Meta -Analisis Pengaruh STEM pada Pembelajaran Fisika Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa

Nurhamdin Putra

Abstract

Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian Meta-Analisis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kreatif siswa dipengaruhi oleh STEM pada Pembelajaran Fisika yang ditinjau dari keseluruhan data, tingkatan kelas, materi pelajaran, dan model pembelajaran. Data dalam penelitian ini diperoleh dari babara artikel sejenis yang ada pada jurnal dan prosiding nasional maupun internasional yang memenuhi syarat tertentu untuk dapat dihitung effect size nya. Sebanyak 20 artikel yang dijadikan sumber data penelitian. Data dianalisis dengan menggunakan rumus effect size. Hasil dari penelitian ini adalah ditinjau dari keseluruhan data, rata-rata effect size paling tinggi sebesar 1,79 pada komponen keterampilan berpikir kreatif. Pada tingkatan kelas, perguruan tinggi memiliki effect size yang paling besar yaitu 2,52 untuk komponen pemahaman konsep dan kelas X effect size nya 4,95 untuk komponen keterampilan berpikir kreatif. Selanjutnya, untuk tinjauan jenis materi pelajaran nilai effect size yang paling tinggi yaitu Hukum Newton 6,25 dan berdasarkan jenis model pembelajaran nilai effect size tertinggi ialah Ethno-STEM 3,66. Dari hasil ini, dapat disimpulkan bahwa STEM memberikan pengaruh yang tinggi terhadap pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran fisika.

The type of research carried out is Meta-Analysis research. The purpose of this research is to find out how students' conceptual understanding and creative thinking skills are influenced by STEM in Physics Learning in terms of overall data, grade level, subject matter, and learning models. The data in this research were obtained from similar articles in national and international journals and proceedings that met certain requirements in order to calculate the effect size. A total of 20 articles were used as research data sources. Data were analyzed using the effect size formula. The results of this research are that in terms of the overall data, the highest average effect size is 1.79 in the creative thinking skills component. At class level, higher education has the largest effect size, namely 2.52 for the concept understanding component and class X has an effect size of 4.95 for the creative thinking skills component. Furthermore, to review the type of subject matter, the highest effect size value is Newton's Law 6.25 and based on the type of learning model the highest effect size value is Ethno-STEM 3.66. From these results, it can be concluded that STEM has a high influence on students' conceptual understanding and creative thinking skills in physics learning.

Full Text:

PDF

References

Abdi, M. U., Mustafa, M., & Pada, A. U. T. (2021). Penerapan Pendekatan STEM Berbasis Simulasi PhET Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 5(3), 209–218.

Adi, D. W. (2020). “Pacul” Alat Tradisonal untuk Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis STEM. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 9(2), 98–102.

Agustina, L. D., & Muttaqiin, A. (2023). Pengembangan Video Praktikum Pesawat Sederhana (Roda Berporos) Berorientasi STEM-Critical Thinking. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 12(1), 20–28.

Amatullah, S. F., Distrik, I. W., & Wahyudi, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantukan Buku Siswa Berbasis Pendekatan Terpadu STEM terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 15–27.

Amin, M., Ibrahim, M., & Alkusaeri, A. (2022). Meta Analisis: Keefektifan STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 4(2), 248–262.

Anafidah, A., Sarwanto, & Masykuri, M. (2017). Pengembangan Modul Fisika Berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning) pada Materi Dinamika Partikel untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMAN 1 Ngawi. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 6(3), 29–40.

Astuti, I. D., Toto, T., & Yulisma, L. (2019). Model Project Based Learning (PjBL) Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Aktivitas Belajar Siswa. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 11(2), 93–98.

Becker, K. H., & Park, K. (2011). Integrative Approaches Among Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Subjects on Students’ Learning: A Meta-Analysis. In Journal of STEM education: Innovations and research (Vol. 12, Issue 5).

Bukifan, D., Yuliati, L., & Handayanto, S. K. (2020). Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Termodinamika dalam Pembelajaran Argument Driven Inquiry for STEM Education. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(8), 1121–1127.

Cohen, J. (1988). Statistical Power Analysis for the Behavior Science (2nd ed.). Hillsdale, NJ: Lawrance Earlbaum Associations.

Doyan, A., & Aulia, L. D. (2022). Pengaruh Model STEM terhadap Kreativitas Sains Peserta Didik pada Materi Suhu dan Kalor: Model STEM, Kreativitas Sains, Suhu dan Kalor. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Fisika Indonesia, 4(1).

Erlinawati, C. E., Bektiarso, S., & Maryani, M. (2019). Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis STEM pada Pembelajaran Fisika. Fkip E-Proceeding, 4(1), 1–4.

Gultom, F. K. B., & Rahmatsyah. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training dengan Pendekatan STEM terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 7(1), 15–19.

Haspen, C. D. T., & Festiyed, F. (2019). Meta-Analisis Pengembangan E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 5(2).

Hudha, M. N., Batlolona, J. R., & Wartono, W. (2019). Science Literation Ability and Physics Concept Understanding in the Topic of Work and Energy with Inquiry-STEM. AIP Conference Proceedings, 2202(1), 020063.

Irma, Z. U., Kusairi, S., & Yuliati, L. (2020). Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Fluida Statis Dalam Pembelajaran STEM Disertai E-Formative Assessment. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(6), 822–827.

Izzah, N., Asrizal, A., & Festiyed, F. (2021). Meta Analisis Effect Size Pengaruh Bahan Ajar IPA dan Fisika Berbasis STEM terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(1), 114–130.

Karmila, K., & Putra, D. P. (2022). Pengaruh Pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) pada Materi Fluida terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Literasi Digital, 2(1), 11–20.

Khotimah, K., Supriana, E., & Parno, P. (2020). Pengaruh Inkuiri Terbimbing Berbasis Science, Technology, Engineering, Math (STEM) terhadap Penguasaan Konsep Siswa SMA pada Materi Fluida Statis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(7), 896–901.

Mahardika, I. K., Rofiqoh, A., & Supeno, S. (2021). Model Inkuiri untuk Meningatkan Kemampuan Representasi Verbal dan Matematis pada Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(2), 165–171.

Masban, B. R. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berbasis STEM terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Bekerjasama Peserta Didik pada Materi Elektroplating di SMA Negeri 1 Sakra. Indonesian Journal of Teacher Education, 3(1), 352–361.

Mawarni, R., & Sani, R. A. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis STEM terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Padamateri Pokok Fluida Statis di Kelas XI Smanegeri 4 Tebing Tinggi TP 2019/2020. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 8(2).

Merriyana, R. (2006). Meta Analisis Penelitian Alternatif Bagi Guru. Jurnal Pendidikan Penabur, 5(06), 102–106.

Muthi’ik, I. I., Abdurrahman, A., & Rosidin, U. (2018). The Effectiveness of Applying STEM Approach to Self-Efficacy and Student Learning Outcomes for Teaching Newton’s Law. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 4(1), 11–18.

Mutowiah, N., Supriana, E., & Sutopo, S. (2020). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terintegrasi STEM terhadap Kemampuan Kreativitas Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 5(2), 125–128.

Muyassarah, A., Ratu, T., & Erfan, M. (2019). Pengaruh Pembelajaran Fisika Berbasis STEM terhadap Kemampuan Motorik Siswa. Prosiding Snfa (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), 4, 1–6.

Nasir, M., Cari, C., Sunarno, W., & Rahmawati, F. (2022). The Effect of STEM-Based Guided Inquiry on Light Concept Understanding and Scientific Explanation. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 18(11), em2175.

Nuriyah, H. (2021). Penerapan Pembelajaran Flipping STEM Classroom terhadap Penguasaan Konsep dan Kreativitas Siswa pada Materi Usaha dan Energi. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 6(2), 240–247.

Parno, S. E., Yuliati, L., Widarti, A. N., Ali, M., & Azizah, U. (2019). The Influence of STEM-Based 7E Learning Cycle on Students Critical and Creative Thinking Skills in Physics. International Journal of Recent Technology and Engineering (IJRTE), 8, 761–769.

Prastyaninda, F. A., Sukarmin, S., & Suparmi, S. (2018). Pembelajaran Fisika Menggunakan Pendekatan Problem Based Learning Melalui Metode Eksperimen Dan Inkuiri Terbimbing Ditinjau Dari Keterampilan Metakognitif Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 7(2), 209–219.

Putri, Y. E. E., Lesmono, A. D., & Nuraini, L. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Pendekatan STEM terhadap Hasil Belajar Kognitif pada Pembelajaran Fisika di SMA. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, 10(2), 62–69.

Qadafi, M., & Hastuti, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terintegrasi STEM pada Mata Pelajaran Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik SMA TGH Umar Kelayu Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(2), 223–228.

Rivai, H. P., Yuliati, L., & Parno, P. (2018). Penguasaan Konsep dengan Pembelajaran STEM Berbasis Masalah Materi Fluida Dinamis pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(8), 1080–1088.

Rohmantika, N., & Kurniawan, E. S. (2021). Using of Ethno-STEM Based Teaching Materials to Increase the Creativity of Students in Learning Physics. Jurnal Geliga Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 9(2), 129–138.

Saefullah, A., Suherman, A., Utami, R., Antarnusa, G., Rostikawati, D. A., & Zidny, R. (2021). Implementation of PjBL-STEM to Improve Students’ Creative Thinking Skills on Static Fluid Topic. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 6(2), 149–157.

Sasmita, P. R., & Hartoyo, Z. (2020). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran STEM Project Based Learning terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 2(2), 136–148.

Setiawan, A. M., Nugraheni, D., Munzil, M., Marsuki, M. F., Husnayaini, N., & Hanifiyah, F. (2020). Pembuatan Sel Baterai Berbasis Bahan Alam Melalui Pembelajaran Stem. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 1–5.

Sinurat, H. A. Y., Syaiful, S., & Muhammad, D. (2022). The Implementation of Integrated Project-Based Learning Science Technology Engineering Mathematics on Creative Thinking Skills and Student Cognitive Learning Outcomes in Dynamic Fluid. JPPPF (Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika), 8(1), 83–94.

Surya, J. P., & Wahyudi, I. (2018). Implementation of the STEM Learning to Improve the Creative Thinking Skills of High School Student in the Newton Law of Gravity Material. Journal of Komodo Science Education, 1(01), 106–116.

Thahir, A., Anwar, C., Saregar, A., Choiriah, L., Susanti, F., & Pricilia, A. (2020). The Effectiveness of STEM Learning: Scientific Attitudes and Students’ Conceptual Understanding. Journal of Physics: Conference Series, 1467(1), 012008.

Uli S, E. S., & Rahmatsyah. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E dengan Pendekatan STEM terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA/MA. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 7(2), 1–4.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.