Pengembangan LKPD Berbasis Ajaran Tamansiswa Tri-N (Niteni, Nirokke, Nambahi) pada Materi IPA untuk Kelas V di SD Mendungan 2 Yogyakarta

Muhammad Munir

Abstract

Penggunaan LKPD dalam pembelajaran masih sederhana karena terbatas pada penggunaan soal-soal latihan dari buku tematik, terutama dalam pembelajaran IPA, sehingga siswa tidak memahami materi yang diajarkan. Penelitian ini menerapkan metodologi R&D. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk membuat LKPD berbasis Tri N yang valid dan praktis untuk pembelajaran gaya dan gerak di kelas V SD Negeri Mendungan 2 Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan pada 8 siswa kelas V SD Negeri Mendungan 2 Yogyakarta dengan uji coba terbatas. Hasil validasi ahli materi menunjukkan persentase 55% (cukup valid), hasil validasi ahli media menunjukkan persentase 91% (sangat valid), dan hasil validasi ahli bahasa menunjukkan persentase 80% (valid). Ini menunjukkan bahwa media telah valid dari aspek materi, media, dan bahasa. Kepraktisan LKPD berbasis Tri-N (Niteni, Nirokke, Nambahi) dalam isi materi IPA kelas V, melalui respon siswa, menunjukkan skor 90,5%, yang menegaskan bahwa LKPD yang dikembangkan sangat praktis dalam penggunaannya. Hal ini diperkuat oleh respon guru yang menunjukkan tingkat kepraktisan sebesar 96%. Terbukti dalam uji coba terbatas, terdapat peningkatan hasil tes siswa yang menggunakan LKPD berbasis Tri-N dalam isi materi IPA kelas V, dari nilai rata-rata awal 64,2 menjadi 96,7.

The use of LKPD in learning is still simple because it is limited to the use of exercise questions from thematic books, especially in science learning, so that students do not understand the material being taught. This research applies the R&D methodology. The purpose of this development research is to create a valid and practical Tri N-based LKPD for learning force and motion in grade V of Mendungan 2 Yogyakarta State Elementary School. This research was conducted on 8 fifth grade students of Mendungan 2 Yogyakarta Elementary School with a limited trial. The results of material expert validation showed a percentage of 55% (quite valid), the results of media expert validation showed a percentage of 91% (very valid), and the results of language expert validation showed a percentage of 80% (valid). This indicates that the media has been valid from the material, media, and language aspects. The practicality of the Tri-N-based LKPD (Niteni, Nirokke, Nambahi) in the content of grade V science material, through student responses, showed a score of 90.5%, confirming that the LKPD developed was very practical in its use. This is reinforced by the teacher's response which shows a practicality level of 96%. Evident in the limited trial, there was an increase in the test results of students who used Tri-N-based LKPD in the content of grade V science material, from the initial average value of 64.2 to 96.7.

Keywords

Elementary School, LKDP Development, Tri-N Based Tamansiswa Teachings

Full Text:

PDF

References

Andayani, A. S. (2021). Relevansi Konsep Niteni, Nirokke, Nambahi dari Ajaran Ki Hajar Dewantara dalam Konteks Pembelajaran Sains. PENSA: E-Jurnal Pendidikan Sains, 1(6), 1–6. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/38483

Aripin, W. A. (2021). Efektivitas perangkat pembelajaran fisika berbasis model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Fisika Indonesia, 3(1), 79–85. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jppfi.v3i1.120

Astuti, T. P. (2019). Model problem based learning dengan mind mapping dalam pembelajaran IPA abad 21. Proceeding of Biology Education, 3(1), 64–73. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.9

Azam, I. F. (2020). analisis materi IPA kelas iv tema indahnya kebersamaan dengan hots. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 21(1), 100–110. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/jid.v21i1.5970

Azhiimah. (2021). An analysis of online learning media in promoting learners’ autonomy during covid-19 pandemic. Journal of Physics: Conference Series, 1(1810), 123–130. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1088/1742-6596/1810/1/012070

Azizah, N. A. H. (2023). Problem Based Learning Based on Tamansiswa Tri N Teachings to Improve the Capital Letters Mastery in Elementary School. Proceedings of International Conference on Teacher Profession Education, 1(1), 426–446.

Cahya, P. (2023). Analisis Model Pembelajaran Memirsa di Kelas 2 SD IT Muhammadiyah Bandongan Kabupaten Magelang. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 9939–9947. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.2492

Desstya, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Materi Perkembangbiakan Makhluk Hidup sebagai Alternatif Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 90–99. https://doi.org/https://doi.org/10.32332/elementary.v9i2.7337

Ermawati dkk. (2020). Application of Tri-N (Niteni-Nirokke-Nambahi) in The Curriculum High School Story Text Book 2013. Proceedings: The International Conference On Technology, Education, And Science, 2(1), 93–96.

Fitria, Z. (2021). Analisis Keaktifan Siswa Melalui Computer Based Instruction Model Simulasi dalam Pembelajaran IPA di MI 01 Rejang Lebong. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 227.

Hidayati, B. N. (2021). Efektifitas LKPD Elektronik sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2), 1–18. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.668

Jannah, I. K. J. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis CTL pada Kurikulum Merdeka Muatan IPAS. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 6164–6172. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2584

Lestari, E. A. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Eksperimen Ipa Kelas V SD/MI.

Munir, M. (2023). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran PKn untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas II. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 48–65. https://doi.org/https://doi.org/10.32332/elementary.v9i2.7677

Noprinda, C. T. (2019). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis higher order thinking skill (HOTS). Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(2), 168–176. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24042/ijsme.v2i2.4342

Prananda, G. (2020). Meningkatkan hasil belajar menggunakan media lagu anak dalam pembelajaran ipa sekolah dasar. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2), 304–314. https://doi.org/https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.830

Purba, P. (2023). Penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran IPAS kelas IV di SD Negeri Tahunan Yogyakarta. Bulletin of Educational Management and Innovation, 1(2), 136–152. https://doi.org/https://doi.org/10.56587/bemi.v1i2.80

Rahayu, C. W. (2023). Penerapan Metode Eksperimen Materi Rangkaian Listrik Kelas VI di Sekolah Dasar. Perspektif: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Bahasa, 1(4), 143–153. https://doi.org/https://doi.org/10.59059/perspektif.v1i4.669

Rukmana, G. W. (2023). Buku Cerita Anak Dwibahasa Bermuatan Tri Hita Karana Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 1–19. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.61595

Solikhah. (2020). Kelayakan lembar kerja peserta didik (LKPD) berorientasi guided discovery untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis materi ikatan kimia kelas X SMA. Unesa Journal of Chemical Education, 9(2), 253–261. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/ujced.v9n2.p253-261

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta: Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development (Cet 4). Bandung: Alfabeta.

Tunjungbiru, A. C. (2023). Penerapan LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4(2), 199–208.

Yamin, M. (2020). Pembangunan pendidikan merdeka belajar (telaah metode pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 1–17. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.58258/jime.v6i1.1121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.