PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DISKUSI DAN EKSPERIMEN DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL DAN AKTIVITASBELAJAR SISWA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan inkuiri terbimbing menggunakan metode demonstrasi diskusi dan eksperimen, kemampuan awal, aktivitas belajar, dan interaksinya terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan metode eksperimen semu dengan desain faktorial 2x2x2. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X bidang keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) SMK Pawyatan Daha 2 Kediri yang terdiri dari 4 kelas. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu XTKJ1 yang pembelajarannya dengan pendekatan inkuiri terbimbing menggunakan metode demonstrasi diskusi dan XTKJ2 yang pembelajarannya dengan pendekatan inkuiri terbimbing menggunakan metode eksperimen. Data diperoleh dari hasil tes kognitif untuk kemampuan awal, angket untuk aktivitas belajar siswa, dan tes kognitif untuk prestasi belajar siswa. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) tidak ada perbedaan pengaruh pendekatan inkuiri terbimbing menggunakan metode demonstrasi diskusi dan eksperimen terhadap prestasi belajar (pvalue = 0,131); (2) ada perbedaan pengaruh antara kemampuan awal tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar (pvalue = 0,001); (3) tidak ada perbedaan pengaruh antara aktivitas belajar tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar (pvalue = 0,902); (4) tidak ada interaksi antara metode pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap prestasi belajar (pvalue = 0,821); (5) tidak ada interaksi antara metode pembelajaran dengan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar (pvalue = 0,111); (6) tidak ada interaksi antara kemampuan awal dengan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar (pvalue = 0,579); (7) tidak ada interaksi antara metode pembelajaran, kemampuan awal, dan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar (pvalue = 0,581).
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.