Analisis Kemampuan Numerasi Siswa SMP pada Materi Suhu dan Kalor Berdasarkan Gaya Belajar (Studi Kasus: SMP Negeri 4 Bandung)

Hestiningsih Hestiningsih, Rika Rafikah Agustin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan numerasi siswa ditinjau dari gaya belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 4 Bandung kelas VII. Subjek dalam penelitian ini adalah 31 siswa dari VII D yang masing-masing memiliki gaya belajar auditori, visual dan kinestetis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan yaitu angket gaya belajar dan tes kemampuan numerasi pada materi suhu dan kalor. Data dianalisis secara deskriptif untuk menggambarkan hasil kemampuan numerasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Siswa dengan gaya belajar Visual memiliki keunikan berupa kreatifitas dan  hasil jawaban nya pun detail dan benar semua. 2) Siswa dengan gaya belajar auditori cenderung memiliki sifat masa bodoh dengan unsur keindahan lembar jawaban dan tidak memberikan alasan secara detail. 3) Siswa dengan gaya belajar Kinestetik memang cenderung mengumpulkan jawaban dengan cepat tetapi mereka tidak menjabarkan jawaban secara detail bahkan tidak juga secara ilmiah dan tidak mementingkan keindahan lembar jawaban.

This research aims to describe and analyze students' numeracy abilities in terms of learning styles. This research was carried out at SMPN 4 Bandung class VII. The subjects in this research were 31 students from VII D, each of whom had auditory, visual and kinesthetic learning styles. This research uses a qualitative approach. The instruments used were a learning style questionnaire and a numeracy ability test on temperature and heat material. Data were analyzed descriptively to describe the results of students' numeracy abilities. The research results show that: 1) Students with a visual learning style are unique in the form of creativity and their answers are all detailed and correct. 2) Students with an auditory learning style tend to be indifferent to the beauty of the answer sheet and do not provide detailed reasons. 3) Students with a Kinesthetic learning style tend to collect answers quickly but they do not explain the answers in detail, not even scientifically and do not attach importance to the beauty of the answer sheet.

Keywords

Numerasi, Gaya Belajar; Auditori; Visual; Kinestetik

Full Text:

PDF

References

Adhimah, O. K., & Ekawati, R. (2020). Perilaku Pemecahan Masalah Siswa SMK dalam Menyelesaikan Masalah Kombinatorika Ditinjau dari Kecemasan Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 346–352. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.211

Adjie, N., Putri, S. U., & Dewi, F. (2020). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematika melalui Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1325–1338. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.846

Ajat Rukajat. 2018. Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach. Yogyakarta: Deepublish.

Al Aslamiyah, T., Setyosari, P., & Praherdhiono, H. (2019). Blended Learning dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Teknologi Pendidikan. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 109–114. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/7862

Anil, A. (2019). Education In The 21 st Century: The Dynamics of Change. The Research Journal of Social Sciences, 10(3), 128 133. https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPFT/article/view/1541

Argarini, D. F. (2018). Analisis Pemecahan Masalah Berbasis Polya pada Materi Perkalian Vektor Ditinjau dari Gaya Belajar. Matematika Dan Pembelajaran, 6(1), 91. https://doi.org/10.33477/mp.v6i1.448

Cahyani, Eka Suci. (2021). Pentingnya mengenali gaya belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran. Yogyakarta : UNY.

Harackiewicz , Judith M & Carol Sansone, Instinsic and Extrinsic Motion; The Search for Optimal Motivation and Performance, (London: Academic Press, 2000), 311.

Irawati, I, Nasruddin & Ilhamdi ( 2021). Pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar ipa. Jurnal Pijar : MIPA, Vol. 16 No.1, Januari 2021: 44-48 DOI:10.29303/jpm.v16i1.2202

Khasanah, B. L., & Dimyati, D. (2021). Pengenalan Pembelajaran Matematika oleh Orang Tua Anak Usia Dini di Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 631–641. https:/doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1016

Krisnasari, S., Suhermah, D., & Latifah, I. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz dalam Pembelajaran Literasi dan Numerasi di PAUD. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan,5(6), 1730–1734. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.635

Pape, S. . (2012). Middle School Children ’ s Behavior : A Cognitive Analysis from a Reading Comprehension Perspective. Education Journal, 35(3). https://doi.org/10.2307/30034912

Puncreobutr, V. (2016). Education 4.0: New Challenge of Learning. Humanitarian and Socio-Economic Sciences, 2(2), 92–97. http://www.stic.ac.th/ojs/index.php/sjhs/article/view/Position%20Paper3

Stearns, P. N. (2013). The Industrial Revolution in World History (4th ed). USA: Westview Press. https://www.amazon.com/IndustrialRevolution-World-History/dp/0813347297

Umrati & Wijaya. (2020). Analisis Data Kualitatif Teori Konsep dalam penelitian Pendidikan. Sulawesi : Sekolah Tinggi Theologya Jaffray

Utami, F., Rantina, M., & Edi, R. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Anak Menggunakan QR Code Pada Materi Sains Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1976–1990. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1882

Wahab, Muhbib Abdul,dkk, Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam, (Jakarta : Prenada Media, 2004) 263

Wahab, Rohmalina, Psikologi Belajar, (Jakarta: Rajawali Pers, 2016), 18.

Wiyani, Novan Ardi & Muhammad Irham, Psikologi Pendidikan (Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran), (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media,2016), 116.

Wiyono, K. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Fisika Berbasis ICT Pada Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(2), 123–131. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/2613

Refbacks

  • There are currently no refbacks.