Pelaksanaan Pembelajaran IPA pada Kurikulum Merdeka di SMP Negeri Banyudono
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahlaro, S. R. (2020). Kriteria Metode Pembelajaran yang Baik dan Efektif. Jurnal Jumpa, 8(1), 16–29.
Anggraena, Y., Ginanto, D., Felicia, N., Andiarti, A., Herutami, I., Alhapip, L., Iswoyo, S., Hartini, Y., & Mahardika, R. L. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia.
Ansori, I. (2020). Pengembangan Kurikulum: Faktor Determinan dan Prinsipnya. Pascasarjana IAIN Kediri, 3, 161–170.
Bonal, X., & González, S. (2020). The impact of lockdown on the learning gap: Family and school divisions in times of crisis. International Review of Education, 66(5–6), 635–655. https://doi.org/10.1007/s11159-020-09860-z
Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Ewisahrani, Widia, Fathurrahmaniah, Arwan, Haris, A., & Islamiah, M. (2020). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (JP-IPA), 1(2), 50–53. https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v1i02.11
Farida, I., Hermana, D., Margana, A., & Dimyati, E. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dengan Model Kolaboratif Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Pada Pelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Negeri Paminggir 07 Garut Kota. 3(1), 563–581. https://doi.org/10.31980/tp.v3i1.201.g216
Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Siswa dan Hasil Belajar dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/PIP.352.10
Husain, R. (2020). Penerapan Model Kolaboratif Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Prosiding Webinar Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, 12–21.
Kemendikbud. (2023). Latar Belakang. https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/6824331505561-Latar-Belakang-Kurikulum-Merdeka
Kusyanto, E. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Pemahaman Konsep Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan, 2(2), 207–221. https://doi.org/10.22236/jppp.v2i2.1277
Masrinawatie. (2013). Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Melaksanakan Pembelajaran. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132303693/pendidikan/PengembanganPembelajaranMatematika_UNIT_9_Coverbelakang_0.pdf
Maut, W. O. A. (2022). Asesmen Diagnostik dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di SD Negeri 1 Tongkuno Kecamatan Tongkuno Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara. Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian, 2(4), 1305–1312. http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.4.1305-1312.2022
Mushawwir, M. A., & Umar, F. (2014). Studi tentang Keterampilan Guru dalam Melaksanakan Apersepsi pada Pembelajaran PPKN di SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 2 Banteng Kapulauan Selayar. Online Journal System Kumpulan Jurnal Terbitan UNM, 12(1), 124–137.
Nugraha, T. S. (2022). Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran. Inovasi Kurikulum, 19(2), 251–262. https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.45301
Nurhaedah. (2012). Ibm Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching And Learning/Ctl) Dalam Pembelajaran Bagi Guru-Guru Di Sdn Inpres Bira 2 Bontoa Makassar. Jurnal Publikasi Pendidikan, 11(2), 153–159. https://doi.org/10.26858/publikan.v2i2.1417
Putra, F. K. A., & Ah, B. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII TKR 1 pada Mata Pelajaran Sistem Pengapian Konvensional di SMK Negeri 1 Madiun. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 2(3), 1–8.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Richey, R. C., Klein, J. D., & Nelson, W. A. (2004). Developmental Research: Studies of Instructional Design and Development. Dalam Handbook of research on educational communications and technology, 2nd ed. (hlm. 1099–1130). Lawrence Erlbaum Associates Publishers.
Riza, W., Syafrina, A., & Mislinawati. (2017). Kemampuan Siswa dalam Memahami Materi pada Tema Peduli terhadap Makhluk Hidup Subtema 1 Kelas IV SD Negeri 51 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah, 2(2), 103–110.
Siahaan, F. E., Siahaan, S., Siahaan, B. L., & Situmeang, S. A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka bagi Guru IPA di Kelas Rendah. 3(1), 13–19.
Sopianti, D. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas XI di SMAN 5 Garut. KANAYAGAN: Journal of Music Education, 1(1), 1–8.
Undang-Undang RI. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. https://pusdiklat.perpusnas.go.id/regulasi/download/6
Wiryaman, S. A. (2007). Strategi Pembelajaran. Universitas Terbuka.
Refbacks
- There are currently no refbacks.