Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Literasi Lingkungan Siswa SMP Pada Materi Pencemaran Tanah

Devi Khoirunnisa, Ratna Wahyu Wulandari, Yulianti Yusal

Abstract

Masalah lingkungan yang muncul saat ini banyak disebabkan oleh aktivitas manusia yang kurang peduli terhadap lingkungan. Hal itu disebabkan oleh kemampuan literasi lingkungan yang masih rendah. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan literasi lingkungan siswa melalui pemilihan model pembelajaran yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan literasi lingkungan siswa yang diajar menggunakan model Project Based Learning berbantuan video pembelajaran dan siswa yang diajar menggunakan model ekspositori. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian Posttest Only Control Design. Sampel pada penelitian ini yaitu, kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu, soal tes literasi lingkungan, angket literasi lingkungan, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata nilai pada kelas kontrol sebesar 78,56, sedangkan rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 83,71. Analisis statistik inferensial dilakukan dengan cara uji-t (uji independent sample T-Test). Berdasarkan hasil uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,001 artinya sig < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dari hasil perhitungan tersebut peneliti menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan literasi lingkungan siswa kelas VII SMPN 2 Kandangan yang diajar menggunakan model Project Based Learning berbantuan video pembelajaran dan siswa yang diajar menggunakan model ekspositori.

Keywords

Learning model, Project Based Learning, Environmental Literacy

Full Text:

PDF

References

Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). Pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar mapel IPA di MIN Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1). DOI: 10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.584

Fitriana, A. (2018). Pencemaran Hulu Air Tanah terhadap Limbah Domestik dengan Indikator Escherichia coli di Wilayah Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum Desa Tarumajaya Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung Tahun 2018 [B.S. thesis]. Fakultas Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Gusti, Widia, Noni Noviana, Rita Sartika, Lia Anggraini, Andika Pradipta, and Henny Johan. (2022). “Studi Pencemaran Tanah Sebagai Bahan Pengayaan Topik Teknologi Ramah Lingkungan Untuk Siswa SMP.” JURNAL PENDIDIKAN MIPA 12, no. 4: 1252–58.

Igbokwe, B. (2016). Environmental literacy assessment: Assessing the strength of an environmental education program (EcoSchools) in Ontario secondary schools for environmental literacy acquisition [PhD Thesis]. University of Windsor (Canada).

Igusmi Putri, G. R. (2023). Penerapan Model Project Based Learning pada Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi Siswa Fase E. 3 SMA Negeri 11 Muaro Jambi [PhD Thesis]. Universitas Jambi.

Indrayana, I. P. T., Manik, S. E., Lisnasari, S. F., Br, R. H., Suryaningsih, N. M. A., Marlinda, N. L. P. M., Maspuroh, U., Afriyani, N., Azizah, N. N., & Capricanilia, S. D. I. (2022). Penerapan Strategi dan Model Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka Belajar. Media Sains Indonesia.

Jasmine, P. (2018). PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN LITERASI LINGKUNGAN SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR: Penelitian Kuasi Eksperimen Di Kelas V Sekolah Dasar Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung [PhD Thesis]. Universitas Pendidikan Indonesia.

Khoirunnisa, D., Yusal, Y., & Wulandari, R. W. (2023). Literasi Lingkungan Siswa SMP: Pengetahuan Ekologi, Keterampilan Kognitif, Sikap Peduli Lingkungan, Dan Perilaku Tanggung Jawab. Guru Membangun, 42(2), 53–58. DOI: http://dx.doi.org/10.26418/gm.v42i2.72232

Makrifah, A. N., Harsiatib, T., & Mashfufahb, A. (2023). Penerapan Assessment For Learning dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Gaya Hidup Berkelanjutan Di Kelas 1 Sd. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), 369–378.

Mariyaningsih, N., & Hidayati, M. (2018). Bukan Kelas Biasa: Teori dan Praktik Berbagai Model dan Metode Pembelajaran menerapkan inovasi pembelajaran di kelas-kelas inspiratif. CV Kekata Group.

Nababan, D., Marpaung, A. K., & Koresy, A. (2023). Strategi Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(2), 706-719.

Oktaviana, E. M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Instrumen Self dan Peer Assessment Berbasis Diskusi Online Isu Sosiosaintifik Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Melatih Keterampilan Argumentasi. Skripsi. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Walisongo.

Sirat, M., Istyadji, M., & Hafizah, E. E. (2022). Pengaruh Model Project Based Learnig Pada Materi Pencemaran Lingkungan Terhadap Literasi Lingkungan Peserta Didik. Indonesian Journal of Natural Science Education, 5(1), 56–62.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Susilastri, S. D. (2015). Students’ environmental literacy profile in school-based nature and in school that implement the adiwiyata program. Prosiding KPSDA, 1(1).

Ulandari, S., & Rapita, D. D. (2023). Implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila sebagai upaya menguatkan karakter peserta didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 116–132. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i2.8309

Uno, H. B., & Mohamad, N. (2022). Belajar dengan pendekatan PAILKEM: Pembelajaran aktif, inovatif, lingkungan, kreatif, efektif, menarik. Bumi Aksara.

Winata, K. A., Zaqiah, Q. Y., Supiana, S., & Helmawati, H. (2021). Kebijakan pendidikan di masa pandemi. Ad-Man-Pend: Jurnal Administrasi Manajemen Pendidikan, 4(1), 1–6.

Wulandari, A., Karyanto, P., Suciati, S., & Irawati, M. (2017). Pengembangan Subjek Spesifik Pedagogi Berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk Menguatkan Literasi Lingkungan Siswa Kelas X MIA SMA. Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 14(1), 434–440.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.