Analisis Bahan Ajar Tingkat SMP Berdasarkan Muatan ESD pada Materi Keanekaragaman Hayati
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keberadaan muatan ESD dalam bahan ajar IPA SMP Kelas VII pada materi keanekaragaman hayati. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan objek penelitian berupa buku dan modul IPA SMP yang dianalisis berdasarkan indikator Education for Sustainable Development (ESD). Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah pada masing-masing bahan ajar tersebut tidak sepenuhnya memenuhi indikator ESD. Buku Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VII Kurikulum Merdeka memiliki kecocokan isi dengan indikator ESD yang paling tinggi daripada bahan ajar lainnya. Sementara Modul Pembelajaran SMP Terbuka IPA Modul 7 Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya Kelas VII memiliki kecocokan isi dengan indikator ESD yang paling rendah daripada bahan ajar lainnya.
This research aims to describe the presence of Education for Sustainable Development (ESD) content in the teaching materials of Grade VII Science in the subject of biodiversity. The method used in this research is analytical descriptive with the research objects being the science textbooks and modules for Grade VII in junior high school, which are analyzed based on Education for Sustainable Development (ESD) indicators. The results obtained from this research show that each teaching material does not fully meet the ESD indicators. The Grade VII Natural Sciences book of the Merdeka Curriculum has the highest content compatibility with ESD indicators compared to other teaching materials. Meanwhile, the Open Junior High School Learning Module for Science, Module 7: Interaction of Living Organisms with the Environment for Grade VII, has the lowest content compatibility with ESD indicators among the teaching materials.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Clarisa, G., Danawan, A., Fani, A., & Wijaya, C. (2020). Penerapan Flipped Classroom dalam Konteks ESD untuk Meningkatkan Kemampuan Membangun Sustainability Awareness Siswa. 3(1), 13–25.
Damayanti, F. A., & Surjanti, J. (2022). Penerapan Model PBL dengan Konteks ESD dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Sustainability Awareness Peserta Didik. Buana Pendidikan, 18(1), 93. http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_buana_pendidikan/index
Jamaludin, Z. Z. (2022). E-Modul Keanekaragam Hayati Berbasis Education for Sustanable Development Untuk Mendukung Implementasi Flipped Learning. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1550–1570.
Khusniati, M. (2014). Model Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan. Indonesian Journal of Conservation, 3(1), 67–74.
Kusumaningrum, M. E., Roshayanti, F., & Dewi, E. R. S. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Education for Sustainable Development (ESD) Berpotensi Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas X. Jurnal Biologi Pendidikan Dan Terapan, 8(April), 48–70. https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/biopendix/article/view/5115%0Ahttps://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/biopendix/article/download/5115/3856
Mardiah, N. R., Hamdu, G., & Nur, L. (2021). Analisis Muatan Kompetensi Berpikir Kritis dan Topik ESD dalam Modul Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Education and Development, 9(3), 351–357.
Muhammad, S. G. (2016). Perlindungan Keanekaragaman Hayati dalam Hukum Islam. Jurnal Hukum Dan Peradilan, 5(1), 73.
Nursadiah, Suyana, I., & Ramalis, T. R. (2018). Profil Sustainability Awareness Siswa Melalui Integrasi ESD Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Topik Energi di SMP. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SINAFI), 207–212.
Samedi. (2021). Konservasi Keanekaragaman Hayati Di Indonesia: Rekomendasi Perbaikan Undang-Undang Konservasi. Jurnal Hukum Lingkungan Indonesia, 2(2), 1–28. https://doi.org/10.38011/jhli.v2i2.23
Sekarwinahyu, M. (2019). Sejarah dan Konsep Dasar Pendidikan Lingkungan Hidup. Pendidikan Lingkungan Hidup, 1.1-1.42. http://www.pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/PEBI4223-M1.pdf
Utami, D. T., Roshayanti, F., Dewi, E. R. S., & Nugroho, A. S. (2023). ANALISIS BAHAN AJAR BIOLOGI SMA DITINJAU DARI MUATAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGs). JP3: Jurnal Pendidikan Dan Profesi Pendidikan, 09(01), 8–17. https://doi.org/: https://doi.org/10.26877/jp3.v9i1.17029
Refbacks
- There are currently no refbacks.