Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Literasi Lingkungan Siswa SMP Pada Materi Pencemaran Tanah
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). Pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar mapel IPA di MIN Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1). DOI: 10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.584
Fitriana, A. (2018). Pencemaran Hulu Air Tanah terhadap Limbah Domestik dengan Indikator Escherichia coli di Wilayah Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum Desa Tarumajaya Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung Tahun 2018 [B.S. thesis]. Fakultas Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Gusti, Widia, Noni Noviana, Rita Sartika, Lia Anggraini, Andika Pradipta, and Henny Johan. (2022). “Studi Pencemaran Tanah Sebagai Bahan Pengayaan Topik Teknologi Ramah Lingkungan Untuk Siswa SMP.” JURNAL PENDIDIKAN MIPA 12, no. 4: 1252–58.
Igbokwe, B. (2016). Environmental literacy assessment: Assessing the strength of an environmental education program (EcoSchools) in Ontario secondary schools for environmental literacy acquisition [PhD Thesis]. University of Windsor (Canada).
Igusmi Putri, G. R. (2023). Penerapan Model Project Based Learning pada Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi Siswa Fase E. 3 SMA Negeri 11 Muaro Jambi [PhD Thesis]. Universitas Jambi.
Indrayana, I. P. T., Manik, S. E., Lisnasari, S. F., Br, R. H., Suryaningsih, N. M. A., Marlinda, N. L. P. M., Maspuroh, U., Afriyani, N., Azizah, N. N., & Capricanilia, S. D. I. (2022). Penerapan Strategi dan Model Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka Belajar. Media Sains Indonesia.
Jasmine, P. (2018). PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN LITERASI LINGKUNGAN SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR: Penelitian Kuasi Eksperimen Di Kelas V Sekolah Dasar Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung [PhD Thesis]. Universitas Pendidikan Indonesia.
Khoirunnisa, D., Yusal, Y., & Wulandari, R. W. (2023). Literasi Lingkungan Siswa SMP: Pengetahuan Ekologi, Keterampilan Kognitif, Sikap Peduli Lingkungan, Dan Perilaku Tanggung Jawab. Guru Membangun, 42(2), 53–58. DOI: http://dx.doi.org/10.26418/gm.v42i2.72232
Makrifah, A. N., Harsiatib, T., & Mashfufahb, A. (2023). Penerapan Assessment For Learning dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Gaya Hidup Berkelanjutan Di Kelas 1 Sd. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), 369–378.
Mariyaningsih, N., & Hidayati, M. (2018). Bukan Kelas Biasa: Teori dan Praktik Berbagai Model dan Metode Pembelajaran menerapkan inovasi pembelajaran di kelas-kelas inspiratif. CV Kekata Group.
Nababan, D., Marpaung, A. K., & Koresy, A. (2023). Strategi Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(2), 706-719.
Oktaviana, E. M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Instrumen Self dan Peer Assessment Berbasis Diskusi Online Isu Sosiosaintifik Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Melatih Keterampilan Argumentasi. Skripsi. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Walisongo.
Sirat, M., Istyadji, M., & Hafizah, E. E. (2022). Pengaruh Model Project Based Learnig Pada Materi Pencemaran Lingkungan Terhadap Literasi Lingkungan Peserta Didik. Indonesian Journal of Natural Science Education, 5(1), 56–62.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Susilastri, S. D. (2015). Students’ environmental literacy profile in school-based nature and in school that implement the adiwiyata program. Prosiding KPSDA, 1(1).
Ulandari, S., & Rapita, D. D. (2023). Implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila sebagai upaya menguatkan karakter peserta didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 116–132. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i2.8309
Uno, H. B., & Mohamad, N. (2022). Belajar dengan pendekatan PAILKEM: Pembelajaran aktif, inovatif, lingkungan, kreatif, efektif, menarik. Bumi Aksara.
Winata, K. A., Zaqiah, Q. Y., Supiana, S., & Helmawati, H. (2021). Kebijakan pendidikan di masa pandemi. Ad-Man-Pend: Jurnal Administrasi Manajemen Pendidikan, 4(1), 1–6.
Wulandari, A., Karyanto, P., Suciati, S., & Irawati, M. (2017). Pengembangan Subjek Spesifik Pedagogi Berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk Menguatkan Literasi Lingkungan Siswa Kelas X MIA SMA. Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 14(1), 434–440.
Refbacks
- There are currently no refbacks.