Implementasi Alat Ukur Kemagnetan Berbasis Microcontroller Arduino Uno Sebagai Media Pembelajaran Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains

Boisandi Boisandi, Matsun Matsun

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon mahasiswa dan efektivitas implementasi alat ukur kemagnetan berbasis mikrokontroler Arduino Uno dalam meningkatkan kemampuan literasi sains pada mahasiswa program studi Pendidikan Fisika. Media pembelajaran ini dirancang sebagai alat interaktif yang mendukung pendekatan saintifik, membantu mahasiswa memahami konsep kemagnetan secara aplikatif, serta mengasah kemampuan analisis dan pemecahan masalah. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester 4 yang mengambil mata kuliah Listrik Magnet. Data dikumpulkan melalui tes literasi sains, angket respon mahasiswa, dan observasi selama proses pembelajaran. Hasil analisis menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan literasi sains mahasiswa setelah penggunaan alat ukur kemagnetan. Respon mahasiswa juga menunjukkan bahwa media ini menarik, mudah digunakan, dan efektif dalam menjelaskan konsep kemagnetan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa alat ukur kemagnetan berbasis Arduino Uno berpotensi menjadi inovasi media pembelajaran saintifik yang efektif untuk meningkatkan literasi sains mahasiswa Pendidikan Fisika.

This study aims to determine the response of students and the effectiveness of the implementation of the Arduino Uno microcontroller-based magnetism measuring instrument in improving science literacy skills in students of the Physics Education study program. This learning media is designed as an interactive tool that supports a scientific approach, helps students understand the concept of magnetism applicatively, and hones their analytical and problem-solving skills. The research uses an experimental method with a pretest-posttest design. The subject of the study is a 4th semester student who takes the Magnet Electricity course. Data was collected through science literacy tests, student response questionnaires, and observations during the learning process. The results of the analysis showed a significant improvement in students' science literacy skills after the use of magnetic measuring instruments. The students' responses also showed that this media was interesting, easy to use, and effective in explaining the concept of magnetism. The results of this study show that the Arduino Uno-based magnetism measuring device has the potential to be an effective scientific learning media innovation to improve the science literacy of Physics Education students.

Keywords

Science literacy; magnetism analyzers; Arduino Uno; scientific learning.

Full Text:

PDF

References

Addido, J., Borowczak, A. C., & Walwema, G. B. (2023). Mengajarkan fisika Newton dengan robot LEGO EV3 : Pendekatan STEM yang terintegrasi. 19(6).

Agricultural, F. A. O., & Bulletin, S. (2023). for Rural Areas. Telecommunications Policy, 40(8), 755–773.

Alex. (2023). Perancangan Alat Peraga Medan Magnet Disekitar Kawat Berarus dengan Hall Magnetik Sensor Bipolar Analog sebagai Demonstrasi dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(June).

Amini, F., Wulandari, F., & Rizky, S. (2024). Pengaruh Media Buku Berjendela terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Kelas V UPT SDN 064964 Medan Timur. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat , 4(1), 151–162. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v4i1.393

Apriliya Yolanda, U., Sari, M., Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam, P., & Tarbiyah Dan Tadris Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu, F. (2024). Analysis Of The Process Oriented Guide-Inquiry Learning Model On Students’ Scientific Literacy Abilities Analisis Model Pembelajaran Process Oriented Guide-Inquiry Learning Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa. JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 4(2), 310–317. http://journal.al-matani.com/index.php/jkip/index

Chrismanto, A. R., Magta, M., & Ardiana, R. (2024). Peran Program Kelas dalam Membina Literasi Sains pada Anak Usia Dini. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 2(2), 176–187. https://doi.org/10.33050/mentari.v2i2.490

Commons, C., License, A., Mehnaz, S., Shaha, A., Nayem, M., & Bourouis, S. (2023). Retraction Retracted: IoT-Based Smart Health Monitoring System for COVID-19 Patients. 2021.

Darwati, E., Ubaidillah, M., Sahrir, D. C., & Oktina Sari, A. O. S. (2024). Application of the Environmental Exploration Approach (JAS) Assisted by QR Codes to Increase Scientific Literacy Aspects of Competency and Conservation Attitudes in Plantae Material. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 14(2), 245. https://doi.org/10.24042/biosfer.v14i2.18553

Emilya, W. T., & Mufit, F. (2024). Analisis Penggunaan Bahan Ajar Berbasis IT dan Keterlaksanaan Literasi Sains SMA Padang. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 15(1), 67–72. https://doi.org/10.26877/jp2f.v15i1.17014

Fajrianti, F., Ridzal, D. A., & Kaif, S. H. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa SDN 111 Buton melalui Penggunaan Media Pop Up Book. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(12), 3628–3632. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i12.760

Hong, W. J., Shamsuddin, N., Abas, E., Apong, R. A., Masri, Z., Suhaimi, H., Gödeke, S. H., & Noh, M. N. A. (2021). Water quality monitoring with arduino based sensors. Environments - MDPI, 8(1), 1–15. https://doi.org/10.3390/environments8010006

Humairah, L. P., & Wahyuni, S. (2024). Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Flipbook Digital Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMP. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 14(01), 26–34. https://doi.org/10.24246/j.js.2024.v14.i01.p26-34

Liana, Y. R., Linuwih, S., & Sulhadi. (2020). Science activity for gifted young scientist: Thermodynamics law experiment media based IoT. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(2), 757–770. https://doi.org/10.17478/JEGYS.657429

Lubis, R., Ginting, F. W., Muliani, M., Novita, N., Widya, W., & Absa, M. (2024). Pengembangan Media Video Pembelajaran Fisika Berbasis Powtoon Pada Materi Gelombang Bunyi Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas Xi. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 6(2), 106. https://doi.org/10.29103/relativitas.v6i2.14124

Mardiawan, J. T., Fitriyanti, N., Salam, R. A., & Uno, A. (2023). Rancang Bangun Alat Ukur Medan Magnet Dengan Metode Hukum Biot- Savart Berbasis Mikrokontroller Menggunakan Sumber Arus Terkontrol Design A Magnetic Field Gauge With A Legal Method Using A Controlled Current Source. 10(1), 133–141.

Mariam Hoerunnisa, Shinta Purnamasari, & Andinisa Rahmaniar. (2024). Analisis Analisis Implementasi Science Technology Engineering Mathematics (STEM) dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan Mipa, 14(1), 79–89. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i1.1469

Matsun, Boisandi, Ira Nofita Sari, Soka Hadiati, A. P. (2021). Development of Potential Energy Props Based on Arduino Uno Microcontroller to Improve Student achievement. 7(2), 108–129.

Matsun, M., Boisandi, B., Sari, I. N., Hadiati, S., & Zadrianus, M. T. (2022). Development of Arduino Uno-based real learning media for measuring density of objects. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 9(1), 25–33. https://doi.org/10.12928/jrkpf.v9i1.27

Nuriyani, I., Ayu, D., Sari, P., Studi, P., Sains, P., & Surabaya, U. N. (2024). Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti PENERAPAN LKS OCEANIC BERBASIS SAINTIFIK UNTUK. 11, 174–184.

Of, I., Inquiry, G., Model, L., Reaction, O. N., To, M., Sciencetific, I., Of, L., & Student, V. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Implementation of Guided Inquiry Learning Model on Reaction Rate. 13(1).

Purwanto, H., Nursikuwagus, A., Firmansyah, D., Wahyu Nurjaya, W. K., Ramdhany, T., & Shiddieq, D. F. (2023). Design and Development of Mask Detectors in Effort to Prevent the Spread of Hepatitis Post-Covid-19 Pandemic using Viola-Jones Algorithm. SSRG International Journal of Electronics and Communication Engineering, 10(5), 161–170. https://doi.org/10.14445/23488549/IJECE-V10I5P115

Rahili, Z., Hafizah, E., & Istyadji, M. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Pada Materi Ekologi Dan Keanekaragaman Hayati Indonesia Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Smp. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(1), 290–299. https://doi.org/10.29100/.v6i1.4308

Sartika, D., Lutfin, N. A., Musdar, M., & Nurlina, N. (2024). Kemampuan Calon Guru Fisika Dalam Menyelesaikan Soal Literasi Sains Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 15(1), 49–54. https://doi.org/10.26877/jp2f.v15i1.16683

Ștefănica, V., Mihai, I., Cojanu, F., Vișan, P.-F., Roșu, D., & Potop, V. (2024). Determining the Changes in Psychomotor Behavior of Adolescents with Special Needs. Revista Romaneasca Pentru Educatie Multidimensionala, 16(1), 46–70. https://doi.org/10.18662/rrem/16.1/811

Tanta, T. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (Ctl) Berbasis Proyek Terhadap Literasi Sains Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Cenderawasih Jayapura. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 604. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v11n2.p604--615

Vrbančič, F., & Kocijančič, S. (2024). Strategy for learning microcontroller programming—a graphical or a textual start? Education and Information Technologies, 29(4), 5115–5137. https://doi.org/10.1007/s10639-023-12024-9

Waruwu, L. Y., Rahmi, A., & Anaperta, M. (2021). Rancang Bangun Alat Ukur Medan Magnet Berbasis Arduino Uno Menggunakan Sensor Efek Hall dengan B = Besar Induksi Magnet dalam satuan Tesla ( T ), N = Banyak Lilitan Kawat Selenoida , I = Kuat Arus listrik dalam satuan Ampere ( A ), l = Panjang Selenoida d. 24(2), 129–139.

Wong, M., Al-Arnawoot, A., & Hass, K. (2022). Student Perception of a Visual Novel for Fostering Science Process Skills. Teaching and Learning Inquiry, 10(2018). https://doi.org/10.20343/TEACHLEARNINQU.10.32

Refbacks

  • There are currently no refbacks.