking skills are very important in the era of disruption. However, there are still few learning media developed to improve critical thinking skills, especially for sensitive issues such as human reproduction. This study aims to test the effectiveness of E-LKPD based on socio-scientific issues on the reproductive system material in improving students' critical thinking. The effectiveness test was conducted on 199 students in three schools in South Tangerang City and Depok. The research design used Nonequivalent Pretest and Posttest Control Group Design. The results of the implementation of E-LKPD in three schools showed an increase with an effect size value in the experimental class of 0.81 (high effectiveness) and the control class of 0.51 (low effectiveness). The implementation of learning using E-LKPD based on socio-scientific issue discussions had a effect on critical thinking skills in two schools in South Tangerang City (Sig, 0.031 and Sig. 0.002 but it doesn't have much impact on one school in Depok City (Sig. 0.376). To further improve students' critical thinking skills, E-LKPD based on socio-scientific issues, in addition to strengthening polemical discussions in class, also needs to develop information exploration and inquiry activities.

Keywords

E-LKPD; Isu sosiosaintifik; sistem reproduksi; berpikir kritis

Full Text:

PDF

References

Adolph, R. (2016). 済無No Title No Title No Title. 7, 1–23.

Afandi, A. (2021). Pentingnya Disposisi Berpikir Kritis Di Era Disrupsi Informasi : July.

Ariadila, S. N., Silalahi, Y. F. N., Fadiyah, F. H., Jamaluddin, U., & Setiawan, S. (2023). Analisis Pentingnya Keterampilan Berpikir Kritis TerhadapPembelajaran Bagi Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(20), 664–669.

Awe, E. Y., & Ende, M. I. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Elektronik Bermuatan Multimedia Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Pada Siswa Kelas IV SDI Rutosoro Di Kabupaten Ngada. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 48. https://doi.org/10.29408/didika.v5i2.1782

Demak, N. (2015). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2015, yang diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Malang, tema: “Peran Biologi dan Pendidikan Biologi dalam Menyiapkan Generasi Unggul dan Berdaya Saing Global”, Malang, 21. Pengaruh Pemberian Sari Jahe Terhadap Jumlah Koloni Bakteri Pada Ikan Tongkol, 4(2007), 339–345.

Erick Saragih, Vip Paramarta, Grace Imelda Thungari, Beauty Kalangi, & Kezia Marcelina Putri. (2023). Era Disrupsi Digital pada Perkembangan Teknologi di Indonesia. Transformasi: Journal of Economics and Business Management, 2(4), 141–149. https://doi.org/10.56444/transformasi.v2i4.1152

Fadzil, H. M., & Saat, R. M. (2019). The Development of a Resource Guıde in Assessıng Students’ Scıence Manıpulatıve Skılls at Secondary Schools. Journal of Turkish Science Education, 16(2), 240–252. https://doi.org/10.12973/tused

Hamdani M., Prayitno B. A., & Karyanto P. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Eksperimen. Proceeding Biology Education Conference, 16(Kartimi), 139–145.

Hustia, R., Smk, S., Hulu, R. A., Selatan, T. P., Deswita, P., & Fauzi, A. (2020). Efektifitas Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Fisika SMA Berbasis Model Pembelajaran Generatif *) Corresponding Author. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(2), 126–134.

Inkuiri, P., & Issues, B. S. (2024). BIOCHEPHY : Journal of Science Education. 4(1), 447–457. https://doi.org/10.52562/biochephy.v4i1.1190

Isnawan, M. G., Nahdlatul, U., & Mataram, W. (2020). KUASI-EKSPERIMEN (Issue January).

Jose, S. (2013). Phone: (650) 697-5628 www.insightassessment.com © 2013 (Issue 650).

Kadir_Statistika Terapan.pdf. (n.d.).

Kusumaningtyas, P., Oktafiani, R., Nurhadi, M., & Sulistyaningwarni, S. (2020). Pengaruh Isu Sosiosaintifik Dalam Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Asam Basa. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 4(1), 64–74. https://doi.org/10.19109/ojpk.v4i1.5172

Pandela, Y. S., Sunyono, & Rudibyani, R. B. (2019). Pengaruh Isu Sosio-Saintifk dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 8(2), 296–307.

Penelitian, E. S. (2022). https://doi.org/10.31539/judika.v5i2.4802. 5, 138–151.

Putri, I. C., Zainab, M. S., Wulandari, W., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2024). Pengaruh Era Disrupsi Teknologi terhadap Pengetahuan Kebudayaan Generasi Z. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(2), 317–324.

Ratcliffe, M. (n.d.). SCIENCE E D U C AT I O N.

Resource, T., Intelligent, H., & Artificial, A. (2014). BlogQuest +.

Sadler, T. D. (2004). Informal reasoning regarding socioscientific issues: A critical review of research. Journal of Research in Science Teaching, 41(5), 513–536. https://doi.org/10.1002/tea.20009

Setyaningsih, A., Rahayu, S., Fajaroh, F., & Parmin, P. (2019). Pengaruh Process Oriented-Guided Inquiry Learning berkonteks Isu Sosiosaintifik Terhadap Keterampilan Berargumentasi Siswa Sekolah Menengah atas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(2), 168–179.

Syafitri, A. (2023). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Isu Sosiosaintifik Pada Konsep Sistem Reproduksi Untuk Melatih Kemampuan Argumentasi Peserta Didik Kelas Xi Sma/Ma.

Syifa, F., Januarsi, T. D., & Subali, B. (n.d.). Penerapan Discovery Learning Menggunakan LKPD untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA dan Keterampilan Kolaborasi Siswa Materi Ekologi dan Keaneragaman Hayati Kelas VII SMP Negeri 16 Semarang. 607–613.

Ummah, M. S. (2019). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14.

Wilsa, A. W., Susilowati, S. M. E., & Rahayu, E. S. (2017). Problem Based Learning Berbasis Socio-Scientific Issue untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Siswa. Journal of Innovative Science Education, 6(1), 129–137.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.