Pengembangan E-Book IPA Terpadu Berbasis Etnosains Kain Tenun Ikat Parengan
Abstract
E-book IPA bebasis etnosains merupakan media pembelajaran hasil inovasi dari perkembangan teknologi, dengan maksud untuk menjadikan pembelajaran IPA berbasis kearifan lokal menjadi menarik dan mudah dipahami oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan produk dan respons siswa terhadap media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D oleh Thiagarajan. Sampel penelitian sebanyak 34 siswa kelas VII-E SMPM 15 Brondong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Media e-book IPA berbasis etnosains layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan nilai rata-rata validitas pada aspek media sebesar 0,90 dalam kategori sangat valid dengan nilai rata-rata reliabilitas sebesar 99,14% dalam kategori sangat reliabel. Pada aspek materi memperoleh nilai rata-rata validitas sebesr 0,96 dalam kategori sangat valid dan nilai rata-rata 99,61% dalam kategori sangat reliabel. (2) Respons siswa terhadap e-book IPA sangat baik dengan nilai rata-rata pada uji coba skala kecil dan skala besar sebesar 84,20% dan 86,20% dalam kategori sangat baik, menunjukkan bahwa siswa sangat tertarik untuk membaca e-book IPA berbasisi etnosains.
Ethnoscience-based Science E-books are learning media, as a result of innovation from technological developments, to make science learning simple and interesting, and easy for students. The development design was 4D for Thiagarajan. This research aims to determine the feasibility of learning media, and students responses to learning media. The media trials were conducted on 34 students in classes VII-E at SMPM 15 Brondong. The result showed that: (1) Science E-book media were suitable for use as a learning medium with an average validity result of 0.90 in the media aspect in the very valid category and an average media reliability result of 99.14% in the reliable category. The average validity result on the material aspect was 0.96 in the very valid category, with an average media reliability result of 99.61% in the reliable category, (2) The average readability result for the small group were 84.20% in the high-interest category. The average readability result in the big group was 86.20% in the high-interest category, indicating that student are very interested in reading the Ethnoscience-based Science E-books.
Full Text:
PDFReferences
Adnyani, I. G. A. A. W., Subagia, I. W., & Tika, I. N. (2021). Pengembangan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing Dengan Mengintegrasikan Pendidikan Karakter Pada Materi IPA Kelas VIII SMP Semester 2. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 15(2), 115–125. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPM/article/view/37690
Agung, A., Trisna, A., Andayani, Y., Arian, Y., & Anwar, S. (2022). Pengembangan LKPD IPA SMP Berbasis Etnosains Terintegrasi Culturally Responsive Transformative Teaching ( CRTT ). Journal of Classroom Action Research, 4(4), 131–135. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i4.2396
Ahmad, L. S., Sakti, I., & Setiawan, I. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Fisika Berbasis Etnosains Menggunakan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sma. Jurnal Kumparan Fisika, 3(2), 121–130. https://doi.org/10.33369/jkf.3.2.121-130
Andaresta, N., & Rachmadiarti, F. (2021). Pengembangan E-Book Berbasis Stem Pada Materi Ekosistem Untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Siswa. Bio Edu, 10(2), 635–646. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu
Angriani, A. D., Kusumayanti, A., & Yuliany, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Book pada Materi Aljabar. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 13–30. https://doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2244
Astuti, S. P., & Sumarni, R. A. (2022). Pengembangan E-Modul Kalfis Kinematika Menggunakan Aplikasi Flip Builder. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(3), 424–430. https://doi.org/10.30998/sap.v6i3.11285
Azizah, V. N., & Budijastuti, W. (2021). Media Pembelajaran Ilustratif E-Book Tipe Flipbook Pada Materi Sistem Imun Untuk Melatihkan Kemampuan Membuat Poster. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 2(2), 40–51. https://doi.org/10.26740/jipb.v2n2.p40-51
Brilianto, B. B., & Julaikah, D. I. (2021). Analisis Bahan Ajar Keterampilan Menulis Buku Deutsch Ist Einfach Untuk SMA Kelas XII Semester 1. E-Journal Laterne, 10(3).
Damayanti, F. R., Amintarti, S., & Rezeki, A. (2022). Pengembangan E-Booklet Jenis-Jenis Jamur Makroskopis Di Taman Buah Lokal Kawasan Mangrove Rambai Center Sebagai Bahan Ajar Biologi Di SMA. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 157–172. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss3.163
Donna, R., Egok, A. S., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Powtoon pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3799–3813. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1382
Elviana, D., & Julianto, J. (2022). Pengembangan Media Smart Apps Creator (SAC) Berbasis Android Pada Materi Suhu Dan Kalor Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(04), 746–760.
Fatimah, S., & Nuraninda, F. A. (2021). Peranan Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Remaja Generasi 4.0. Jurnal Basicedu, 5(5), 3705–3711. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1346
Fidiantara, F., Jufri, A. W., & Hadiprayitno, G. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Android Terintegrasi Game Logika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1086–1097. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.741
Fitriasih, R., Kasrina, I., & Kasrina, K. (2019). Pengembangan Booklet Keanekaragaman Pteridophyta Di Kawasan Suban Air Panas Untuk Siswa Sma. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 3(1), 100–108. https://doi.org/10.33369/diklabio.3.1.100-108
Fuad, A., Karim, H., & Palennari, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Magazine sebagai Sumber Belajar Biologi Siswa Kelas XII. Biology Teaching and Learning, 3(1). https://doi.org/10.35580/btl.v3i1.14298
Hendra, H., & Agustin, D. (2022). Eksistensi Tenun Songket Halaban Kabupaten Lima Puluh Kota. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 11(1), 202. https://doi.org/10.24114/gr.v11i1.28908
Irmawati, I., Syahmani, S., & Yulinda, R. (2021). Pengembangan Modul IPA Pada Materi Sistem Organ Dan Organisme Berbasis STEM-Inkuiri untuk Meningkatkan Literasi Sains. Journal of Mathematics Science and Computer Education, 1(2), 64. https://doi.org/10.20527/jmscedu.v1i2.4048
Jasrial, Sulastri, Kristiawan, M., & Saputra, A. (2022). Development of E-book Teaching Materials in Improving Student Literacy. Educational Sciences: Theory and Practice, 22(1), 62–77. https://doi.org/10.12738/jestp.2022.1.0006
Kinasih, S., & Sinaga, K. (2020). Kajian Penerapan Teori Pembelajaran Bermakna Ausubel Berdasarkan Perspektif Alkitabiah Pada Materi Hidrokarbon [a Study on the Application of Ausubel’S Meaningful Learning Theory on Hydrocarbon Chemical Learning Based on a Biblical Perspective]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 16(2), 141. https://doi.org/10.19166/pji.v16i2.2128
Kurniawan, R., & Winarsih. (2022). Pengembangan E-Book Berbasis Inkuiri Pada Materi Ekosistem Untuk Melatih Keterampilan Literasi Sains Peserta Didik Kelas X SMA. BioEdu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 11(1), 250–262.
Laily, M. P. T., & Shofiyan, A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Mapel Fikih Berbasis Komunikatif. Jurnal Education and Development, 9(3), 237.
Liana, Wiryokusumo, I., & Leksono, I. P. (2021). Pengembangan E-Book Berbasis Problem Based Learning Pada Pelajaran Bahasa Jawa Kelas IV Sekolah Dasar. JINOTEP (Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran), 8(3), 289–298. https://doi.org/10.17977/um031v8i32021p289
Maskar, S., & Priatna, N. (2023). Penerapan Sistem Pembelajaran Berbasis Video bagi Siswa SMP pada Materi Ekspresi Aljabar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 289–301. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1972
Mayasari, A., Asrizal, A., & Festiyed, F. (2022). Meta Analisis Pengaruh Media Pembelajaran Elektronik Terhadap Hasil Belajar Dan Pemahaman Konsep Siswa. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 8(1), 10. https://doi.org/10.31764/orbita.v8i1.7056
Muamanah, H., & Suyadi. (2020). Pelaksanaan Teori Belajar Bermakna David Ausubel Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 5(01), 161–180. https://doi.org/10.29240/belajea.v5
Nora, Y., Jusar, I. R., Rahmadani, A. F., & Safitri, T. A. (2022). Validitas E-Modul IPS Lectora Inspire Berbasis Discovery Learning Untuk Kelas Iv Sekolah Dasar. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 31. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v7i2.5478
Novayana, I. G., Margunayasa, I. G., & Renda, N. T. (2021). Bahan Ajar E-Modul Intaraktif Muatan IPA Materi Zat Tunggal dan Campuran. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 59–68.
Nugraha, D., Rianawati, A. I., & Lestari, S. M. (2022). Pengembangan E-Book “Kingdom of Islamic” Sebagai Media Digital untuk Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3346–3352. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2719
Nugroho, A. S., & Daniamiseno, A. G. (2022). Pengembangan E-Book Mitigasi Bencana Gunung Api Berbasis Prinsip- Prinsip Desain Pesan Pembelajaran untuk Siswa SMP. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, x(x), 114–122. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jitp.v9i1.21690
Paridotul, S. N., Aliyyah, R. R., & Firmansyah, W. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Sembia Sosis Berbasis Android Untuk Siswa Sekolah Dasar. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 69–87. https://doi.org/10.29240/jpd.v6i1.4024
Pratiwi, R. S., & Rachmadiarti, F. (2022). Pengembangan E-Book Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (Stem) Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Sains. Bio Edu, 11(1), 165–178. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n1.p165-178
Putrislia, N. A., Airlanda, G. S., Kristen, U., & Wacana, S. (2021). Pengembangan E-Book Cerita Bergambar Proses Terjadinya Hujan untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2036–2044. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1032
Ramdiah, S., Abidinsyah, A., & Royani, M. (2020). South Kalimantan Local Wisdom-Based Biology Learning Model. European Journal of Educational Research, 9(2), 639–653. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.2.639
Retnosari, D. S., & Hakim, L. (2021). E-Modul Interaktif Perbankan Syariah sebagai Bahan Ajar Alternatif dalam Menunjang Perkuliahan Daring Mahasiswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 206–214. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/index
Rindaryati, N. (2021). E-Modul Counter Berbasis Flip Pdf pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 192–199. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v5i2
Rochman, C., Nasrudin, D., Rokayah, R., Mulyani, S., Pertiwi, C. S. R., & Ginanjar, G. (2020). Distance Learning During the Covid-19 Pandemic: Strengthening of Character, Productivity, and Stem Competency. Jurnal Pena Sains, 7(2), 130–140. https://doi.org/10.21107/jps.v7i2.8261
Sarwi, S., Nisa, G., & Subali, B. (2021). An analysis of critical thinking skill and interpersonal intelligence in the development of ethnoscience-based teaching material salt production An analysis of critical thinking skill and interpersonal intelligence in the development of ethnoscience-based. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1918/5/052060
Sulistri, E., Sunarsih, E., & Utama, E. G. (2020). Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis Etnosains di Sekolah Dasar Kota Singkawang. Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 522–531. http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/index
Suryani, D., Sidik, R. F., Hadi, W. P., Yasir, M., & Sutarja, C. (2023). Pengembangan Media Web Mobile Learning Berbasis Etnosains Pada Materi Konduktivitas. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 12(1), 1–14. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v12i1.64060
Sutiyarsi, T. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ips Melalui Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Di SMPN 181 JAKARTA. Jurnal Pendidikan Berafiliasi Dengan Politeknik Tunas Pemuda, 6(1), 46–67.
Suwarno, R. N., & Rahmatullah, R. (2020). E-Book Interaktif Terintegrasi Kearifan Lokal Karawitan sebagai Bahan Ajar Kontekstual IPA SMP: Analisis Konten. Indonesian Journal of Applied Science and Technology, 2(2), 77–82. https://journal.publication-center.com/index.php/ijast/article/view/938
Ulya, N. H., Lutfiati, D., Pritasari, O. K., & Wilujeng, B. Y. (2021). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Flipbook Pada Kompetensi Dasar Pemangkasan Rambut Teknik Increase Layer Kelas XI SMK. Bio Edu, 10(3), 132–144.
Wahyuni, L., & Rahayu, Y. S. (2021). Pengembangan E-Book Berbasis Project Based Learning (Pjbl) Untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan Tumbuhan Kelas XII SMA. Bio Edu, 10(2), 314–325. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu
Wardani, M. A., Faiz, A., & Yuningsih, D. (2021). Pengembangan Media Interaktif Berbasis E-Book Melalui Pendekatan SAVI Pada Pembelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(2), 230–239.
Wimajaya, I. G. A. B., Cahyani, N. P. P. M., Julianto, I. N. L., Cahyadi, I. W. A. E., Wirakesuma, I. N., & Yasa, G. P. P. A. (2022). Media Sosialisasi Edukasi Majalah Dan Flipbook Pencegahan Stunting Bagi Ibu Hamil. Abdi Widya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 45–53.
Winatha, K. R. (2019). Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Proyek Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 188–199. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14021
Yuniarni, D., Sari, R. P., & Atiq, A. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Video Senam Animasi Berbasis Budaya Khas Kalimantan Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 290. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331
Refbacks
- There are currently no refbacks.