Keefektifan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Berbantu Pop-Up Digital dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep IPAS Kelas V SDN Getas Pejaten

Ema Rosilia, Siti Masfuah, Eka Zuliana

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yaitu kegiatan belajar kurang bervariatif, siswa dari kedua kelas kurang minat dalam membaca dan kemampuan pemahaman konsep yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji tingkat keefektifan penggunaan model pembelajaran CIRC berbantu Pop-Up Digital dalam meningkatkan pemahaman konsep IPAS siswa. Penelitian ini adalah pada penelitian kuantitatif Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 01 Getas Pejaten yang berjumlah 39 siswa dan siswa kelas V SDN 2 Getas Pejaten yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes tertulis dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji Independent Sample T-Test, dan N-Gain. Hasil uji Independent Sampel T-Test menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) 0.000 yang mana angka tersebut < 0,05 sehingga terdapat perbedaan rata-rata posttest pada kelas kontrol dan eksperimen. Hasil uji N-Gain diperoleh nilai 0.62 yang mana angka tersebut tergolong pada indeks 0,30 < N-Gain < 0,70 dengan kategori peningkatan “sedang”. Presentase N-Gain 62,75% , jadi dapat disimpulkan jika peningkatan pada penelitian ini tergolong “cukup efektif”.

This research is based on the problem of a lack of variety; students from both classes exhibit a lack of interest in reading and low comprehension skills. The purpose of this study is to test the level of effectiveness of the use of the Pop-Up Digital Pop-Up assisted CIRC learning model in improving students' understanding of IPAS concepts. This research employs a quantitative quasi-experimental design with a Pretest-Posttest Control Group design. The sample in this study consisted of 39 grade V students from SDN 01 Getas Pejaten and 34 grade V students from SDN 2 Getas Pejaten. The data collection techniques used are written tests and documentation. The data analysis techniques used are the Independent Sample T-Test and the N-Gain tests. The results of the Independent Sample T-Test showed a Sig. (2-tailed) value of 0.000, which is < 0.05, so that there was a difference in the average posttest in the control and experimental classes. The results of the N-Gain test obtained a value of 0.59, which is classified as an index of 0.30 < N-Gain < 0.70. With a "moderate" upgrade category. The percentage of N-Gain is 59.27%, so it can be concluded that the improvement in this study is classified as "quite effective".

Keywords

CIRC, Pemahaman Konsep, Pop-Up Digital

References

Aditiany, V., Rani, D., & Pratiwi, T. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 3 Kuningan). Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 18, 2. https://journal.uniku.ac.id/index.php/Equilibrium

Aini, Q, Almadinab, M., Safitri, V., & Mawaddah, N. (2021). Pop-Up Digital sebagai Media untuk Menumbuhkan Motivasi Membaca Anak. Journal of Childhood Education), 5(2), 516–531. http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/JCE

Aisyah, & Dahnial, I. (2024). Pengembangan Media Pop-Up Book Digital Pembelajaran PPKn Materi Negeriku Indonesia Kelas IV SDN 102017 Sei Rampah. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(1). http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/index

Barut Tugtekin, E., & Dursun, O. O. (2022). Effect of animated and interactive video variations on learners’ motivation in distance Education. Education and Information Technologies, 27(3), 3247–3276. https://doi.org/10.1007/s10639-021-10735-5

Fitriana, I. A., Andinasari, A., & Utari, R. S. (2023). Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Kemampuan Numerasi dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(3), 312–318. https://doi.org/10.37478/jpm.v4i3.2790

Hafsah, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative, Integrated, Reading, and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Topik Organ Gerak Manusia. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14, 1–2. http://journal.unpak.ac.id/index.php/pedagogia

Harefa, D., Sarumaha, M., Fau, A., Telaumbanua, T., Hulu, F., Telambanua, K., Sari Lase, I. P., Ndruru, M., & Marsa Ndraha, L. D. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 325. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.325-332.2022

Hendriana, E. C., & Jacobus, A. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Melalui Keteladanan dan Pembiasaan. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 25–29.

Karim, M. F., & Fathoni, A. (2022). Pembelajaran CIRC dalam Menumbuhkan Keterampilan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5910–5917. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3164

Kusrianto, & Wuryanto. (2016). Keefektifan Model Pembelajaran Core Berbantuan Pop Up Book Terhadap Kemampuan Siswa Kelas VIII Pada Aspek Representasi Matematis. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(2). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme

Mardiah, D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integratide Reading and Composition Terhadap Perilaku Sosial dan Spiritual Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam |, 5(1), 106–107.

Masfuah, S. (2015). Pengaruh Kecakapan Personal terhadap Literasi Sains Siswa. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2.

Masfuah, S., Astuti, N. D., & Ahsin, M. N. (2020a). Efektivitas Model Group Investigation Berbantuan Media Watak Kalinyamatan Terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Wasis: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 61.

Masfuah, S., Astuti, N. D., & Ahsin, M. N. (2020b). Efektivitas Model Group Investigation Berbantuan Media Watak Kalinyamatan terhadap Pemahaman Konsep Siswa. WASIS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2.

Masfuah, S., & Fakhriyah, F. (2017). Developing The Understanding of Scientific Concept Based on The Aspect of Science Literacy for Students of Elementary School Education Program Through The Application of Project Based Learning. Unnes Science Education Journal, 6. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej

Masfuah, S., Puspita Sari, N., & Ardana Riswari, L. (2023). Peningkatan Kemampuan Numerasi Siswa Kelas V dengan Model Two Stay Two Stray Berbantuan Tabung Misteri. Ideguru : Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 708. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.696

Mulyatna, F. (2023). Deskripsi Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Bangun Ruang Menggunakan Metode Diskusi Kelompok. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 109–110.

Mwakartiningsih, L. (2014). Analisis Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi UNS, 2(1), 2–3.

Nasim, S. M., Mohamed, S. M. S., Anwar, M. N., Ishtiaq, M., & Mujeeba, S. (2024). Assessing the pedagogical effectiveness of the web-based cooperative integrated reading composition (CIRC) technique to enhance EFL reading comprehension skills. Cogent Education, 11(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2024.2401667

Nengsih, S. (2024). Optimalisasi Penggunaan Media Pembelajaran untuk Memahami Sistem Pencernaan Manusia pada Tingkat Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 33(01), 49–58. http://journal2.um.ac.id/index.php/sd

Noviyanti, & Margunayasa. (2020). Animal and Human Digestive System Material of the Fifth Grade Elementary School in the form of Pop-Up Book Media. Journal of Education Technology, 4(2), 161–169.

Nugraha. (2018). Hubungan Minat Membaca dan Kemampuan Memahami Wacana dengan Keterampilan Menulis Narasi. Indonesian Journal of Primary Education, 2(1), 19–29.

Ratnayanti. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative, Integrated, Reading, and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA. JurnalTeknologi Pendidikan, 9(2), 174–176. http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/TEK

Rindengan, M. E. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Pendekatan Kontekstual Melalui Teknik Cooperative Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 16, 7. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/bahtera/

Siahaan, F. E., & Sihotang, C. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP Satrya Budi Perdagangan. Jurnal Simki Pedagogia, 6(1).

Suantini, N. L. P. Y., Jampel, N., & Widiana, W. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV di Gugus II Kecamatan Gerokgak.

Sugrah, N. (2019). Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme dalam Pembelajaran Sains. 19(2), 123–124.

Sulistiowati, D., & Wiarsih, C. (2021). Studi Literatur Pendekatan CALLA (The Cognitive Academic Language Learning Approach) dan Media Pop Up Book Dalam Peningkatan Minat Membaca di Sekolah Dasar. 7(1), 64–73. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.835

Susilawati, A., Sujana, A., & Ali, E. Y. (2024). Pengembangan Pop-up Book Digital untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kelas IV Materi Bagian Tumbuhan dan Fungsinya. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 158–164. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1426

Syahrizal, H., & Jailani, S. (2023). Jenis-Jenis Penelitian dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1, 15.

Trianita, K. W. (2024). Penerapan Media Pop Up Book Digital terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Dasar Universitas PGRI Madiun, 5(1). http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID

Trihono. (2022). Hubungan antara Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Matematika dengan Pemahaman Konsep Sains dalam Pembelajaran Penemuan Terbimbing. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(3), 747–753. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.675

Zakiah Dewi, S., & Tatang Ibrahim, H. (2019). Pentingnya Pemahaman Konsep untuk Mengatasi Miskonsepsi dalam Materi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 13, 131–132. www.jurnal.uniga.ac.id

Zuleni, E., & Marfilinda, R. (2022). Pengaruh Motivasi Terhadap Pemahaman Konsep Ilmu Pengetahuan Alam Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 244–250. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.34

Zuliana, E. (2015). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Kartu Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(1), 3.

Zuliana, E. (2017a). Desain Siputmatika dan Rancangan Lintasan Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Materi Simetri Putar. Jurnal Refleksi Edukatika, 7(2), 153. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE

Zuliana, E. (2017b). Penerapan Inquiry Based Learning berbantuan Peraga Manipulatif dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika pada Materi Geometri Mahasiswa PGSD Universitas Muria Kudus. Lectura: Jurnal Pendidikan, 8(1).

Zuliana, E., Akhidah, D. N., & Ermawati, D. (2023). Pengembangan Media Ular Tangga dengan Model Realistic Mathematics Education pada Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 6(1). https://ejurnal.uibu.ac.id/index.php/prismatika

Zuliana, E., & Bintoro, H. S. (2015). Penerapan Interactive Multimedia Berbasis Kurikulum 2013 Ditinjau dari Kecerdasan Intrapersonal Siswa Pada Pembelajaran Matematika SD. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2), 121. https://doi.org/10.15294/kreano.v6i2.4683

Refbacks

  • There are currently no refbacks.