Studi Literatur: Analisis Penggunaan Media Video pada Mata Pelajaran IPA di SD
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian studi kepustakaan (library research) yang mengkaji mengenai penggunaan media video pada mata pelajaran IPA di sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis media video yang menarik perhatian siswa dalam pembelajaran IPA, yang membantu siswa dalam memahami materi, yang meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, serta menganalisis kesulitan atau hambatan dalam penggunaan media video di sekolah dasar. Metode penelitian ini yaitu dengan mengumpulkan data dari jurnal-jurnal, terutama yang diterbitkan dalam 10 tahun terakhir, dengan pencarian melalui google schoolar. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder, yang diperoleh secara tidak langsung. Instrument yang digunakan yaitu matriks jurnal dan dokumen. Dari Hasil analisis artikel maka diperoleh hasil penelitian yaitu penggunaan media video dapat menarik perhatian siswa dalam proses pembelajaran, sehingga membantu siswa dalam memahami materi yang berdampak pada peningkatan hasil belajar dan motivasi belajar siswa, adapun hambatan yang dialami menjadikan guru dan siswa lebih belajar lagi untuk menemukan solusi dengan baik.
This research is library research which examines the use of video media in science subjects in elementary schools. The aim of this research is to analyze video media that attracts students' attention in science learning, which helps students understand the material, which increases student motivation and learning outcomes, as well as analyzing difficulties or obstacles in using video media in elementary schools. This research method is to collect data from journals, especially those published in the last 10 years, by searching via Google School. The type of data used is secondary data, which is obtained indirectly. The instruments used are journal and document matrices. From the results of the analysis of the article, research results were obtained, namely that the use of video media can attract students' attention in the learning process, thereby helping students understand the material which has an impact on improving learning outcomes and student learning motivation, while the obstacles experienced make teachers and students learn more to discover solution well.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, M. (2009). Pengembangan media pembelajaran interaktif mata kuliah medan elektromagnetik. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1).
Aliyyah, R, R., et al. (2021).Upaya Pembelajaran Hasil Belajar Ipa Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran. Jurnal Sosial Humaniora, 12(1), 54-72.
Aliyyah, R.R., et al. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya Menggunakan Media Video Pembelajaran, AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2)
All, A., Castellar, E. N. P., & Van Looy, J. (2021). Digital Game-Based Learning Effectiveness Assessment: Reflections on Study Design. Computers and Education, 167, 167. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104160.
Allen & Meyer. (1997). Commitment In The Workplace (Theory, Research and Application). Sage Publication London.
Alwi, S. (2017). Problematika Guru Dalam Pengembangan Media Pembelajaran. Itqan, 8(2), 145–167. http://ejurnal.iainlhok seuma we.ac.id/index.php/itqan/article/download/107/65/
Arif Yudianto. 2017. Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional. Universitas Muhammadiyah Sukabumi. ISBN. 978-602-50088-01
Arsyad, A. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Asri, D. N., Cahyono, B. E. H., & Trisnani, R. P. (2021). Early Reading Learning for Special Needs Students: Challenges on Inclusive Primary School During COVID-19 Pandemic. Linguistics and Culture Review, 5(S1), 1062–1074. https://doi.org/10.21744 /lingcure.v5ns1.1489.
Asyhar, R. (2011). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.
Candra, F.A., & Sinaga, F.J. (2022). Kendala Guru dalam Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Information Communication Technology (ICT) di SD. Prosiding pendidikan dasar, 1(1)
Desstya, A. (2014). Penguatan karakter siswa sekolah dasar pembelajaran IPA. Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 193-200
Fitriani, N.L.P., & Yudiana, K. (2022). Video Pembelajaran Berbasis Wondershare Filmora pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V. Mimbar PGSD Undiksha, 10(1), 73-83
Golu, S.F. (2016). Penggunaan Media Video untuk Meningkatkan Minat Belajar IPA Kelas IV SD Negeri Bakalan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, edisi 7 tahun ke-5.
Gunawan, I, Palupi, A.R. (2016), Taksonomi Bloom – Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, Dan Penilaian. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 2(2), 98-115.
Haidir, M., Farkha, F., & Mulhayatiah, D. (2021). Analisis Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video pada Pembelajaran Fisika. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) FKIP UM Metro, 9(1), 81-89
Hapsari, G.P.P., & Zulherman. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva Pada Pembelajaran IPA. Pancasakti Science Education Journal PSEJ, 6(1), 22 -29
Heinich, R., et. al. (2002). Instructional Media and Technologies for Learning. New Jersey: Prentice Hall, Englewood Cliffs.
Ibda, F. (2015). “Perkembangan Kognitif Teori Jean Piaget”. Jurnal Intelektualita. 3, (1), 27-38
Insani, M.D. (2016). Studi pendahuluan identifikasi kesulitan dalam pembelajaran pada guru ipa smp se-kota malang. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 81-93
Insani, M.D. (2016). Studi Pendahuluan Identifikasi Kesulitan dalam Pembelajaran pada Guru IPA SMP Se-Kota Malang. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 81-93
Iwantara, I.W., Sadia, I.W., & Suma, I.K. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Video Youtube dalam Pembelajaran IPA terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4
Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064 – 1074. https://doi.org /10.31004/basicedu.v6i1.2124.
Jatmiko, P. D., Wijayantin, A., & Susilaningsih, S. (2017). Pengaruh Pemanfaatan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas Iv Sekolah Dasar. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 153–156.
Kurniawan, D., Kuswandi, D., & Husna, A. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPA tentang Sifat dan Perubahan Wujud Benda Kelas IV SDN Merjosari 5 Malang. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran) Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajaran, 4(2), 119–125. https://doi. org/10.17977/um031v4i22018p119.
Kurniawan, T.D. (2016). Pengarung Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V SD Tahun Ajaran 2015/2016.
Ma, Y., Wang, Y., Fleer, M., & Li, L. (2022). Promoting Chinese Children’s Agency in Science Learning: Conceptual Playworld as a New Play Practice. Learning, Culture and Social Interaction, 33, 100614. https://doi.org/10.1016/j.lcsi.2022.100614.
Supriyani, M.D., Japa, I.G.N., & Margunayasa, I.G. (2021). Tingkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Dengan Media Video Animasi Pembelajaran. Mimbar PGSD Undiksha, 9(3), 523-533
Munadi. 2008. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Perss.
Pamungkas, W.A.D., & Koeswanti, H.D. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal ilmiah pendidikan profesi guru, 4 (3), 346-354
Panggabean, F., et al. (2021). Analisis Peran Media Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA SMP. Jurnal Pendidikan Pembelajaran IPA Indonesia 2(1), 7-12
Roulina, P.E. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. ESJ (Elementary School Journal), 11(2)
Purwono, J., Yutmini, S., & Anitah, S. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacita. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2),127–144
Putri, N. (2021). Efektifitas penggunaan media video untuk meningkatkan pengenalan alat musik daerah pada pembelajaran IPS bagi anak tunagrahita ringan di SDLB 20 Kota Solok. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(2), 318- 328.
Rachmawati, A., & Erwin. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7637 – 7643
Ramdhani, M. A., & Muhammadiyah, H. (2015). The Criteria of Learning Media Selection for Character Education in Higher Education.
Risky, S. M. (2019). Analisis Penggunaan Media Video pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar. Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 28(2), 73–79. https://doi.org/10.17977/um009v28i220 19 p073.
Riyana, C. (2007). “Pedoman Pengmbangan Media Video”. Jakarta: P3AI UPI. Hotmaaulina Sihotang. 2020. “Materi Pembelajaran Pengembangan Pembelajaran”. Jakarta: UKI Press
Samatowa, U. (2011). Pembelajaran IPA di Sekolah dasar. Jakarta: Indeks
Sarnoko, Ruminiati, & Setyosari, P. (2016). Penerapan Pendekatan Savi berbantuan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 1 Sanan Girimarto Wonogiri. Jurnal Pendidikan, 7(1). https://doi.org/http ://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i7.6524.
Soewarno, Hasmiana, & Faiza. (2016). Kendala-kendala yang dihadapi guru dalam memanfaatkan media berbasis komputer di sd negeri 10 banda aceh. Jurnal pesona dasar, 2 (4), 28 -39
Sudiarta, I. G. P., & Sandra, I. (2016). Pengaruh Model Blended Learning berbantuan Video Animasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 49(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jppundiksha.v49i2.9009.
Supriyadi. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta : Jaya Ilmu.
Suranto, A. (2019). Problematika guru dalam menerapkan media video pada pembelajaran tematik kelas rendah di sdn mukiran 03 [Skripsi] diakses online. Universitas Muhammadiyah Surakarta. https://eprints. ums.ac.id/79834/1/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf
Susilana, R., Si, M., & Riyana, C. (2008). Media pembelajaran: Hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian. CV. Wacana Prima
Titin & Safitri, E. (2021). Studi Literatur: Pengembangan Media Pembelajaran dengan Video Animasi Powtoon. Jurnal Inovasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 74-80
Wahyuni, S., et al. (2021). The Development of E-Student Worksheet on Environmental Pollution to Improve Critical Thinking Skills of Junior High School Students. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(4), 723–728. https://doi.org/10.29303/jppipa .v7i4.870.
Wulandari, Y., Ruhiat, Y., & Nulhakim, L. (2020). Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 8(2), 269-279
Yulaelawati, E. (2004). Kurikulum dan Pembelajaran Filosofi Teori dan Aplikasi. Bandung: Pakar Raya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.