Hubungan Konsentrasi Belajar dan Berpikir Kreatif Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP pada Materi Pesawat Sederhana

Yesi Agustin, Bakti Mulyani, Sarwanto Sarwanto

Abstract

Kompetensi abad 21 menuntut kemampuan dan keterampilan siswa, keterampilan yang saat ini diperlukan diantaranya adalah berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara konsentrasi belajar dan berpikir kreatif dengan hasil belajar secara parsial dan simultan. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi pada penelitian ini yaitu semua siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Baki Sukoharjo Tahun Ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel yaitu cluster random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII G dan VIII H. Pengumpulan data dengan teknik survei untuk konsentrasi belajar, berpikir kreatif dan hasil belajar afektif serta lembar tes untuk hasil belajar kognitif dan psikomotor. Analisis data menggunakan uji korelasi sederhana dan berganda dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara konsentrasi belajar dan berpikir kreatif dengan hasil belajar baik secara parsial atau simultan. Derajat hubungan antar variabel independen dengan variabel dependen baik secara parsial atau simultan berdasarkan nilai koefisien korelasi hasilnya menunjukan bahwa hubungan yang terbentuk termasuk pada kategori hubungan yang sangat kuat. Hasil pembahasan pada penelitian ini mengandung implikasi agar siswa meningkatkan konsentrasi belajar dan kemampuan berpikir kreatif agar hasil belajar IPA yang didapatkan optimal.

Keywords

Konsentrasi belajar; berpikir kreatif; hasil belajar IPA

Full Text:

PDF

References

Annisa, A., A., N. (2020). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Matematika Berorientasi PISA Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Baki. Skripsi. Retrieved from https://eprints.ums.ac.id/88249/2/ARTIKEL%20PUBLIKASI.pdf.

Artika, Maria. (2017). Hubungan Kreativitas dengan Hasil Belajar Siswa dalam Pokok Bhasan Keliling dan Luas Lingkaran pada Siswa Kelas VIII. Skripsi. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Ekantini, A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran IPA di Masa Pandemi Covid-19:Studi Komparasi Pembelajaran Luring dan Daring pada Mata Pelajaran IPA SMP. Jurnal Pendidikan Madrasah, 5(2), 187-193.

Hamdi, A. S. & Bahruddin, E. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta : Deepublish.

Haslianti. (2019). Pengaruh Kebisingan dan Motivasi Belajar terhadap Konsentrasi Belajar pada Siswa di MTS Antasari Samarinda. Psikoborneo. 7(4). 875-885.

Husamah, H., Eko, S., & Endrik, N. (2020). Analysis of Students’ Collaborative, Communication, Critical. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika https://journalcenter.litpam.com/index.php/e-Saintika/index. 6(1).

Iseu, L., & Ikmalus, S. (2021). The Relationship Between Student’s Creativity and Cognitive Learning Outcome Through the Implementation of Project Based Learning on Biology. Journal of Biology Education. 4(1).http://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jbe.Thinking, and Creative Abilities through Problem-Based Learning

Ismah. (2018). Analisis Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaram Matematika Ditinjau dari Hasil Belajar. Seminar Nasional Pendidikan Matematika. 1(6). https://journal.uhamka.ac.id/index.php/senamku/article/download/2653/777.

Kinantari, Fratika, F., & Yahya, M. (2014). Pengaruh Konsentrasi Belajar Dan Kreativitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS Di SMA Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Retrieved from https://eprints.ums.ac.id/29518/.

Muhammad, M. (2016). Pengaruh Motivasi dalam Pelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 87-97.

Munandar, U. (2014). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta : Rineka Cipta.

Nasriruddin, M., A. & Idris, H. (2022). Pengaruh Konsentrasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada SMK Negeri 1 Sinjai. Journal of Social Science and Character Education. 1(1). https://ojs.unm.ac.id/Ecoculture.

Puryadi, Sahono, Bambang, Turdjai.(2017). Pelajaran, Mata, Kelas V Sd, and Negeri Gugus. “DIADIK: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 7(2), 2017 ISSN 2089-483x.”7(2):132-40.

Sappaile, I. (2022). The Relationship between Learning Concentration and Student Emotional Maturity to Mathematics Learning Outcomes of Class X Students of High School. SAINSMAT: Journal of Applied Sciences, Mathematics, and Its Education ISSN: 2776-3641. 11(2).https://doi.org/10.35877/sainsmat427.

Setyaningsih, E., N., Sunarno, W., & Ariyanto, J. (2022). Hubungan Kreativitas dengan Hasil Belajar Siswa pada Materi Getaran Gelombang dan Bunyi. Jurnal Penelitian Pendidikan. 25(1). 15-30. http://jurnal.uns.ac.id/paedagogia.

Sinaga, A., R. & Sahat, S. (2020). Studi Literatur Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Pendekatan Open-Ended. Jurnal Inspiratif. 8(2).

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Susanti, D.,S., Sukmawaty, Y., & Salam, N. (2019). Analisis Regresi dan Korelasi. Malang: CV IRDH.

Winata, I. K. (2021). Konsentrasi dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 13-24.

Yohanes, Puspitasari, T.,O., & Putri, Y.,E. (2019). Sikap Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah). 3(2). 79-85. https://doi.org/10.30599/jipfri.v3i2.537.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.