Culturally Responsive Teaching dalam Pembelajaran IPA: Analisis Soft Skills Peserta Didik SMPN 2 Lamongan
Abstract
Tantangan baru bagi pendidik dalam merancang pembelajaran IPA yang berpihak kepada peserta didik adalah terkait keberagaman suku dan budaya Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis soft skills peserta didik melalui penerapan pendekatan pembelajaran Culturally Responsive Teaching (CRT) pada pembelajaran IPA. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan reflektif jurnal. Pembelajaran ini terintegrasi dengan pendekatan CRT yang terdiri dari lima aspek meliputi content integration, facilitating knowledge construction, prejudice reduction, social justice, dan academic development. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari – April 2024 di kelas VIII F SMPN 2 Lamongan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA melalui pendekatan CRT dapat membentuk dan mengembangkan soft skills peserta didik seperti bekerja sama, peduli lingkungan, berpikir kritis, empati komunikasi, toleransi, tanggung jawab, peduli sosial, kerja keras, kesadaran sosial dan budaya serta rasa ingin tahu. Hasil ini juga menunjukkan bahwa tantangan dalam penerapan pendekatan ini adalah pemahaman peserta didik, peran aktif guru dalam mengintegrasikan konsep budaya dalam pembelajaran IPA, serta cara adaptasi guru dan peserta didik menghadapi perubahan paradigma pendidikan. Pendekatan CRT lebih lanjut dapat dikembangkan dalam beberapa konsep IPA dengan prinsip pengembangan karakter.
A new challenge for teachers in designing science learning that takes sides with students is Indonesia's ethnic and cultural diversity. This research aimed to analyze students' soft skills through the implementation of the Culturally Responsive Teaching (CRT) approach to science lessons. The methodology applied is a qualitative method with the data collected through observation, interviews, and reflective journals. This learning is integrated with the CRT approach which the aspects are content integration, facilitating knowledge construction, prejudice reduction, social justice, and academic development. This research was conducted in February – April 2024 in class VIII F SMPN 2 Lamongan. The results showed that science lessons through the CRT approach can show and develop students' soft skills such as collaboration skills, environmental awareness, critical thinking, communication skills, tolerance, responsibility, social and cultural awareness, and curiosity. These results also showed that the challenges in this implementation approach are student understanding, a teacher's activity in integrating cultural concepts in science learning, as well as a teacher's and student's adaptation to different paradigms of education. The CRT approach then can be developed in several science lessons with the principles of character development.
Full Text:
PDFReferences
Annisa, S. N., Setiono, S., & Juhanda, A. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbasis Riset Berbantuan Media WhatsApp. Jurnal Pendidikan Mipa, 11(1), 18-26.
Arif, I. H., Lukman, A., & Tuara, Z. I. (2021). Penerapan Pendekatan Culturally Responsive Teaching Terintegrasi Etnokimia dalam Mengembangkan Keterampilan Siswa Abad 21 pada Materi Hidrolisis di MAN 1 Tikep. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(2), 194-204. https://doi.org/10.5281/zenodo.4661844.
Bassey, M. O. (2016). Culturally Responsive Teaching: Implications for Educational Justice. Education Sciences, 6(35), doi:10.3390/educsci6040035
Darmiany, A. (2016). Pengembangan Model Pelatihan Soft-Skills Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri (Smpn) Di Kota Mataram. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 47–54. https://doi.org/10.17977/um001v1i22016p047
Edwards S., & Edick, N. A. (2013). Culturally Responsive Teaching For Significant Relationships. Journal of Praxis in Multicultural Education, 7(1). https://digitalscholarship.unlv.edu/jpme/vol7/iss1/4
Gay, G. (2010). Culturally responsive teaching: Theory, research, and practice(2nd ed.), New York, NY: Teachers College
Hernandez, C.M., Morales, A.R. & Shroyer, M.G. (2013). The development of model culturally responsive science and mathematics teaching. Manhattan: Springer.
Inayah, N., Triana, L., & Retnoningrum, D. (2023). Pendekatan Culturally Responsive Teaching Menggunakan Media Game Kahoot pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. 24–31.
Jatiningsih, N. A. L. B., Hamidah, L., & Savitri, E. N. (2023). Peningkatan Keterampilan Kerjasama Peserta Didik Kelas VII F SMP Negeri 9 Semarang melalui Model Problem Based Learning Berpendekatan Culturally Responsive Teaching. Proceeding Seminar Nasional IPA XIII, 172-183.
LeBlanc, J & Larke, P.J. 2012. Culturally Responsive Teaching in Science. National Forum of Multicultural Issues Journal Volume 8: Texas
Lestari, P. N. S. S, Redhana, I. W., & Subagia, I. W. (2022). The Effect of Electronic Chemistry Books Based on Local Balinese Culture on Learning Outcomes of High School Students. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(5), 2279–2285.
Maryono, karya S. D. R. S. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Kultur Budaya Jawa Melalui Pendekatan Culturally Responsive Teaching Development Of Based Physical Learning Devices Java Culture Culture Through Approach Culturally Responsive Teaching. Jurnal Pendidikan Fisika, 10, 13–24. http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf
Miles, M.B., & Huberman, M., & Saldana, J. (1992). Qualitative data analysis: A method sourcebook. New York: SAGE Publications.
Miskiyyah, Z., Buchori, A., & Muhtarom. (2023). Pengembangan E-Modul dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra,Seni, dan Budaya, 3(2). https://doi.org/10.37304/enggang.v3i2.9039
Nasution, N., Dewi, E., & Ummah, S. V. R. Q. (2023). Pengembangan Karakter Komunikatif dan Disiplin melalui Metode Culturally Responsive Teaching dengan pembelajaran Sosial Emosional pada Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas X-2 SMAN 1 Kalitidu. Journal on Education,6(1),2408-2420.
Priyangga, B., Mushafanah, Q., Listyarini, I., & Natalia, D. (2023). Pengembangan Komik dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching untuk Menumbuhkan Literasi Sains pada Kelas V SDN Kalicari 01 Semarang. 05(1), 97–110
Rahmawati, Y., Ridwan, A., & Agustin, M. A. (2020). Pengembangan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Berbasis Budaya: Culturally Responsive TransformativeTeaching (CRTT). ABDI: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 48–57. https://doi.org/10.24036/abdi.v2i1.33
Rosita, I., & Leonard. (2013). Meningkatkan Kerja Sama Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Jurnal Formatif, 3(1), 1-10
Ridwan, A., Rahmawati, Y., Nurbaity, N., & Hadinugrahaningsih, T. (2017). Integration of A Socio-Critical and Problem-Oriented Approach in Chemistry Learning for Students Soft Skills Development. MIER Journal of Educational Studies, Trends & Practices, 7(1), 33-41.
Riko, R., Lestari, F. A. P., & Lestari, I. D. (2019). Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Konsep Diri Peserta Didik. Sap (Susunan Artikel Pendidikan), 4(2), 113-120.
Rima, R., Muhyidin, A., Leksono, S. M., & Jamaludin, U. (2024). Exploring Culturally Responsive Teaching Practices in English Language Teaching at High Schools in Banten Province: Perceptions, Strategies, Challenges, and Opportunities. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 2145-2155.
Salata, S. A., Sailan, M., & Suyitno, I. (2019). Penerapan Kedisiplinan Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Smpn 1 Suli Kabupaten Luwu. Jurnal Tomalebbi, 9(2), 76–82
Samani, M dan Hariyanto. (2012). Pendidikan karakter: Konsep dan model. Remaja Rosdakarya: Bandung
Santoso, F.G.I. (2011). Mengasah Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Melalui Pembelajaran Matematika dengan Berbasis Masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, FMIPA UNY: Yogyakarta.
Sattriawan A., Sutiarso, S., & Rosidin, U. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Terintegrasi Soft Skills dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 950–963. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.314
Shabrina, K. L. N., Hayat, M. S., & Handoyo, H. (2023). Pembelajaran Berbasis Etno-Bioedugame dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar pada Materi Sistem Reproduksi. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1517-1525.
Simatupang, P. N. (2024). Meningkatkan Kesadaran Budaya Dalam Pendekatan CRT (Culturally Responsive Teaching) Pada Pembelajaran Sejarah Di Kelas X 1 SMA Negeri 1 Medan Tahun Pelajaran 2023/2024. ALACRITY: Journal Of Education, 4(1), 128-140.
Sleeter, C.E. (2011). An Agenda to Strengthen Culturally Responsive Pedagogy. English Teaching: Practice and Critique, 10(2), 7-23
Sudiana, I. K. (2012). Upaya Pengembangan Soft Skills Melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Kimia Dasar. Pendidikan Indonesia, 1(2), 91–101.
Surraya, S., Patonah, S., & Sumiyatun, S. (2024). Pengaruh Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas IV SDN Peterongan Semarang. Journal of Elementary Education, 7(2), 214-222.
Syahbana, A.(2012). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP melalui pendekatan contekstual teaching and learning. Edumatika, 2(1): 45-57
Villegas, A. M., & Lucas, T. (2007). The Culturally Responsive Teacher. https://www.researchgate.net/publication/268445972_The_culturally_responsive_teacher_Electronic_version diakses pada 7 Mei 2024.
Wardani, L. K., Mulyani, B., Ariani, A. R. D., Yamtinah, S., Masykuri, M., Ulfa, M., & Shidiq, A. S. (2023). The Effect of an Ethnochemistry-based Culturally Responsive Teaching Approach to Improve Cognitive Learning Outcomes on Green Chemistry Material in High School. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(12), 11029-11037.
Yuliantari, S., & Huda, T. (2023). Integration of Culturally-Responsive Teaching in English Learning. JPBI: Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris, 1(1),1-8.
Refbacks
- There are currently no refbacks.